Dimeriahkan Rhino X-Triathlon, Festival Pesona Tanjung Lesung Akan Kembali Digelar

Oleh : Hariyanto | Selasa, 23 Juli 2019 - 07:37 WIB

Para atlet berkompetisi di Rhino X Triathlon di Tanjung Lesung(INDUSTRY.co.id/Irvan AF)
Para atlet berkompetisi di Rhino X Triathlon di Tanjung Lesung(INDUSTRY.co.id/Irvan AF)

INDUSTRY.co.id - Tanjung Lesung - Perhelatan akbar Festival Pesona Tanjung Lesung (FPTL) 2019 akan kembali digelar pada 27-29 September mendatang di kawasan Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, gelaran FPTL 2019 kali ini akan dimeriahkan dengan berbagai event menarik seperti Rhino X-Triathlon, Rhino Edu, Rhino Camp, Rhino Trip, bazar, pameran budaya, musik, dan pertunjukan kesenian setempat. 

Agenda utama event ini ialah kejuaraan terbuka triathlon lintas alam pertama di Indonesia, Rhino Cross Triathlon dan Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM). Selain itu, para pengunjung bisa melihat beragam pameran seni dan budaya.

 

Pada kejuaraan Rhino X-Triathlon kali ini, para peserta akan menyusuri pantai, hutan dan sawah dengan bebegig-nya (orang-orangan sawah). Sementara itu, kolecer (kincir angin) yang riuh akan banyak dipasang di sepanjang jalan yang dilalui. Festival yang bertujuan untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan di pantai tersebut juga akan diramaikan dengan festival bebegig dan kolecer, dan pameran 7 Wonders of Banten.

 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, acara ini masuk ke dalam kalender event pariwisata nasional. Festival tersebut juga bagian dari upaya untuk mengenalkan ragam destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pandeglang. Dengan begitu, kunjungan wisatawan ke Pandeglangakan meningkat.

“Ini juga langkah pemulihan wisata di Tanjung Lesung pascatsunami Selat Sunda. Kita berharap melalui event ini, geliat Tanjung Lesungterus kembali bangkit,” ungkap Eneng, Senin (22/7/2019).

Eneng menjelaskan, ada tiga hal yang dapat memajukan pariwisata, yaitu, atraksi, akses, dan amenitas. Untuk akses, Pandeglang sedang mengembangkan jalan tol panimbang, apalagi Pandeglang memiliki ratusan objek wisata dan puluhan pulau yang harus dikembangkan.


Saat berada di Tanjung Lesung, para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai Tanjung Lesung, sekaligus menikmati momen-momen sunset nan elok dan romantis. Di tempat yang sama, pengunjung bisa bermain standup paddle board, kayak dan joy sailing. 

 

Sebagai informasi, perhelatan Festival Pesona Tanjung Lesung merupakan kerjasama antara Pemprov Banten, Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Kementrian Pariwisata, PT. Banten West Java, serta seluruh stakeholder Pariwisata yang ada di Banten.

Tanjung Lesung merupakan lokasi pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang diresmikan Presiden Joko Widodo tahun 2015 lalu. Presiden Joko Widodo dan Kemenpar telah menetapkan 10 Bali Baru.

Kesepuluh Bali Baru tersebut adalah Danau Toba (Sumut), Bangka Belitung (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu, dan Kota Tua (DKI Jakarta). Lainnya adalah Candi Borobudur (Jateng), Bromo-Tengger-Semeru (Jatim), Mandalika Lombok (NTB), Labuan Bajo (NTT), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

B4TPowerHouse

Minggu, 18 Agustus 2019 - 17:32 WIB

Mati Lampu? Balai Kemenperin Ciptakan Penyimpan Daya Listrik Portabel

Ketersediaan dan akses layanan energi listrik sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat saat ini. Pemerintah menargetkan rasio elektrifikasi di seluruh wilayah Indonesia akan menembus di angka…

Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kedua dari kiri), dan Direktur Human Capital Management Telkom Edi Witjara (paling kiri) berbelanja produk kerajinan di UKM Binaan Telkom

Minggu, 18 Agustus 2019 - 16:47 WIB

Telkom Terlibat Selenggarakan Jalan Sehat di Kaltara

Tarakan – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama Perum Jamkrindo dan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menyelenggarakan Jalan Sehat yang diikuti sebanyak tidak kurang dari…

TACO dan Senayan City Luncurkan Pameran Karya Kita

Minggu, 18 Agustus 2019 - 13:19 WIB

TACO dan Senayan City Luncurkan Pameran Karya Kita

sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bahan bangunan khususnya produk-produk interior, bekerjasama dengan Senayan City menghadirkan KARYA KITA dengan tema Mosaic of Diversity. Didukung oleh…

Daerah Irigasi Lakitan Sumsel

Minggu, 18 Agustus 2019 - 12:16 WIB

Kementerian PUPR Bangun Saluran Irigasi Primer 3,5 Km dan Sekunder 25 Km di Sumatera Selatan

Luasan DI Air Lakitan akan bertambah 2.590 hektar untuk memenuhi luas layanan 9.697 hektare.

Hunian Sementara atau Huntara

Minggu, 18 Agustus 2019 - 12:10 WIB

786 Bilik Huntara Tersisa Segera Dihuni Warga Terdampak Bencana di Palu, Sigi dan Donggala

Jakarta - Kementerian PUPR membangun hunian sementara (huntara) sebanyak 699 unit yang terdiri dari 8.388 bilik di 72 lokasi di Palu, Sigi dan Donggala. Pembangunan huntara bertujuan agar warga…