SMKL Menuju Pemimpin di Industri Packanging, Memulai Kiprah di Bursa Efek

Oleh : Herry Barus | Kamis, 11 Juli 2019 - 19:00 WIB

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk
PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (“Perseroan”), salah satu perusahaan penyedia kemasan karton terintegrasi dan logistik dengan solusi kemasan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, hari ini telah resmi menjadi emiten ke-31 yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2019. Perseroan telah menerima perolehan dana sebesar Rp124,5 miliar, melalui masa penawaran umum perdana saham yang berlangsung selama empat hari pada 1- 4 Juli 2019, dengan harga penawaran Rp193 per lembar saham.

Diperdagangkan dengan kode saham “SMKL”, Perseroan melepas sebanyak 19,12% (Sembilan belas koma dua belas persen) atau setara 650 juta saham. Selama masa penawaran umum perdana saham, saham SMKL diminati khususnya melihat dari antusiasme investor ritel sehingga terjadi oversubscribed 27,11 kali dari porsi penjatahan terpusat (pooling) saham yang ditawarkan kepada masyarakat.

 

Sesuai yang telah disampaikan dalam Public Expose, dana hasil IPO akan digunakan sekitar 40% untuk modal kerja Perseroan, yang akan digunakan untuk meningkatkan persediaan bahan baku kertas baik impor dan lokal, sekitar 30% akan digunakan untuk pelunasan sebagian hutang bank, dan 30% sisanya akan digunakan untuk pembelian mesin dan lokasi pabrik baru. Selain itu, Perseroan juga telah melakukan ekspansi ke pasar Amerika Serikat dengan menjadi pemasok kantong belanja untuk department store Walmart dan mengirimkan sebanyak 150 kontainer atau setara US$10 juta di tahun ini.

Ang Kinardo, Direktur Utama PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk mengatakan, “Kami melihat IPO sebagai salah satu langkah strategis untuk mewujudkan visi Perseroan untuk menjadi pemimpin di industri packaging Indonesia yang selalu mengedepankan kepuasan konsumen, serta memperluas strategi bisnis kami untuk memberikan kontribusi lebih untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia.”

“Kami berharap dengan dicatatkannya saham kami dengan kode saham SMKL ini, akan memberikan competitive advantage untuk pengembangan usaha secara maksimal, sehingga saham kami ini akan menjadi pilihan investasi terbaik bagi para investor. Terlebih lagi, kami akan terus berusaha menerapkan prinsip tata kelola perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG) dengan lebih professional,”

Octavianus   Budiyanto,   Direktur   Utama   PT   Kresna   Sekuritas   sebagai   Lead Underwritermmengatakan,   “Selama  masa  penawaran  umum   kemarin,   banyak  investor  ritel   yang inginmembeli sehingga pada hari pertama kita sempat oversubscribed 1,5 kali. Saham SMKL ini juga cukup banyak diminati tidak hanya investor ritel, tapi juga investor Institusi.”

Hingga saat ini, Perseroan telah melebarkan lini usahanya dengan menambah berbagai layanan baru berupa penyewaan truk dan logistik untuk memberikan solusi, manajemen transportasi kepada pelanggannya. Perseroan saat ini mempunyai kantor dan pabrik di kawasan Industri Benua Permai Lestari, Tigaraksa, Tangerang, Banten dengan luas lahan 14 ha dengan bangunan fisik 120.000 m2. Saat ini, Perseroan memproduksi karton gelombang (corrugated carton box) dan kemasan offset untuk berbagai industri di bidang makanan minuman, elektronik, telekomunikasi, sepatu dan lain sebagainya yang memerlukan kotak kemasan untuk memasarkan produk-produknya.

Sebagian besar pelanggan Perseroan berasal dari sektor consumer dan teknologi, di antaranya Unilever Group, Adidas, Indofood Group, Mayora Group, Haier-Sanyo, Nutricia Indonesia, Great Giant Pineapple, Samsung, Nestle Indonesia, Djojonegoro C-1000, Epson Indonesia, Dollar General, Ecco Indonesia, Walgreens , Jco Donut & Coffee, Samindo Electronics, Oppo, Lenovo, Smartfren dan Polytron. Kedepannya, Perseroan berencana untuk memproduksi jewelry boxes, premium gift products, dan stationery boxes. Melalui IPO, Perseroan berharap untuk dapat terus berkembang dan memperkuat bisnisnya di industri packaging Indonesia.

Sekilas tentang Perseroan

Perseroan didirikan di Kabupaten Tangerang dengan nama PT Satyamitra Kemas Lestari pada tahun 2001, dalam perjalanannya Perseroan telah melakukan penyesuaian dan pengembangan sendiri sesuai dengan pangsa pasar dan permintaan dari para pelanggan-pelanggannya.

 

Dimana Perkembangan Perseroan diikuti dengan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi produk-produk yang dihasilkan dilandasi dengan pandangan yaitu Integrated Packaging Logistics Manufacturing (IPLM); Complete Paper Packaging Solution, Reduce Your overall Logistics cost, No Logistics without Packaging, sehingga Perseroan senantiasa menjaga kualitas produk dan melahirkan berbagai inovasi, yang tujuannya untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan para pelanggan yang spesifik.

Perseroan memproduksi karton gelombang (Corrugated Carton Box) dan kemasan offset untuk berbagai industri di bidang makanan minuman, elektronik, telekomunikasi, sepatu dan lain sebagainya yang memerlukan kotak kemasan untuk memasarkan produk-produknya. Dalam melakukan proses produksi kemasan, setiap pemesanan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, baik dari sisi desain dan bahan baku yang diperlukan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.