Partai Politik Jangan Sandera Presiden Jokowi!

Oleh : Herry Barus | Senin, 22 Juli 2019 - 06:49 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Presiden Joko Widodo dalam berbagai pernyataannya belakangan ini dapat disimpulkan tidak ingin lagi terjebak dengan kepentingan-kepentingan sempit parpai politik dalam melayani bangsa Indonesia pada periode keduapemimpinannya 2019-2024.

Sebab praktik politik dagang sapi dengan berbagi kekuasaan lewat jabatan Menteri maupun Kepala Badan selalu melupakan kepentingan masyarakat seperti yang terjadi selama ini sejak era Orde Baru hingga pasca Reformasi. 

Untuk itu, #MasJOKO dalam siaranpeersnya, Minggu (21/7/2019) meminta para Pemimpin Parpol agar segera menghentikan manuver-manuver yang bertujuan meminta jatah kekuasaan lewat jabatan Menteri maupun Kepala Badan dengan berlindung di balik istilah Parpol Koalisi maupun Oposisi. Sebab, UUD 1945 telah memberikan ruang kekuasaan kepada Parpol di Parlemen selaku Lembaga Legislatif yaitu, DPR, DPD dan MPR.

Dalam Pemilihan pembantu presiden baik Menteri maupun Kepala Badan di periode kedua kepemimpinan Joko Widodo-KH Makruf Amin haruslah berdasarkan integritas dan kompetensi dengan melihat rekam jejak masing-masing calon dengan cara terbuka dan disampaikan secara luas kepada publik  serta menggunakan cara-cara yang terukur.

Jika ternyata dari para calon yang dipilih Presiden Jokowi sebagai Menteri maupun Kepala Badan merupakan kader Parpol, pada prinsipnya tidak masalah sepanjang integritas dan kompetensinya terlebih dahulu diuji dengan proses-proses yang terukur dan sesuai aturan yang berlaku.

Pengujian integritas dapat diukur dengan menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan serta Kepolisian RI (Polri) dengan memeriksa ketaatan calon Menteri maupun Kepala Badan dalam memenuhi ketentuan-ketentuan hukum di Indonesia, seperti: taat pajak, kekayaan dan harta berasal dari usaha maupun kegiatan yang legal serta bersih dari catatan-catatan kriminal.

Dan untuk pengujian kompetensi, dapat diukur melalui prestasi-prestasi calon Menteri dan Kepala Badan sepanjang perjalanan karirnya. Hal ini dapat diukur dengan menggandeng Akademisi, Praktisi Kebijakan Publik serta Praktisi Hukum.

Untuk itu, #MasJOKO kembali mengingatkan agar Pemimpin Parpol mempercayakan penuh Persiden Joko Widodo memilih para pembantunya tanpa tersandera kepentingan sempit parpol yang hanya menguntungkan segelintir kelompok saja dan mengabaikan kepentingan bangsa yang lebih luas.

Atas dasar itu, periode kedua Kepemimpinan Presiden Jokowi harus menjadi tonggak sistem pemerintahan yang bersih serta mengedepankan kepentingan masyarakat luas. Sudah saatnya, pemerintah selaku eksekutif berjalan dengan legislatif secara seimbang sesuai koridor masing-masing. Stop Politik Dagang Sapi! 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi penipuan

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:03 WIB

Sepeda Listrik Murah Menjamur, Waspada Penipuan

Transaksi penipuan online seakan tak pernah henti dilakukan. Berbagai cara dan modus dilakukan untuk meraih keuntungan besar, meskipun ada ancaman pidana yang siap menjerat para pelaku.

Direksi PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (ACPI). Dari kiri ke kanan : Nicolaus Prawiro, Sujaya Dinata Pangestu, Grace Juliana (Direktur Keuangan). Foto: istimewa

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:00 WIB

Asuransi Cakrawala Proteksi Tempati Kantor Baru di Citra Towers

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (ACPI) saat ini terus memperkuat kegiatan operasional seiring pertumbuhan bisnis yang dialaminya. Salah satu usaha memperkuat…

Sandra Sunanto, Direktur Utama PT Hartadinata Abadi Tbk (kiri)

Jumat, 24 Januari 2020 - 16:21 WIB

Hartadinata Resmikan Toko Claudia Perfect Jewellery dan ACC Premium di Bandung

PT Hartadinata Abadi Tbk (Hartadinata), produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi Indonesia, dengan bangga meresmikan toko Claudia Perfect Jewellery dan ACC Premium yang terletak di…

pemilik restoran, Maria Rotinsulu El Mourabiti

Jumat, 24 Januari 2020 - 16:20 WIB

Marrakech Cuisine Sajian Kuliner Maroko di Senopati

Menjelajahi spot destinasi kuliner di Jakarta tak akan pernah ada habisnya. Seperti kawasan Wolter Monginsidi yang sudah banyak dikenal sebagai tempatnya kuliner Korea, bahkan sebagian orang…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Januari 2020 - 16:14 WIB

Lima Langkah Simpel Pakai Fitur BagiBagi di BCA Mobile dan Sakuku

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus berkomitmen untuk melakukan inovasi produk layanan perbankan berbasis digital sesuai dengan kebutuhan nasabah yang dinamis. Hingga saat ini, BCA telah memiliki…