Airlangga Hartarto Masih Dibutuhkan Partai Golkar

Oleh : Herry Barus | Jumat, 12 Juli 2019 - 14:00 WIB

Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar (Foto Dok Industry.co.id)
Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengamat politik Rusmin Effendy menilai posisi Airlangga Hartarto masih dibutuhkan partai Golkar untuk periode kedua memimpin partai berlambang pohon beringin. Pasalnya, dari sekian calon ketua unum yang ada, Airlangga masih cukup tangguh dibandingkan calon lainnya.

"Kalau dinilai dari kapabilitas, acceptabilitas belum ada calon kuat yabg mampu menandingi Airlangga terpilih kembali memimpin Golkar kedepan," ujarnya menjawab wartawan di Jakarta, kemarin.

Menurut Rusmin, menjelang munas golkar semakin banyak manuver politik yang dimainkan sehingga membuat kondisi tidak kondusif.

"Selama ini tradisi menjelang munas golkar semakin banyak kandidat yang muncul. Artinya golkar tidak kekurangan stok pemimpin. Golkar adalah partai besar yang sudah berpengalaman," kata dia.

Menjawab soal penurunan kursi legislatif golkar di parlemen, Rusmin menjelaskan, kondisi itu merupakan realitas politik, bukan menjadi kesalahan ketua umum. "Banyak faktor yang bisa menurunkan atau menaikan perolehan suara. Pemilu itu kan kerja kolektif dari mesin partai bergerak di masyarakat. Apalagi pemilu 2019 penuh karut marutnya. Alhamdulillah golkar bisa si posisi runner up," tegas dia.

Rusmin mencontohkan, tidak ada korelasi dan jaminan perolehan suara partai dengan figur ketua umum. Buktinya golkar di era Jusuf Kalla sebagai wapres suara golkar juga turun, kalah di era Akbar Tanjung.

Karena itu, dia berharap, momentum munas harus dimanfaatkan untuk mengevaluasi dan mengkonsolidasi partai kedepan. "Siapa bilang tidak ada tradisi ketua umum bisa menjabat dua periode. Pak Amir Murtono ketua umum dua periode. Apalagi Airlangga kan terpilih dari proses transisi pasca dualisme golkar antara kubu ARB dan Agung Laksono," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 19 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menperin Agus Resmikan xEV Center Milik Raksasa Otomotif Asal Jepang di Karawang

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan xEV Center, yang berlokasi di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang 3, Kamis (19/5/2022).

DR. Basuki Ranto, Dewan Pakar ICMI

Kamis, 19 Mei 2022 - 18:55 WIB

Perekonomian Daerah Nyata Bergerak Naik Dampak Mudik Lebaran

Jakarta-Masyarakat gegap-gempita melakukan mudik lebaran 2022, setelahdianya akses mudik tahun ini juga disinyalir mendorong perekonomian daerah.

Changemakers Nusantara Day

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:52 WIB

Changemakers Nusantara Day: Pertemuan Akbar Ribuan Pembawa Perubahan Tanah Air

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi nirlaba pembawa perubahan bagian dari Grup GoTo, menggelar Changemakers Nusantara Day untuk merayakan keberhasilan ribuan pembawa perubahan yang telah…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:43 WIB

PLN Batam Setop Rencana Ekspor Listrik ke Singapura

PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PLN Batam) menghentikan rencana ekspor listrik ke Singapura. Hal tersebut diutarakan Komisaris PT PLN Batam Rizal Calvary Marimbo di Jakarta, kemarin usai…

Tugu Insurance

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:39 WIB

Laba Meningkat, Tugu Insurance Tebar Dividen Sebesar Rp 126,6 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2022 menyetujui pemberian dividen sebesar Rp 126.592.140.666…