Terra Drone Akuisisi Ronik Inspectioneering, Pionir Solusi Drone untuk Ultrasonic Testing

Oleh : Herry Barus | Jumat, 19 Juli 2019 - 14:00 WIB

Terra Drone (Foto Dok Industry.co.id)
Terra Drone (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Terra Drone Corporation, salah satu penyedia solusi drone industri terbesar di dunia, baru saja berinvestasi ke RoNik Inspectioneering, perusahaan Belanda terkemuka yang memiliki bisnis utama berupa inspeksi visual dan ultrasonik menggunakan drone. Dengan investasi ini, RoNik Inspectioneering menjadi bagian dari grup Terra Drone dan berganti nama menjadi Terra Inspectioneering.

Perusahaan akan fokus menyediakan jasa inspeksi menggunakan drone di ruang tertutup dan berbahaya seperti tangki penyimpanan, boiler, tungku, tumpukan, saluran pipa, dan banyak lagi.

RoNik hadir dengan sejarah panjang dalam menyediakan layanan inspeksi untuk perusahaan minyak dan gas, petrokimia, serta makanan dan minuman di Eropa. Hingga saat ini, mereka telah melakukan lebih dari 200 inspeksi di puluhan perusahaan ternama kelas dunia.

Awal tahun ini, RoNik berhasil memenangkan kontes Drone Hero Europe 2019 yang diselenggarakan oleh European UAV Knowledge Area (EUKA). Terra Drone dikenal sering berinvestasi di perusahaan teknologi yang menawarkan solusi drone yang unik dan berbeda, dan RoNik masuk ke dalam kategori tersebut.

 RoNik memiliki solusi yang sangat unik dengan mengembangkan teknologi Ultrasonic Testing (UT) dengan drone yang membuat pengujian ketebalan ultrasonik di tempat-tempat indoor yang biasanya sulit dijangkau menjadi sangat mudah. Penggunaan drone untuk inspeksi tangki tidak hanya menghilangkan kebutuhan untuk menempatkan manusia di tempat berbahaya, tetapi juga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk inspeksi hingga 60%. Data yang ditangkap oleh drone UT yang dipatenkan RoNik dibagikan dalam bentuk model 3D berbasis point cloud yang inovatif. Laporan-laporan ini sepenuhnya sesuai dengan standar inspeksi industri tangki penyimpanan seperti API-653 dan EEMUA 159.

Grafik UT yang dapat diperiksa di monitor

 Toru Tokushige, CEO Terra Drone Corporation, mengatakan, "Perusahaan minyak dan gas dengan cepat menyadari bagaimana drone dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas operasi, menghemat waktu, dan mengurangi biaya. Dengan menggabungkan teknologi Non-Destructive Testing (NDT) yang terbukti dan dapat diandalkan, solusi yang dibawa RoNik telah masuk ke dalam rangkaian solusi yang ditawarkan oleh jaringan global Terra Drone di lebih dari 25 negara, sehingga kami akan dapat melayani perusahaan minyak dan gas di seluruh belahan dunia."

 Terra Drone akan terus berinvestasi di perusahaan-perusahaan terkemuka dunia dengan teknologi mutakhir.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

President Director PT Duta Pratama Konsulindo, Eddy Faisal, Kandidat Terkuat Ketua Umum IKPI 2019—2024

Senin, 19 Agustus 2019 - 21:37 WIB

Eddy Faisal Kandidat Terkuat Ketua Umum IKPI 2019—2024

Jakarta-Kongres XI Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI), dengan tema “Memperkuat Profesi Konsultan Pajak Indonesia yang Profesional, Bebas, Mandiri dan Bertanggung Jawab,” akan digelar…

Pegadaian Gandeng 18 Perguruan Tinggi Cetak SDM Unggul Bersertifikat

Senin, 19 Agustus 2019 - 20:35 WIB

Pegadaian Gandeng 18 Perguruan Tinggi Cetak SDM Unggul Bersertifikat

PT Pegadaian (persero) berkomitmen membangun kapasitas sumber daya manusia (SDM) unggul yang dicanangkan pemerintah, ditandai dengan  penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) Program Magang…

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Senin, 19 Agustus 2019 - 20:20 WIB

Faktor Penunjang Peretumbuhan Ekonomi Tahun Ini

Secara rata-rata pertumbuhan melambat selama dua triwulan sebelum Pemilu dan menguat rata-rata sebesar 0,7% dalam dua triwulan berikutnya.

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi.(Ist)

Senin, 19 Agustus 2019 - 20:08 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Kuat Pada Paruh Pertama 2019

Penggerak utama pertumbuhan pada triwulan kedua 2019 adalah konsumsi masyarakat maupun swasta.

Serah terima pemberian bantuan multivitamin anak di Palangkaraya. (Ist)

Senin, 19 Agustus 2019 - 19:54 WIB

Kalbe Lakukan Aksi Peduli Bencana Asap Kabut di Palangkaraya

Pemberian masker, multivitamin kesehatan, dan permen pelega tenggorokan kepada masyarakat umum dan beberapa sekolah TK/SD di sekitar Palangaraya.