WOM Finance Gelar Seminar Keluarga di RPTRA Kalijodo Jakarta

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 15 Juli 2019 - 08:45 WIB

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance
PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa seminar dengan tema “Optimalisasi Peran Keluarga dan Masyarakat Dalam Perlindungan Terhadap Kekerasan Seksualitas”.

Seminar yang mengambil tema Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) ini dihadiri oleh 100 peserta, yang terdiri dari ibu rumah tangga dan anak perempuannya. Seminar digelar di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jumat (12/07/2019).

Direktur WOM Finance, Zacharia Susantadiredja mengatakan, perempuan dan anak adalah warga bangsa yang paling rentan mengalami kekerasan fisik dan psikis, padahal keduanya adalah penjamin eksistensi manusia di bumi dan masa depan peradaban.

Menurut Zacharia, pelecehan dan kekerasan telah menurunkan harga diri, kepercayaan dan kepribadian serta menjadi pengalaman traumatis bagi perempuan dan anak di Indonesia.

 

“Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kekerasan dalam rumah tangga, yaitu kesiapan calon pengantin, lingkungan keluarga, sosial, budaya dan lain-lain. KDRT juga terkadang merupakan sebuah siklus,” papar Zacharia.

Zacharia melanjutkan, anak-anak yang dibesarkan di lingkungan keluarga yang kerap mengalami kekerasan rumah tangga nantinya berpotensi meniru hal yang sama di kemudian hari ketika mereka memiliki keluarga sendiri.

Karena itu, untuk mencegah hal itu terjadi pada generasi penerus bangsa selanjutnya, maka kita saat ini sangat penting mengupayakan tindakan pencegahan untuk menghapus segala bentuk kekerasan di dalam rumah tangga,” ungkap Zacharia.

Pembicara dalam seminar ini adalah Lusitawati, S.Psi dan Putu Elvina, S.Psi, MM yang merupakan perwakilan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Kedua pembicara ini menegaskan bahwa KDRT masih menjadi fenomena yang cukup memprihatinkan dan perlu dilakukan upaya untuk menanganinya.

Korban-korban kekerasan dalam rumah tangga akan menanggung risiko fisik dan psikologis yang menimbulkan ketidaknyamanan dan bisa menjadi kendala yang cukup serius dalam menjalani kelangsungan hidupnya.

Sementara itu, H. Martadilla, Lurah Kelurahan Angke, Jakarta Barat, yang hadir dalam seminar tersebut mengucapkan terima kasih kepada WOM Finance yang telah menyelenggarakan seminar mengenai KDRT di lingkungan keluarahannya.

Menurutnya, kegiatan semacam ini sangat perlu digelar bagi ibu-ibu rumah tangga dan anak-anak perempuan untuk menambah pemahaman mereka mengenai dampak dari KDRT di masa depan.

“Saya berharap agar WOM Finance dan KPAI terus melakukan program sinergis seperti ini di keluarahan yang lain sehingga kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat teratasi dengan baik,” pungkas Martadilla. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Jaringan Internet (KTSDESIGN/Getty Images)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:50 WIB

Peningkatan Kapasitas Jaringan Seluler Sangat Diperlukan

Hal ini dapat dicapai melalui tiga cara, yaitu penambahan Base Transceiver Station (BTS), penambahan frekuensi dan perbaruan teknologi.

Ilustrasi 5G.(Ist)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:03 WIB

Menyambut 5G, Ini Tantangan yang Dihadapi di Indonesia

Indonesia belum memanfaatkan secara penuh data dalam pembangungan.

Sony luncurkan kamera Alpha 7R IV dan RX100 VII di ajang Alpha Festival 2019.(Ist)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 11:40 WIB

Alpha Festival 2019 Luncurkan Sony α7R IV dan RX100 VII

Mempersembahkan kamera Sony bagi semua tipe fotografer di berbagai experience zone.

Mandiri Syariah sedang bertransaksi dengan nasabahnya

Minggu, 25 Agustus 2019 - 11:14 WIB

Gandeng Metland, Mandiri Syariah Genjot KPR

Jakarta -Menawarkan pembiayaan kepemilikan rumah dengan prinsip syariah, Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) bekerja sama dengan pengembang perumahan (developer) besar diantaranya PT Metropolitan…

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso di Universitas Sebelas Maret

Minggu, 25 Agustus 2019 - 09:20 WIB

Wimboh Dikukuhkan jadi Guru Besar Tidak Tetap FEB UNS

Surakarta—Untuk pertama kalinya, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengukuhkan guru besar tidak tetap di bidang Ilmu Manajemen Risiko pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Beliau…