Partai Politik Jangan Sandera Presiden Jokowi!

Oleh : Herry Barus | Senin, 22 Juli 2019 - 06:49 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Presiden Joko Widodo dalam berbagai pernyataannya belakangan ini dapat disimpulkan tidak ingin lagi terjebak dengan kepentingan-kepentingan sempit parpai politik dalam melayani bangsa Indonesia pada periode keduapemimpinannya 2019-2024.

Sebab praktik politik dagang sapi dengan berbagi kekuasaan lewat jabatan Menteri maupun Kepala Badan selalu melupakan kepentingan masyarakat seperti yang terjadi selama ini sejak era Orde Baru hingga pasca Reformasi. 

Untuk itu, #MasJOKO dalam siaranpeersnya, Minggu (21/7/2019) meminta para Pemimpin Parpol agar segera menghentikan manuver-manuver yang bertujuan meminta jatah kekuasaan lewat jabatan Menteri maupun Kepala Badan dengan berlindung di balik istilah Parpol Koalisi maupun Oposisi. Sebab, UUD 1945 telah memberikan ruang kekuasaan kepada Parpol di Parlemen selaku Lembaga Legislatif yaitu, DPR, DPD dan MPR.

Dalam Pemilihan pembantu presiden baik Menteri maupun Kepala Badan di periode kedua kepemimpinan Joko Widodo-KH Makruf Amin haruslah berdasarkan integritas dan kompetensi dengan melihat rekam jejak masing-masing calon dengan cara terbuka dan disampaikan secara luas kepada publik  serta menggunakan cara-cara yang terukur.

Jika ternyata dari para calon yang dipilih Presiden Jokowi sebagai Menteri maupun Kepala Badan merupakan kader Parpol, pada prinsipnya tidak masalah sepanjang integritas dan kompetensinya terlebih dahulu diuji dengan proses-proses yang terukur dan sesuai aturan yang berlaku.

Pengujian integritas dapat diukur dengan menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan serta Kepolisian RI (Polri) dengan memeriksa ketaatan calon Menteri maupun Kepala Badan dalam memenuhi ketentuan-ketentuan hukum di Indonesia, seperti: taat pajak, kekayaan dan harta berasal dari usaha maupun kegiatan yang legal serta bersih dari catatan-catatan kriminal.

Dan untuk pengujian kompetensi, dapat diukur melalui prestasi-prestasi calon Menteri dan Kepala Badan sepanjang perjalanan karirnya. Hal ini dapat diukur dengan menggandeng Akademisi, Praktisi Kebijakan Publik serta Praktisi Hukum.

Untuk itu, #MasJOKO kembali mengingatkan agar Pemimpin Parpol mempercayakan penuh Persiden Joko Widodo memilih para pembantunya tanpa tersandera kepentingan sempit parpol yang hanya menguntungkan segelintir kelompok saja dan mengabaikan kepentingan bangsa yang lebih luas.

Atas dasar itu, periode kedua Kepemimpinan Presiden Jokowi harus menjadi tonggak sistem pemerintahan yang bersih serta mengedepankan kepentingan masyarakat luas. Sudah saatnya, pemerintah selaku eksekutif berjalan dengan legislatif secara seimbang sesuai koridor masing-masing. Stop Politik Dagang Sapi! 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelaran 100 Innovations Networking Event

Rabu, 16 Oktober 2019 - 22:40 WIB

Gandeng Startup, Kadin Dorong Pelaku Usaha Manfaatkan Teknologi Sistem Informasi

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong kolaborasi para pelaku usaha melalui pemanfaatan teknologi sistem informasi dengan melibatkan start up.

Outlet baru Gulu Gulu Star

Rabu, 16 Oktober 2019 - 21:52 WIB

Sour Sally Group Buka Outlet Gulu Gulu Star di Central Park

Sour Sally Group membuka outlet baru dari Gulu Gulu Star dengan konsep yang lebih besar serta menghadirkan menu yang lebih variatif untuk memanjakan pelangganya. Kali ini Gulu Gulu memilih Central…

Sekretaris Jenderal PUPR Anita Firmanti dengan Vice Chairman China International Development Cooperation Agency (CIDCA) Deng Boqing

Rabu, 16 Oktober 2019 - 21:18 WIB

Pemerintah Gandeng Tiongkok Garap Bendungan di Sulawesi dan Kalimantan

Penandatanganan Exchange of Letter ini merupakan tanda dimulainya kegiatan Engineering Services persiapan pembangunan Bendungan Pelosika di Sulawesi Tenggara dengan dana hibah dari Pemerintah…

Amato Rudolph Kembali Cetak Double Winner di ISSOM 2019

Rabu, 16 Oktober 2019 - 20:00 WIB

Amato Rudolph Kembali Cetak Double Winner di ISSOM 2019

Pembalap Amato belia Amato Rudolph mencetak double winner putaran 5 ISSOM 2019 di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat Minggu (13/10/2019). Catatan double winner Amato Rudolph, ini…

Kasubdit BUMD Bidang Lembaga Keuangan dan Aneka Usaha Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Bambang Arianto

Rabu, 16 Oktober 2019 - 19:11 WIB

BUMD Dituntut Untuk Siap Dalam Menghadapi Era Industri 4.0

Dalam menghadapi tantangan di era industri 4.0, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dituntut untuk siap dalam menghadapi berbagai perubahan supaya dapat bersaing dalam dunia usaha yang semakin menggeliat…