Pemerintah Fokus Tiga Hal Sebelum Ibukota Pindah

Oleh : Herry Barus | Minggu, 14 Juli 2019 - 06:00 WIB

Bambang Brodjonegoro (Foto/Rizki Meirino)
Bambang Brodjonegoro (Foto/Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pemerintah akan fokus pada tiga hal utama pada lima tahun ke depan terkait dengan rencana pemindahan ibukota Republik Indonesia. Ketiganya adalah pengembangan industrialisasi di pulau lain selain pulau Jawa, kedua pengembangan kawasan ekonomi baru, serta ketiga mengembangkan enam kota metropolitan di luar jawa.

Hal ini ditegaskan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro pada Diskusi Media (Dismed) Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) bertajuk “Pindah Ibukota Negara : Belajar dari Pengalaman Negara Sahabat”, Rabu (10/7/2019) di Jakarta.

Keenam rencana pengembangan kota metropolitan baru itu dikatakan Bambang adalah Medan, Palembang, Banjarmasin, Makassar, Manado serta Denpasar.

Pada kesempatan ini, Bambang juga mengulang bahwa wacana pemindahan bukan wacana dan hal yang baru karena sudah digaungkan Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto sebelumnya.

 

“Saat ini Presiden Jokowi menegaskan ingin melaksanakannya, konkrit. Karena memang tujuannya baik dan bermanfaat secara keseluruhan,” katanya.

Hal utama yang mendasari rencana ini harus segera dilaksanakan, tambahnya karena Indonesia satu-satunya negara kepulauan dan mekanisme pemindahan ini menjadi penting.

“Namun begitu perlu ukuran yang tepat.  Karena memindahkan ibukota ini antar pulau,” tegas Menteri Bambang.

Dismed FMBarat 9 menghadirkan narasumber selain Menteri PPN/Kepala Bappenas, adalah Duta Besar Brazil untuk Indonesia, Rubem Barboza dan mantan Duta Besar Indonesia untuk Brazil Sudaryomo Hartosudarmo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Paddle Board Yoga di Tanjung Lesung

Minggu, 15 Desember 2019 - 12:02 WIB

BWJ Hadirkan Road to Bodur Fest 2020, Suguhkan Aktivitas Olahraga Outdoor Hingga Makanan Sehat

PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung terus melakukan berbagai upaya untuk menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara, salah satunya…

Managing Director PT BWJ, Rully Lasahido (Hariyanto/Hariyanto)

Minggu, 15 Desember 2019 - 10:01 WIB

Experience Tanjung Lesung, Gebrak Sektor Pariwisata Banten

PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung kembali membuat gebrakan di akhir tahun ini dengan meluncurkan produk layanan digital bernama Experience…

Anab Afifi, Penulis Buku dan CEO Boston Price Asia

Minggu, 15 Desember 2019 - 08:46 WIB

Bung Nadiem, Ketahuilah Tanpa Penghafal Dunia Kiamat!

Bung Nadiem, Anda perlu menengok kembali sejarah peradaban leluhur Anda. Anda telah mewarisi DNA leluhur Anda para penghafal hebat itu. Karena itulah, Anda bisa jadi sehebat sekarang ini.

Direktur Eksekutif Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian (PADMA) Indonesia, Gabriel Goa

Minggu, 15 Desember 2019 - 04:05 WIB

PADMA Desak Menaker Segera Mempercepat MoU dengan Malaysia

Jakarta – Pemerintah Indonesia dan Malaysia berkomitmen untuk meningkatkan perlindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Malaysia. Keduanya juga berkomitmen untuk menyelesaikan…

Ilustrasi Industri 4.0

Sabtu, 14 Desember 2019 - 17:05 WIB

Pacu Implementasi Industri 4.0, RI Bakal Diguyur Dana Senilai USD 50 Juta oleh Dewan Riset Korsel

Indonesia dan Korea Selatan semakin menguatkan kerja sama di sektor manufaktur, terutama dalam kesiapan implementasi industri 4.0.