Partai Politik Jangan Sandera Presiden Jokowi!

Oleh : Herry Barus | Senin, 22 Juli 2019 - 06:49 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Presiden Joko Widodo dalam berbagai pernyataannya belakangan ini dapat disimpulkan tidak ingin lagi terjebak dengan kepentingan-kepentingan sempit parpai politik dalam melayani bangsa Indonesia pada periode keduapemimpinannya 2019-2024.

Sebab praktik politik dagang sapi dengan berbagi kekuasaan lewat jabatan Menteri maupun Kepala Badan selalu melupakan kepentingan masyarakat seperti yang terjadi selama ini sejak era Orde Baru hingga pasca Reformasi. 

Untuk itu, #MasJOKO dalam siaranpeersnya, Minggu (21/7/2019) meminta para Pemimpin Parpol agar segera menghentikan manuver-manuver yang bertujuan meminta jatah kekuasaan lewat jabatan Menteri maupun Kepala Badan dengan berlindung di balik istilah Parpol Koalisi maupun Oposisi. Sebab, UUD 1945 telah memberikan ruang kekuasaan kepada Parpol di Parlemen selaku Lembaga Legislatif yaitu, DPR, DPD dan MPR.

Dalam Pemilihan pembantu presiden baik Menteri maupun Kepala Badan di periode kedua kepemimpinan Joko Widodo-KH Makruf Amin haruslah berdasarkan integritas dan kompetensi dengan melihat rekam jejak masing-masing calon dengan cara terbuka dan disampaikan secara luas kepada publik  serta menggunakan cara-cara yang terukur.

Jika ternyata dari para calon yang dipilih Presiden Jokowi sebagai Menteri maupun Kepala Badan merupakan kader Parpol, pada prinsipnya tidak masalah sepanjang integritas dan kompetensinya terlebih dahulu diuji dengan proses-proses yang terukur dan sesuai aturan yang berlaku.

Pengujian integritas dapat diukur dengan menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan serta Kepolisian RI (Polri) dengan memeriksa ketaatan calon Menteri maupun Kepala Badan dalam memenuhi ketentuan-ketentuan hukum di Indonesia, seperti: taat pajak, kekayaan dan harta berasal dari usaha maupun kegiatan yang legal serta bersih dari catatan-catatan kriminal.

Dan untuk pengujian kompetensi, dapat diukur melalui prestasi-prestasi calon Menteri dan Kepala Badan sepanjang perjalanan karirnya. Hal ini dapat diukur dengan menggandeng Akademisi, Praktisi Kebijakan Publik serta Praktisi Hukum.

Untuk itu, #MasJOKO kembali mengingatkan agar Pemimpin Parpol mempercayakan penuh Persiden Joko Widodo memilih para pembantunya tanpa tersandera kepentingan sempit parpol yang hanya menguntungkan segelintir kelompok saja dan mengabaikan kepentingan bangsa yang lebih luas.

Atas dasar itu, periode kedua Kepemimpinan Presiden Jokowi harus menjadi tonggak sistem pemerintahan yang bersih serta mengedepankan kepentingan masyarakat luas. Sudah saatnya, pemerintah selaku eksekutif berjalan dengan legislatif secara seimbang sesuai koridor masing-masing. Stop Politik Dagang Sapi! 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…