Lindungi Jamaah, 417 Jamaah Haji Khusus Patuna Dapat Petuah Kemenag

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 20 Juli 2019 - 13:20 WIB

Lindungi Jamaah, 417 Jamaah Haji Khusus Patuna Dapat Petuah Kemenag
Lindungi Jamaah, 417 Jamaah Haji Khusus Patuna Dapat Petuah Kemenag

INDUSTRY.co.id - Bogor-Kementerian Agama Republik Indonesia memberikan pembekalan dan penguatan kepada biro travel umroh dan haji khusus, PT Patuna Mekar Jaya, yang berlangsung di Hotel Aston Bogor, Sabtu (20/7/2019).

"Kehadiran kami disini untuk memberikan pembekalan dan penguatan bagi Patuna sebagai PIHK. Karena jamaah haji khusus itu tidak dilepas sendiri melainkan tetap dalam pengawasanpemerintah,"pungkasnya.

Muhajir mengatakan, selama ini keberangkatan jamaah berjalan dengan baik, tentu harapannya tingkat kepuasan semakin membaik dan pelayanan terhadap haji khusus ditingkatkan sehingga bisa bersinergi dengan haji regular.

"Sebagai PIHK, semua komponen calon jamaah haji khusus harus disiapkan dan harus dipastikan, baik kepastian keberangkatannya dan kepastian kepulangannya," pintanya.

Haji khusus ujarnya adalah masuk kuota nasional juga. Karenanya penyelenggara biro travel harus melaporkan kapan tiba, berapa jumlah jamaah dan dimana penempatannya itu harus dilaporkan disana, sebagai bentuk pengendalian dan pengawasan pemerintah sehingga jamaah terkontrol.

Kementerian Agama ingin memastikan bahwa jamaah haji benar-benar berangkat ke Tanah Suci dengan nyaman, aman, dan sehat.

 

Sebagai informasi, tahun ini terdapat 16.960 jamaah haji yang akan diberangkatkan. Pemberangkatan jamaah haji khusus akan diurus oleh 270 PIHK.

Sementara itu, Direktur PT Patuna Mekar Jaya, Syam Resfiadi mengatakan pihaknya akan memberangkatkan 417 jamaah haji khusus termasuk 17 petugas haji Patuna pada 23 Juli mendatang.

Ia mengatakan kegiatan manasik yang dilakukan selama 3 hari tersebut dilaksanakan dikarenakan keterbatasan waktu dikarenakan proses pengurusan administrasi visa haji yang diserahkan kepada pihak PIHK.

“Jika berdasarkan ketentuan rekomendasi Departemen Agama, kegiatan manasik ini wajib dilakukan PIHK selama 5 kali berturut-turut dan terpisah," ujarnya.

Ia menambahkankegiatan manasik sendiri intinya yakni silaturahmi, baik peserta haji dengan petugas maupun sesama rekan satu rombongan saat menjalankan ibadah haji nantinya,” sambung Syam.

Syam mengutarakan, proses administrasi kepengurusan visa haji tahun ini merupakan yang paling lambat dibanding pelaksanaan-pelaksanaan sebelumnya.

Kendati demikian, menurut Syam dengan dilakukan selama 3 hari 2 malam, para peserta tetap akan mendapatkan pembekalan lengkap pelaksanaan ibadah haji hingga kembali ke tanah air.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

K13N Band Ramaikan Industri Musik Nasional

Minggu, 19 Januari 2020 - 12:30 WIB

K13N Band Ramaikan Industri Musik Nasional

Meski industri musik Indonesia tengah mati suri, dan grup band mapan rontok. Ternyata tidak mengurang minat pemusik muda untuk meramaikannya. Salah satu nya K13N band, yang beranggotakan, Chikin…

DPP Parfia Gelar Parfi Award 2020

Minggu, 19 Januari 2020 - 12:00 WIB

DPP Parfia Gelar Parfi Award 2020

Terobosan dilakukan DPP Persatuan Artis Film (PARFI) Kuningan yang dikomandan Firman Nurjaya, Sultan Saladin dkk. Berencana akan menggelar ajang PARFI AWARDS 2020 dengan tema “Film Indonesia…

Penataan Kawasan Olahraga Kampung Harapan dan Doyo Baru

Minggu, 19 Januari 2020 - 11:55 WIB

Kementerian PUPR Lakukan Penataan Kawasan Olahraga Kampung Harapan dan Doyo Baru

Penataan dilakukan di kawasan pembangunan arena olahraga (venue) Aquatic dan ISTORA Papua Bangkit di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan arena Cricket dan Lapangan Hockey…

Pegadaian Lakukan Kolaborasi Bisnis Gandeng 34 Mitra di Bali

Minggu, 19 Januari 2020 - 10:41 WIB

Pegadaian Lakukan Kolaborasi Bisnis Gandeng 34 Mitra di Bali

PT Pegadaian (Persero) terus melakukan kolaborasi bisnis untuk memperluas pasar dan sharing ekonomi dengan menggandeng 34 mitra, baik dari sektor pemerintahan, pendidikan, BUMN, swasta, pariwisata,…

PT Karya Citra Nusantara (KCN) (Foto Dok Indopos)

Minggu, 19 Januari 2020 - 09:00 WIB

Menkumham Yasona Berharap Penyelesaian Pembangunan Pelabuhan Marunda Segera Berjalan

Kementerian Hukum dan HAM berharap penyelesaian pembangunan dermaga pelabuhan Marunda yang sempat tertunda selama bertahun-tahun bisa segera dilanjutkan, sejalan dengan keinginan Presiden Joko…