Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD

Oleh : Andi Mardana | Selasa, 23 Juli 2019 - 21:50 WIB

Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, seorang Psikolog anak dan keluarga.(ist)
Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, seorang Psikolog anak dan keluarga.(ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sekolah Dasar (SD) merupakan masa-masa penting bagi perkembangan anak. Jika di usia 2 tahun otak anak terbentuk 80 persen, di usia SD merupakan puncak perkembangan keterampilan anak. Keterampilan bersosialisasi, IQ, dan kreatifitas anak akan selesai di usia 12 tahun.

"Perkembangan keterampilan anak selesai di usia 12 tahun. Ini merupakan tahapan terakhir setelah SD," kata Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, seorang Psikolog anak dan keluarga pada talkshow Pepsodent Action 123 Complete di kawasan Kebayoran, Jakarta, Selasa (23/7).

Seiring bertambahnya usia, anak semakin menyadari posisinya sebagai makhluk sosial. Ia mulai peka terhadap pandangan orang lain terhadap dirinya, dan menginginkan agar dapat diterima dengan baik di tengah lingkungan. Menurut Rosdiana bahasa tubuh termasuk senyuman bisa mewakilkan 80% dari komunikasi.

"Saat anak merasa nyaman karena dapat bebas tersenyum, maka senyuman ini dapat menarik orang lain untuk mendekat dan bergaul dengannya, sehingga memudahkannya untuk beradaptasi dan bersosialisasi," jelas Rosdiana.

Rosdiana menerangkan, hal terpenting dari proses transisi kembali ke sekolah adalah keyakinan ibu bahwa ia mampu mempersiapkan perlindungan yang menyeluruh kepada anak mereka sehingga mereka pun ikut merasa nyaman dan percaya diri dalam menjalani hari-hari pertamanya di sekolah.

"Biasanya anak-anak yang lebih kecil dia sangat terpengaruh pada perasaan ibunya, siapa yang antarake sekolah. Kalau kita panik dia ikutan panik. Tidak hanya yang kecil saja yang dilepaskan ke sekolah, bahkan kuliahan juga masih ada," jelas Rosdiana.

Kendati demikian, kata Rosdiana, orangtua harus mempersiapkan si kecil sebelum masuk sekolah, bagaimana ia berkomunikasi di tempat yang baru, berinteraksi dengan teman-temannya.

"Kalau hari pertama masuk dengan tenang dan happy hari ke 2, ke 3 dan seterusnya jadi lebih tenang dan shuttle ke sekolah," ujar perempuan berambut ikal ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(IG/ussypratama)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:55 WIB

Kiat Sukses Ussy Sulistiawaty Jalankan Bisnis Kuliner

Kuliner nusantara juga perlu memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran.

Konferensi pers pengumuman lima pemenang kompetisi Bango Penerus Warisan Kuliner 2019 di Jakarta baru-baru ini.(Andi Mardana)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:27 WIB

Inilah 5 Pemenang Bango Penerus Warisan Kuliner 2019

Siap bergabung bersama jutaan pelaku UMKM di Indonesia yang berhasil meraih peningkatan omzet secara signifikan dengan mengadopsi teknologi digital.

Ilustrasi Jaringan Internet (KTSDESIGN/Getty Images)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:50 WIB

Peningkatan Kapasitas Jaringan Seluler Sangat Diperlukan

Hal ini dapat dicapai melalui tiga cara, yaitu penambahan Base Transceiver Station (BTS), penambahan frekuensi dan perbaruan teknologi.

Ilustrasi 5G.(Ist)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:03 WIB

Menyambut 5G, Ini Tantangan yang Dihadapi di Indonesia

Indonesia belum memanfaatkan secara penuh data dalam pembangungan.

Sony luncurkan kamera Alpha 7R IV dan RX100 VII di ajang Alpha Festival 2019.(Ist)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 11:40 WIB

Alpha Festival 2019 Luncurkan Sony α7R IV dan RX100 VII

Mempersembahkan kamera Sony bagi semua tipe fotografer di berbagai experience zone.