WOM Finance Bersama Tujuh Lembaga Keuangan Teken MoU dengan Dirjen Dukcapil

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 15 Juli 2019 - 10:32 WIB

Direktur Utama WOM Finance, Djaja Suryanto Sutandar
Direktur Utama WOM Finance, Djaja Suryanto Sutandar

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Manajemen PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF) menandatangani perjanjian kerja sama pemanfaatan dakependudukan dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan layanan kepada para konsumen. Disamping perseroan, sebanyak tujuh lembaga keuangan lainnya juga melakukan hal yang sama dengan Dirjen Dukcapil tersebut.

“Kerjasama tersebut dilakukan sebagai akses untuk memanfaatkan nomer induk kependudukan (NIK), data kependudukan dan KTP elektronik (e-KTP),” ujar Direktur Utama WOMF, Djaja Suryanto Sutandar, usai acara penandatanganan tersebut di Jakarta, Kamis (28/12/2018).. 

Sementara itu, ketujuh perusahaan keuangan lainnya yang turut melakukan penandatanganan tersebut adalah PT Bank Muamalat Tbk, PT Bank HSBC Indonesia, PT Bank JTrust Indonesia Tbk, PT Maybank Indonesia Finance, PT MNC Finance, PT Bank Ganesha Tbk dan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero).

Penandatanganan kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah kerjasama antara perwakilan pimpinan perusahaan dengan Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh, di Balai Kartini, Jakarta Selatan.

“Ada tiga jenis pemanfaatan data kependudukan yang dapat diakses oleh delapan lembaga keuangan tersebut, yaitu data data agregat yang meliputi himpunan data perseorangan, berupa data kuantitatif dan data kualitatif, pemadanan/penyandingan/pencocokan data dan
akses data penduduk berdasarkan nama, alamat dan NIK,” papar Djaja lebih lanjut.

Djaja berharap kerja sama itu dapat berdampak positif bagi seluruh pihak terkait, baik Kemendagri untuk melengkapi basis data kependudukan mengenai transaksi keuangan dan memberikan kemudahan verifikasi data bagi lembaga keuangan.

Sementara itu, Zudan Arif Fakhrulloh menambahkan,” Kerja sama tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam menjalankan usaha, sehingga hal itu dapat berimplikasi bagi pertumbuhan
usaha yang berkualitas baik. Karena itu, data base kependudukan nantinya dapat menjadi lebih tertata dan terdata secara detail.”

Pemanfaatan data kependudukan dipahami sebagai kegiatan pemberian hak akses terhadap data kependudukan yang dilakukan oleh Kemendagri kepada lembaga pengguna yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan publik, penelitian, perencanaan pembangunan, dan atau penegakan hukum.

“Kerjasama kedelapan lembaga keuangan dengan Dukcapil tersebut diharapkan akan banyak memberikan manfaat untuk kami, terutama dalam kemudahan mengakses data konsumen dengan lebih akurat dan komprehensif. Pasalnya, dengan akses yang mudah, maka akan mempercepat standar layanan kami,” pungkas Djaja. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 26 Januari 2020 - 14:00 WIB

Ketua MPR RI Salurkan Bantuan Korban Banjir Cililitan Jakarta Timur

- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) kembali menyalurkan bantuan sosial kepada saudara-saudara yang terkena musibah banjir di Kelurahan Cililitan Kecil, Kramat Jati, Jakarta Timur. Bantuan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Minggu, 26 Januari 2020 - 13:45 WIB

Ekspor Kian Melaju, Investasi Industri Mamin Terus Dipacu

Kementerian Perindustrian fokus memacu pengembangan industri makanan dan minuman (mamin) agar terus memiliki kinerja yang gemilang.

Red Hat

Minggu, 26 Januari 2020 - 12:30 WIB

Red Hat-DXC Technology Sepakat Percepat Pengembangan dan Pengerahan Aplikasi di Era Cloud dan Digital

Red Hat dan DXC Technology melanjutkan kolaborasinya dalam rangka membantu para pengembang membangun, menjalankan, dan mengelola aplikasi dalam container, dalam skala yang diperlukan pada suatu…

Indosiar Tayangan Lida 3

Minggu, 26 Januari 2020 - 12:00 WIB

Indosiar Tayangan Lida 3

Indosiar benar-benar ingin menunjukan sebagai rumah dangdut Indonesia dan terdepan untuk masalah Musik dangdut di televisi. Karena ya, ketika tv lain tengah mencari format untuk Program dangdut,…

Presiden Jokowi (Foto Dok Hutama Karya)

Minggu, 26 Januari 2020 - 11:38 WIB

Presiden Jokowi Resmikan East Connection Taxiway Tahap 1 Bandara Soetta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, serta Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono,…