Terra Drone Akuisisi Ronik Inspectioneering, Pionir Solusi Drone untuk Ultrasonic Testing

Oleh : Herry Barus | Jumat, 19 Juli 2019 - 14:00 WIB

Terra Drone (Foto Dok Industry.co.id)
Terra Drone (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Terra Drone Corporation, salah satu penyedia solusi drone industri terbesar di dunia, baru saja berinvestasi ke RoNik Inspectioneering, perusahaan Belanda terkemuka yang memiliki bisnis utama berupa inspeksi visual dan ultrasonik menggunakan drone. Dengan investasi ini, RoNik Inspectioneering menjadi bagian dari grup Terra Drone dan berganti nama menjadi Terra Inspectioneering.

Perusahaan akan fokus menyediakan jasa inspeksi menggunakan drone di ruang tertutup dan berbahaya seperti tangki penyimpanan, boiler, tungku, tumpukan, saluran pipa, dan banyak lagi.

RoNik hadir dengan sejarah panjang dalam menyediakan layanan inspeksi untuk perusahaan minyak dan gas, petrokimia, serta makanan dan minuman di Eropa. Hingga saat ini, mereka telah melakukan lebih dari 200 inspeksi di puluhan perusahaan ternama kelas dunia.

Awal tahun ini, RoNik berhasil memenangkan kontes Drone Hero Europe 2019 yang diselenggarakan oleh European UAV Knowledge Area (EUKA). Terra Drone dikenal sering berinvestasi di perusahaan teknologi yang menawarkan solusi drone yang unik dan berbeda, dan RoNik masuk ke dalam kategori tersebut.

 RoNik memiliki solusi yang sangat unik dengan mengembangkan teknologi Ultrasonic Testing (UT) dengan drone yang membuat pengujian ketebalan ultrasonik di tempat-tempat indoor yang biasanya sulit dijangkau menjadi sangat mudah. Penggunaan drone untuk inspeksi tangki tidak hanya menghilangkan kebutuhan untuk menempatkan manusia di tempat berbahaya, tetapi juga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk inspeksi hingga 60%. Data yang ditangkap oleh drone UT yang dipatenkan RoNik dibagikan dalam bentuk model 3D berbasis point cloud yang inovatif. Laporan-laporan ini sepenuhnya sesuai dengan standar inspeksi industri tangki penyimpanan seperti API-653 dan EEMUA 159.

Grafik UT yang dapat diperiksa di monitor

 Toru Tokushige, CEO Terra Drone Corporation, mengatakan, "Perusahaan minyak dan gas dengan cepat menyadari bagaimana drone dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas operasi, menghemat waktu, dan mengurangi biaya. Dengan menggabungkan teknologi Non-Destructive Testing (NDT) yang terbukti dan dapat diandalkan, solusi yang dibawa RoNik telah masuk ke dalam rangkaian solusi yang ditawarkan oleh jaringan global Terra Drone di lebih dari 25 negara, sehingga kami akan dapat melayani perusahaan minyak dan gas di seluruh belahan dunia."

 Terra Drone akan terus berinvestasi di perusahaan-perusahaan terkemuka dunia dengan teknologi mutakhir.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (tengah) bersama Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kedua dari kiri), Direktur Wholesale and International Business Telkom Edwin Aristiawan (kedua dari kanan), dan Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin (paling kanan)

Minggu, 15 Desember 2019 - 19:15 WIB

Indigo Game Startup Incubation Dukung Pengembangan Ekosistem Game di Indonesia

Jakarta – Setelah diluncurkan pada September 2019 lalu, rangkaian kegiatan Indigo Game Startup Incubation yang diiniasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara resmi berakhir yang…

Dukung Industri Pariwisata, Wings Air Terbang dari Sorong ke Nabire

Minggu, 15 Desember 2019 - 18:00 WIB

Dukung Industri Pariwisata, Wings Air Terbang dari Sorong ke Nabire

Apa yang terlintas dibenak ketika mendengar Papua Barat? Mayoritas yang terpikir ialah nama Raja Ampat dengan surga bawah laut sebagai tujuan popular berwisata dari berbagai penjuru dunia.

Perum Jamkrindo tanam pohon di Ciletuh

Minggu, 15 Desember 2019 - 17:18 WIB

Jamkrindo Ikut Hijaukan Geopark Ciletuh

Sukabumi - Perum Jamkrindo ikut berpartisipasi menghijaukan kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark sebagai bagian upaya perusahaan dalam mendukung pelestarian alam. Program itu…

Agoda Tawarkan Kesempatan Menginap Gratis di Kereta Mewah Eksklusif

Minggu, 15 Desember 2019 - 17:00 WIB

Agoda Tawarkan Kesempatan Menginap Gratis di Kereta Mewah Eksklusif

Ikuti kontes terbaru Agoda! Agoda, salah satu platform perjalanan digital yang paling cepat berkembang dan berkantor pusat di Asia Tenggara, menawarkan warga Indonesia kesempatan menginap gratis…

Cek Toko Sebelah The Series musim ke-2

Minggu, 15 Desember 2019 - 16:54 WIB

HOOQ Mempersembahkan Musim Baru ‘Cek Toko Sebelah The Series’

HOOQ, meluncurkan musim kedua serial drama komedi segar Cek Toko Sebelah The Series. Konten original HOOQ yang bekerjasama dengan Starvision ini hadir penghujung tahun 2019 guna menghibur para…