42 Emiten Meraih CSA Awards 2019

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 18 Juli 2019 - 21:45 WIB

Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2019 bertempat di kampus Perbanas Institute Jakarta.
Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2019 bertempat di kampus Perbanas Institute Jakarta.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Sebanyak 42 emiten di Bursa Efek Indonesia meraih CSA Awards, penghargaan emiten dengan kinerja terbaik hasil kerjasama antara Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) dengan CSA Research. Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2019 bertempat di kampus Perbanas Institute Jakarta.

Peraih penghargaan CSA Awards ini merupakan hasil kajian yang dilakukan CSA Research dan melibatkan anggota CSA Community. Ke-42 emiten tersebut terdiri dalam tiga  kelompok utama yaitu Income Stock yang meliputi PT Astra International Tbk (ASII), PT Bank Central Asia Tbk(BBCA), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Indo Tambangmegah Raya Tbk  (ITMG), PT Jasa Marga(Persero) Tbk, PT United Tractors Tbk (UNTR), dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR).

Kelompok kedua yaitu Growth Stock yang meliputi PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), PT Mayora Indah Tbk (MYOR), PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS), PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA), PT PP (Persero) Tbk (PTPP), PT Surya Citra Media (SCMA) Tbk dan PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR).

Kemudian kelompok ketiga yaitu Value Stock yang meliputi PT Aneka Tambang Tbk  (ANTM), PT  Bank BPD Jawa Timur Tbk (BJTM), PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), PT Mitra AdiperkasaTbk (MAPI), PT Mark Dynamics Indonesia Tbk (MARK), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT Industri  Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL), PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) dan PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON).

Menurut Ketua Pelaksana sekaligus Anggota Dewan Juri CSA Awards, Haryajid Ramelan, CSA Awards ini diberikan sebagian bagian dari memperingati 42 tahun Diaktifkannya kembali Pasar Modal Indonesia. “Kami memiliki perhatian besar bagi perkembangan pasar modal Indonesia, khususnya dalam memberikan kesempatan kepada investor untuk memilih saham yang memiliki kinerja fundamental yang baik,” kata Haryajid.

Saham-saham yang menjadi pilihan para analis untuk meraih CSA Awards ini harus lolos seleksi awal yang meliputi lima kriteria, yaitu pertama memenuhi aspek going concern. Keempat aspek lainnya adalah profitabilitas emiten di masa yang akan datang, likuiditas saham, good corporate governance, serta aspek keterbukaan terhadap pemegang saham.

Pada sisi lain, Ketua Umum AAEI, Edwin Sebayang menyatakan bahwa apresiasi terhadap emiten ini merupakan bagian dari kontribusi AAEI bagi pasar modal, khususnya investor yang mengharapkan tersedianya pilihan investasi saham yang tepat dan aman. Dengan fokus pada sisi fundamental emiten, maka diharapkan saham dari para emiten terpilih ini merupakan alternatif yang tepat untuk investasi jangka panjang. “Investor akan diberikan pilihan pada berbagai emiten, sehingga dapat menggerakkan pasar saham secara lebih luas,” ungkap Edwin.

Sementara Ketua Perkumpulan Profesi Pasar Modal Indonesia (Propami), Abi Hurairah Moechdi menyampaikan apresiasi yang tinggi atas upaya AAEI bersama dengan CSA Research dalam mendukung perkembangan pasar modal. Menurut pria yang akrab dipanggil Abi, seiring dengan 42 tahun diaktifkannya kembali Pasar Modal Indonesia, diperlukan peran serta berbagai pihak akan perkembanganya semakin baik. “Kami selaku naungan dari berbagai asosiasi profesi di pasar modal di Indonesia akan terus menjadi salah satu pilar perkembangan pasar Indonesia, termasuk didalamnya mendukung berbagai upaya untuk meningkatkan jumlah investor,” kata Abi.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…