ITB Gandeng Terra Drone Lakukan Penelitian Drone LiDAR di Kampus Jatinangor

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 13 Juli 2019 - 11:00 WIB

Terra Drone (Foto Dok Industry.co.id)
Terra Drone (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandung– Terra Drone Indonesia sukses lakukan survei menggunakan drone LiDAR (Light Detection and Ranging) di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) Jatinangor sebagai bagian dari penelitian antara Terra Drone Indonesia, Laboratorium Survei dan Pemetaan ITB, serta Kelompok Keilmuan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geospasial ITB.

Survei dilakukan untuk memodelkan topografi serta bangunan di lokasi tersebut secara 3 dimensi, yang nantinya dapat diolah lebih lanjut untuk keperluan pengembangan Sistem Informasi Kampus.

Data yang dihasilkan berupa point cloud dengan akurasi tinggi, yang kemudian akan dibandingkan juga dengan data hasil survei menggunakan metode lain seperti Terrestrial Laser Scanning (TLS), drone fotogrametri, dan pengukuran darat. Hal ini dilakukan untuk memahami akurasi hasil masing-masing pengukuran dan menjawab pertanyaan yang selama ini sering muncul.

"Diharapkan dari kerjasama tersebut, kedepannya Terra Drone Indonesia dengan teknologi yang kami miliki dapat terus ikut serta dalam berbagai penelitian bersama lembaga pendidikan lainnya di Indonesia sehingga teknologi drone industri dapat dikenal dan dimanfataakan keunggulannya oleh banyak pihak" kata Michael Wishnu, Direktur, Terra Drone Indonesia.

Terra Drone Indonesia sangat terbuka terhadap kerjasama dengan lembaga pendidikan dan penelitian untuk melakukan program atau uji coba terkait pemanfaatan drone. Sebelumnya, Terra Drone Indonesia juga sudah bekerjasama dengan Departemen Teknik Dirgantara ITB dalam hal penelitian dan pelatihan operasi drone, serta Tim Aksantara ITB dalam hal persiapan Kompetisi Robot Terbang Indonesia.

Tentang Terra Drone

Terra Drone adalah penyedia solusi drone industri paling terkemuka di dunia yang didirikan pada 2016. Kantor pusat perusahaan berlokasi di Tokyo, Jepang, dengan 20 cabang di seluruh dunia termasuk Asia Pasifik, Uni Eropa, dan Amerika Selatan. Terra Drone menyediakan teknologi drone inovatif yang diberdayakan dengan LiDAR dan metode survei fotogrametri untuk sektor konstruksi, utilitas, tambang, energi, dan minyak dan gas. Terra Drone memiliki spesialisasi pada perangkat keras berkinerja tinggi, perangkat lunak mutakhir, dan layanan dan sistem manajemen drone (UTM).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hotel (Ilustrasi)

Jumat, 03 April 2020 - 13:15 WIB

Per Kamis Kemarin Jumlah Hotel yang Tutup Capai 826, Ini Respon Menparekraf

Jumlah hotel yang menutup sementara operasionalnya di tengah pandemi virus corona (COVID-19) bertambah. Per hari ini, sudah 826 hotel terpaksa tutup karena tak lagi memiliki pengunjung.

Ilustrasi pernikahan (Foto Ist)

Jumat, 03 April 2020 - 13:06 WIB

KUA Enggan Layani Akad Nikah, Gara-gara Corona?

Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama menerbitkan edaran baru terkait protokol penanganan Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) pada pelayanan kebimasislaman. Edaran yang ditujukan ke Kepala Kanwil…

Shopee Donasi dan Subsidi 1 Juta Masker untuk Indonesia

Jumat, 03 April 2020 - 13:00 WIB

Shopee Donasi dan Subsidi 1 Juta Masker untuk Indonesia

Shopee, platform e-commerce terpercaya di Asia Tenggara dan Taiwan, kembali memberikan donasi dan subsidi sebanyak 1 juta masker untuk dokter dan tenaga medis melalui Badan Nasional Penanggulangan…

Pembagian bingkisan terhadap orang miskin

Jumat, 03 April 2020 - 12:17 WIB

Sembako untuk Kaum Marjinal

Baru dua tahun belakangan ini, Karsidi (47), menjalani profesinya sebagai penjual koran keliling di Kota Semarang. Sebelum menjadi penjaja koran, ia menjalani pekerjaan sebagai pengumpul rongsok…

Indonesia Lawan Covid-19 (foto Richard Juniar)

Jumat, 03 April 2020 - 12:15 WIB

Selain Donasi Rp72 miliar, Jubir Pemerintah: Banyak Sekali Relawan yang Telah Bergabung Bersama Kami Hadapi Covid-19

Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto menyampaikan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Bertambah Menjadi 1.790 Kasus di seluruh Indonesia "Sementara itu pasien yang terkonfirmasi…