Lexus Takumi, Keahlian Seniman Dibalik Mahakarya Lexus

Oleh : Ridwan | Sabtu, 20 Juli 2019 - 16:31 WIB

Lexus LS 500 Grille
Lexus LS 500 Grille

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebagai kendaraan luxury, Lexus sangat mengunggulkan kualitas, baik dari segi produk, layanan dan brand experience. Setiap aspek dibuat dengan ketelitian, sehingga menghasilkan produk yang sempurna dan pengalaman yang luar biasa.

Produk Lexus merupakan mahakarya dari setiap Lexus Takumi. Konsep 'Takumi' sangat penting bagi Lexus. Takumi adalah filosofi artisan yang menerapkan human touch untuk setiap aspek desain dan pengembangan Lexus.

Takumi Craftsmen memiliki perhatian sangat teliti pada detail. Mereka memiliki keyakinan dan semangat untuk mencapai titik keunggulan yang tak tertandingi dan mereka tidak berhenti untuk mencapainya. 

Masing-masing Takumi memiliki setidaknya 60,000 jam pengalaman di bidangnya yang difokuskan pada elemen tertentu dari proses pembuatan mobil. Di antara 7.700 pekerja di Pabrik Lexus Miyata di Kyushu, hanya ada 19 Takumi.

Takumi sangat berpengalaman dalam teknologi yang paling mutakhir, dan memiliki peran utama dalam menciptakannya. Namun, banyak dari keterampilan mereka yang paling terkenal sangat mendahului era digital.

Rasa sentuhan Takumi yang sensitif itu legendaris. Tangan mereka adalah alat mereka yang paling berharga. Mengenakan sarung tangan putih, mereka menggunakan sensitivitas tinggi mereka untuk merasakan ketidaksempurnaan dan kesalahan kecil, dengan demikian, sang Takumi menjamin kualitas paling tinggi.

Dalam menciptakan setiap mobil Lexus, takumi berpegang pada prinsip “L-Finesse” filosofi pengembangan desain Lexus. Salah satu cara unik melakukan seleksi Lexus Takumi adalah dengan tantangan 90 detik melipat dengan sangat rapi kertas origami berbentuk kucing dengan tangan yang tidak dominan.

Contoh craftsmanship Takumi terlihat langsung di semua jajaran produk Lexus. Grille Lexus LS yang terinspirasi dari pohon palem Indonesia membutuhkan enam bulan untuk di kalibrasi menggunakan komputer, stitching yang terdapat di Lexus ES pun dijahit dengan tangan dimana jarak diantara jahitan seragam. 

Lexus NX menggunakan exposed Lexus bolts di bagian konsol tengah yang terinspirasi Lexus LFA, dandashboard Lexus UX memiliki tekstur bernamaWashi yang dibuat secara unik untuk meniru butiran lembut kertas Jepang.

Lexus tidak hanya membuat mobil-mobil premium yang amazing. Dengan filisofi Takumi, Lexus juga merealisasikan produksi kapal pesiar mewah, Lexus LY 650. Bersama mitranya, Marquis-Larson Boat Group, Lexus akan memproduksi yacht perdananya dengan mengusung Lexus Sport Yacht Concept. Kapal pesiar ini akan memiliki panjang keseluruhan 65 kaki.

"Takumi Craftsmanship Lexus terus memperkuat tujuan kami untuk menjadi an aspirational brand for the luxury automotive and lifestyle industry," ujar General Manager Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja di Jakarta, Sabtu (20/7).

Dengan mengunjungi Booth Lexus di GIIAS 2019, pengunjung akan memperoleh gambarancraftsmanship Lexus baik melalui produk-produknya, Lexus Brand Gallery dan juga kreasi Lexus Kabuki Lounge. Kemegahan budaya Indonesia yang memiliki nilai seni bercita rasa tinggi juga mewarnai Lexus Brand Gallery, memiliki value yang selaras dengan Lexuscraftsmanship.

"Lexus Indonesia mengapresiasi budaya dancraftsmanship untuk menciptakan sebuahmasterpiece, layaknya produk-produk Lexus. Dan Indonesia yang kaya akan budaya  memberikan karakter tersendiri bagi image maupun pelayanan Lexus di Indonesia," ujar Adrian. 

Kunjungi booth Lexus di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di Hall 3A, ICE, BSD untuk sebuah luxury experience yang tak bisa ditemukan di pameran otomotif manapun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 26 Januari 2020 - 14:00 WIB

Ketua MPR RI Salurkan Bantuan Korban Banjir Cililitan Jakarta Timur

- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) kembali menyalurkan bantuan sosial kepada saudara-saudara yang terkena musibah banjir di Kelurahan Cililitan Kecil, Kramat Jati, Jakarta Timur. Bantuan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Minggu, 26 Januari 2020 - 13:45 WIB

Ekspor Kian Melaju, Investasi Industri Mamin Terus Dipacu

Kementerian Perindustrian fokus memacu pengembangan industri makanan dan minuman (mamin) agar terus memiliki kinerja yang gemilang.

Red Hat

Minggu, 26 Januari 2020 - 12:30 WIB

Red Hat-DXC Technology Sepakat Percepat Pengembangan dan Pengerahan Aplikasi di Era Cloud dan Digital

Red Hat dan DXC Technology melanjutkan kolaborasinya dalam rangka membantu para pengembang membangun, menjalankan, dan mengelola aplikasi dalam container, dalam skala yang diperlukan pada suatu…

Indosiar Tayangan Lida 3

Minggu, 26 Januari 2020 - 12:00 WIB

Indosiar Tayangan Lida 3

Indosiar benar-benar ingin menunjukan sebagai rumah dangdut Indonesia dan terdepan untuk masalah Musik dangdut di televisi. Karena ya, ketika tv lain tengah mencari format untuk Program dangdut,…

Presiden Jokowi (Foto Dok Hutama Karya)

Minggu, 26 Januari 2020 - 11:38 WIB

Presiden Jokowi Resmikan East Connection Taxiway Tahap 1 Bandara Soetta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, serta Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono,…