Bicara Pariwisata, Magelang Punya Segalanya

Oleh : Ridwan | Kamis, 11 Juli 2019 - 07:15 WIB

Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar Guntur Sakti bersama Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Malang Iwan Sutiarso (Foto: Kemenpar)
Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar Guntur Sakti bersama Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Malang Iwan Sutiarso (Foto: Kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Magelang - Kabupaten Magelang dinilai mempunyai potensi pariwisata yang cukup potensial untuk dikembangkan. Pasalnya, tiga unsur pariwisata, yaitu Budaya, alam, dan buatan berada di Kabupaten yang beribukota di Mungkid ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Kumunikasi Publik Kementerian Pariwisata Guntur Sakti dalam acara "Media Gathering Forum Wartawan Pariwisata" di MesaStila Resort and Spa, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (10/7) malam.

Diakui Guntur, dirinya sudah jatuh cinta pada pandangan pertama disaat menginjakkan kakinya di Kabupaten Magelang. "Kalau ditanya pariwisata, Magelang punya segalanya, sebut saja Candi Borobudur salah satunya," kata Guntur.

Guntur berharap, tidak hanya Candi Borobudur saja yang menjadi ikon pariwisata Kabupaten Magelang, tetapi akan ada destinasi lainnya yang muncul sebagai "Next Borobudur". "Ada kurang lebih 14 candi disini, dan ratusan destinasi wisata disini. Saya yakin ini akan menjadi destinasi unggulan baru bagi Kabupaten Magelang kedepan," ungkapnya.

Memiliki luas mencapai 1,085,73 kilometer dan menjadi kota tertua kedua di Indonesia, Kabupaten Magelang kini telah memiliki 210 destinasi wisata dan 51 desa wisata. Dikelilingi akses infrastruktur yang mumpuni menjadikan Kabupaten Magelang sebagai daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso mengakui bahwa akses infrastruktur menjadi modal penting bagi pengembangan pariwisata di Magelang. "Dengan dibangunnya akses tol Bawean-Jogja yang melewati Magelang memberikan manfaat yang cukup besar buat kami. Terbukti dengan adanya akses tol, pengembangan pariwisata di Megelang semakin meningkat. Saya optimis kedepan akan lebih baik," kata Iwan.

Dijelaskan Iwan, pengembangan pariwisata di Kabupaten Magelang saat ini tengah diarahkan lebih berbasis masyarakat. "Dengan begitu kami berharap pariwisata akan membuka peluang usaha serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Magelang," paparnya.

Berdasarkan catatan Disparpora Kabupaten Magelang, tahun 2018, wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Magelang mencapai 6,3 juta orang, diantaranya 5,9 juta wisatawan domestik dan 350 ribu wisatawan mancanegara yang mayoritas dari mereka menghabiskan waktunya candi Borobudur. 

"Target kami tahun ini tembus di angka 7 juta, 6,5 juta wisatawan domstik dan 500 ribu wisatawan mancanegara," tutup Iwan.

Dengan motto “Kota Sejuta Bunga” tempat wisata di Magelang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan daerah lainnya di Jawa Tengah.

Destinasi wisata di Kota Magelang memiliki nilai sejarah yang sangat berarti, terdapat juga wisata alam yang masih sangat alami dan beberapa tempat bermain yang cukup dibanggakan.

Selain terkenal dengan destinasi Gunung Andong dan Candi Borobudur, Magelang juga mempunyai objek wisata baru yang tidak kalah cantiknya.

Tidak ingin kalah dengan Jogja, Magelang pun terus berbenah diri memperbaiki setiap potensi wisata yang telah ada, terbukti dengan perbaikan beberapa fasilitas diberbagai tempat.

Selain itu, terdapat pula destinasi terbaru yang turut meramaikan dunia Parawisata kekinian. Seperti gardu pandang yang belakangan mulai banyak dibicarakan.

Nah, bagi kamu yang ingin berkunjung ke Magelang, berikut rekomendasi tempat wisata di Magelang terbaru dan paling hits dikunjungi wisatawan:

1. Punthuk Mongkron

2. Bukit Gunung Gono

3. Gardu Pandang Silancur

4. Bukit Grenden Pakis

5. Punthuk Sukmojoyo

6. Top Selfie Pinusan Kragilan

7. Punthuk Setumbu

8. Gardu Pandang Cepogo

9. Omah Pring Magelang

10. Punthuk Kendil Magelang

11. Punthuk Mangir Magelang

12. Balkondes Wringin Putih

13. Balkondes Ngadiharjo

14. Balkondes Majaksingi

15. Ketep Pass Magelang

16. Taman Kyai Langgeng

17. Bukit Tidar Magelang

18. Kebun Bibit Senopati

19. Taman Badakan Magelang

20. Alun-alun Magelang

21. Museum Diponegoro

22. Museum BPK RI

23. OHD Museum Magelang

24. Museum Sudirman

25. Kampung Tidar Campur

26. Kolam Renang Gladiol

27. Bukit Sleker Asri

28. Gending Sukorejo

29. Bukit Barede Magelang

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…