SMKL Menuju Pemimpin di Industri Packanging, Memulai Kiprah di Bursa Efek

Oleh : Herry Barus | Kamis, 11 Juli 2019 - 19:00 WIB

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk
PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (“Perseroan”), salah satu perusahaan penyedia kemasan karton terintegrasi dan logistik dengan solusi kemasan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, hari ini telah resmi menjadi emiten ke-31 yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2019. Perseroan telah menerima perolehan dana sebesar Rp124,5 miliar, melalui masa penawaran umum perdana saham yang berlangsung selama empat hari pada 1- 4 Juli 2019, dengan harga penawaran Rp193 per lembar saham.

Diperdagangkan dengan kode saham “SMKL”, Perseroan melepas sebanyak 19,12% (Sembilan belas koma dua belas persen) atau setara 650 juta saham. Selama masa penawaran umum perdana saham, saham SMKL diminati khususnya melihat dari antusiasme investor ritel sehingga terjadi oversubscribed 27,11 kali dari porsi penjatahan terpusat (pooling) saham yang ditawarkan kepada masyarakat.

 

Sesuai yang telah disampaikan dalam Public Expose, dana hasil IPO akan digunakan sekitar 40% untuk modal kerja Perseroan, yang akan digunakan untuk meningkatkan persediaan bahan baku kertas baik impor dan lokal, sekitar 30% akan digunakan untuk pelunasan sebagian hutang bank, dan 30% sisanya akan digunakan untuk pembelian mesin dan lokasi pabrik baru. Selain itu, Perseroan juga telah melakukan ekspansi ke pasar Amerika Serikat dengan menjadi pemasok kantong belanja untuk department store Walmart dan mengirimkan sebanyak 150 kontainer atau setara US$10 juta di tahun ini.

Ang Kinardo, Direktur Utama PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk mengatakan, “Kami melihat IPO sebagai salah satu langkah strategis untuk mewujudkan visi Perseroan untuk menjadi pemimpin di industri packaging Indonesia yang selalu mengedepankan kepuasan konsumen, serta memperluas strategi bisnis kami untuk memberikan kontribusi lebih untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia.”

“Kami berharap dengan dicatatkannya saham kami dengan kode saham SMKL ini, akan memberikan competitive advantage untuk pengembangan usaha secara maksimal, sehingga saham kami ini akan menjadi pilihan investasi terbaik bagi para investor. Terlebih lagi, kami akan terus berusaha menerapkan prinsip tata kelola perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG) dengan lebih professional,”

Octavianus   Budiyanto,   Direktur   Utama   PT   Kresna   Sekuritas   sebagai   Lead Underwritermmengatakan,   “Selama  masa  penawaran  umum   kemarin,   banyak  investor  ritel   yang inginmembeli sehingga pada hari pertama kita sempat oversubscribed 1,5 kali. Saham SMKL ini juga cukup banyak diminati tidak hanya investor ritel, tapi juga investor Institusi.”

Hingga saat ini, Perseroan telah melebarkan lini usahanya dengan menambah berbagai layanan baru berupa penyewaan truk dan logistik untuk memberikan solusi, manajemen transportasi kepada pelanggannya. Perseroan saat ini mempunyai kantor dan pabrik di kawasan Industri Benua Permai Lestari, Tigaraksa, Tangerang, Banten dengan luas lahan 14 ha dengan bangunan fisik 120.000 m2. Saat ini, Perseroan memproduksi karton gelombang (corrugated carton box) dan kemasan offset untuk berbagai industri di bidang makanan minuman, elektronik, telekomunikasi, sepatu dan lain sebagainya yang memerlukan kotak kemasan untuk memasarkan produk-produknya.

Sebagian besar pelanggan Perseroan berasal dari sektor consumer dan teknologi, di antaranya Unilever Group, Adidas, Indofood Group, Mayora Group, Haier-Sanyo, Nutricia Indonesia, Great Giant Pineapple, Samsung, Nestle Indonesia, Djojonegoro C-1000, Epson Indonesia, Dollar General, Ecco Indonesia, Walgreens , Jco Donut & Coffee, Samindo Electronics, Oppo, Lenovo, Smartfren dan Polytron. Kedepannya, Perseroan berencana untuk memproduksi jewelry boxes, premium gift products, dan stationery boxes. Melalui IPO, Perseroan berharap untuk dapat terus berkembang dan memperkuat bisnisnya di industri packaging Indonesia.

Sekilas tentang Perseroan

Perseroan didirikan di Kabupaten Tangerang dengan nama PT Satyamitra Kemas Lestari pada tahun 2001, dalam perjalanannya Perseroan telah melakukan penyesuaian dan pengembangan sendiri sesuai dengan pangsa pasar dan permintaan dari para pelanggan-pelanggannya.

 

Dimana Perkembangan Perseroan diikuti dengan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi produk-produk yang dihasilkan dilandasi dengan pandangan yaitu Integrated Packaging Logistics Manufacturing (IPLM); Complete Paper Packaging Solution, Reduce Your overall Logistics cost, No Logistics without Packaging, sehingga Perseroan senantiasa menjaga kualitas produk dan melahirkan berbagai inovasi, yang tujuannya untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan para pelanggan yang spesifik.

Perseroan memproduksi karton gelombang (Corrugated Carton Box) dan kemasan offset untuk berbagai industri di bidang makanan minuman, elektronik, telekomunikasi, sepatu dan lain sebagainya yang memerlukan kotak kemasan untuk memasarkan produk-produknya. Dalam melakukan proses produksi kemasan, setiap pemesanan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, baik dari sisi desain dan bahan baku yang diperlukan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Rabu, 20 November 2019 - 04:00 WIB

Bamsoet Dorong Perdagangan Produk Indonesia ke Negara Eropa Tenggara dan Timur Balkan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong perlunya Indonesia meningkatkan pasar perdagangan produk Indonesia hingga ke negara-negara di Eropa Tenggara dan Timur Balkan. Hal tersebut…

realme X2 Pro

Selasa, 19 November 2019 - 20:57 WIB

Rasakan Tampilan Terhalus Smartphone Flagship realme X2 Pro dengan Layar 90Hz dan Snapdragon 855+

Smartphone ini membawa standar baru ke dunia perponselan antara lain melalui kamera 64MP, In-display fingerprint, VOOC Flash Charge 3.0, dan desain trendi.

Samsung Memenangkan 46 CES 2020 Innovation Award

Selasa, 19 November 2019 - 20:45 WIB

Sebanyak 46 Inovasi Terbaru Samsung Menangkan CES 2020 Innovation Award

Samsung Electronics, pemimpin teknologi global, baru-baru ini mengumumkan bahwa 46 inovasi produk terbarunya telah mendapat pengakuan sebagai pemenang CES 2020 Innovation Awards, termasuk tiga…

Piaggio Indonesia Perluas Jaringan Diler Baru di Sleman

Selasa, 19 November 2019 - 20:31 WIB

Piaggio Indonesia Perluas Jaringan Diler Baru di Sleman

PT Piaggio Indonesia berkolaborasi dengan CV Kharisma Motor memperluas jaringan dengan pembukaan diler terbaru di Sleman, Yogyakarta untuk memberikan produk dan layanan berkualitas terbaik di…

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menegaskan bahwa Musyawarah Nasional (Munas) Dekopin adalah wilayah civil society

Selasa, 19 November 2019 - 20:29 WIB

Terima Pengurus Dekopin yang Sah, Teten Masduki: Munas Itu Wilayah Dekopin

Jakarta – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menegaskan bahwa Musyawarah Nasional (Munas) Dekopin adalah wilayah civil society yang tidak bisa dimasuki oleh negara. Sesuai…