Sinergi Sucofindo Dan ISN, Perkuat Pengelolaan Kegiatan Impor TPT

Oleh : Kormen Barus | Senin, 22 Juli 2019 - 15:46 WIB

PT Sucofindo (Persero) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Industri Sandang Nusantara (ISN) (Persero).
PT Sucofindo (Persero) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Industri Sandang Nusantara (ISN) (Persero).

INDUSTRY.co.id, Surabaya-PT Sucofindo (Persero) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Industri Sandang Nusantara (ISN) (Persero). Penandatanganan MoU ini dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2019 bersamaan dengan acara Grand Launching Pusat Logistik Berikat (PLB) Sucofindo di Surabaya.

Bentuk kerjasama yang dilakukan Sucofindo dan ISN adalah berupa konsorsium pengelolaan importasi Tekstil dan Produk Tekstil (TPT), termasuk di dalamnya adalah kegiatan logistik dalam rangka sinergi BUMN Hadir Untuk Negeri.

Hadir dalam acara penandatanganan MoU yang diselenggarakan bersamaan dengan Grand Launching PLB ini Aditya Dhanwantara Asisten Deputi Restukturisasi dan PPKNM BUMN dan Hendrika Nora O. Sinaga Asisten Deputi Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan III. Acara ini dihadiri pula oleh Direktur Utama PT Sucofindo Bachder Djohan Buddin, Direktur Utama PT ISN Agus Hendardi, dan beberapa jajaran Direksi Utama serta Direksi BUMN lain. Hadir pula wakil dari pemerintah provinsi Jawa Timur dan Kota Surabaya.

Dalam kerjasama ini, Sucofindo memiliki peran dalam hal pengelolaan operasional dan pemeriksaan kualitas dan kualitas TPT serta proses kepabeanan. Termasuk di dalamnya adalah customs clearance dan logistik TPT milik ISN.

“Sucofindo hadir sebagai pihak yang memberi kepastian bahwa kegiatan impor TPT milik ISN, dengan segala bahan baku industri yang akan masuk ke wilayah Indonesia, telah sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan dan Kementerian Keuangan,” kata Bachder, dalam siaran persnya yang diterima redaksi, Senin (22/7/2019).

Bachder menargetkan pelaksanaan kegiatan kerjasama ini dapat dilaksanakan pada awal triwulan III 2019. “Diharapkan kegiatan kerjasama Sucofindo dan ISN  ini segera segera berjalan setelah seluruh perijinan importasi TPT ISN telah disetujui oleh Kementerian Perdagangan,” tandas Bachder.

Ditemui dalam kesempatan lain, Kepala Strategic Business Unit (SBU) Komoditi dan Solusi Perdagangan PT SUCOFINDO (Persero) Rikrik Supriyadi mengatakan bahwa Sucofindo menaruh harapan besar dalam pelaksanaan kegiatan kerjasama pengelolaan impor TPT bersama dengan ISN. Hal ini dikarenakan saat ini SBU KSP Sucofindo sedang memprogramkan kegiatan untuk menghidupkan kembali jasa lama, diantaranya adalah terkait pemeriksaan Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) yang sempat memberikan kontribusi pendapatan yang signifikan bagi Sucofindo

“Melalui MoU ini, diharapkan proses importasi TPT dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan timbul kepastian yang dilihat dari sisi jumlah serta kualitas barang dan ISN. Kepastian ini berfungsi sebagai penyangga impor TPT nasional untuk meminimalisir malpraktek importasi TPT yang selama ini masih marak terjadi di Indonesia,” imbuh Rikrik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…