Partai Politik Jangan Sandera Presiden Jokowi!

Oleh : Herry Barus | Senin, 22 Juli 2019 - 06:49 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Presiden Joko Widodo dalam berbagai pernyataannya belakangan ini dapat disimpulkan tidak ingin lagi terjebak dengan kepentingan-kepentingan sempit parpai politik dalam melayani bangsa Indonesia pada periode keduapemimpinannya 2019-2024.

Sebab praktik politik dagang sapi dengan berbagi kekuasaan lewat jabatan Menteri maupun Kepala Badan selalu melupakan kepentingan masyarakat seperti yang terjadi selama ini sejak era Orde Baru hingga pasca Reformasi. 

Untuk itu, #MasJOKO dalam siaranpeersnya, Minggu (21/7/2019) meminta para Pemimpin Parpol agar segera menghentikan manuver-manuver yang bertujuan meminta jatah kekuasaan lewat jabatan Menteri maupun Kepala Badan dengan berlindung di balik istilah Parpol Koalisi maupun Oposisi. Sebab, UUD 1945 telah memberikan ruang kekuasaan kepada Parpol di Parlemen selaku Lembaga Legislatif yaitu, DPR, DPD dan MPR.

Dalam Pemilihan pembantu presiden baik Menteri maupun Kepala Badan di periode kedua kepemimpinan Joko Widodo-KH Makruf Amin haruslah berdasarkan integritas dan kompetensi dengan melihat rekam jejak masing-masing calon dengan cara terbuka dan disampaikan secara luas kepada publik  serta menggunakan cara-cara yang terukur.

Jika ternyata dari para calon yang dipilih Presiden Jokowi sebagai Menteri maupun Kepala Badan merupakan kader Parpol, pada prinsipnya tidak masalah sepanjang integritas dan kompetensinya terlebih dahulu diuji dengan proses-proses yang terukur dan sesuai aturan yang berlaku.

Pengujian integritas dapat diukur dengan menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan serta Kepolisian RI (Polri) dengan memeriksa ketaatan calon Menteri maupun Kepala Badan dalam memenuhi ketentuan-ketentuan hukum di Indonesia, seperti: taat pajak, kekayaan dan harta berasal dari usaha maupun kegiatan yang legal serta bersih dari catatan-catatan kriminal.

Dan untuk pengujian kompetensi, dapat diukur melalui prestasi-prestasi calon Menteri dan Kepala Badan sepanjang perjalanan karirnya. Hal ini dapat diukur dengan menggandeng Akademisi, Praktisi Kebijakan Publik serta Praktisi Hukum.

Untuk itu, #MasJOKO kembali mengingatkan agar Pemimpin Parpol mempercayakan penuh Persiden Joko Widodo memilih para pembantunya tanpa tersandera kepentingan sempit parpol yang hanya menguntungkan segelintir kelompok saja dan mengabaikan kepentingan bangsa yang lebih luas.

Atas dasar itu, periode kedua Kepemimpinan Presiden Jokowi harus menjadi tonggak sistem pemerintahan yang bersih serta mengedepankan kepentingan masyarakat luas. Sudah saatnya, pemerintah selaku eksekutif berjalan dengan legislatif secara seimbang sesuai koridor masing-masing. Stop Politik Dagang Sapi! 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Senin, 16 Mei 2022 - 11:48 WIB

Ramai Kabar JIS Bakal Digunakan Untuk Reuni 212, Ini kata Pemprov DKI Jakarta

Mengoreksi pemberitaan di media massa terkait Jakarta International Stadium (JIS) sebagai lokasi reuni 212, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan penggunaan JIS saat…

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Senin, 16 Mei 2022 - 11:33 WIB

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Jakarta-Pengawalan Polri atas arus mudik dan arus balik lebaran 2022 menuai penilaian positif dari masyarakat.

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air

Senin, 16 Mei 2022 - 11:23 WIB

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air, Netizen: Luar Biasa, Terimakasih Pak atas Keramahannya...

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani melepas langsung kepulangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke tanah air dari pangkalan militer Andrews…

Ely Chandra, Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Balikpapan menyampaikan bahwa saat ini Plant 5 dihentikan operasionalnya untuk sementara

Senin, 16 Mei 2022 - 11:22 WIB

Setelah Sigap Atasi Flash, Kini Pertamina Fokus Tangani Korban

Tim Pemadam di Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional telah berhasil melakukan pengendalian api yang muncul di plant 5, Unit Hydro Skimming Complex.

Pentas Seni dan Pameran Sastra Saraswati Sewana 2022 yang bertajuk "Nuwur Kukuwung Ranu" di Pura Segara Ulun Danu Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 16 Mei 2022 - 11:15 WIB

Bangkitkan Ekonomi, Pentas Seni Sastra Saraswati Sewana diharapkan Bisa digelar Tiap Tahun

Saat menghadiri Pentas Seni dan Pameran Sastra Saraswati Sewana 2022 yang bertajuk "Nuwur Kukuwung Ranu" di Pura Segara Ulun Danu Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali beberapa waktu lalu,…