Insentif Disiapkan Untuk Industri Mamin, Tekstil Investasi di Jawa Tengah

Oleh : Herry Barus | Rabu, 10 Juli 2019 - 11:00 WIB

Realisasi Investasi di Jawa Tengah tahun 2017
Realisasi Investasi di Jawa Tengah tahun 2017

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik keinginan pemerintah pusat untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah, dan bahkan kesiapan untuk mem-back up upaya tersebut.

Menurut Ganjar, ada 3 (tiga) sektor yang diharapkan Jateng untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat. Ketiga sektor itu adalah produk makan-minum(mamin) , tekstil dan produk tekstil, dan terakhir furniture.

“Kita mau Jawa Tengah menjadi pusat furniturenya Indonesia. Bapak Presiden sangat paham kalau soal itu. Maka dari tadi kita dorong ini,” kata Ganjar kepada wartawan usai mengikuti rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019)

Mengenai dukungan seperti apa yang diinginkan, Gubernur Jateng itu menyebut banyak. Ia menunjuk contoh misalnya kalau  bicara politik tata ruang, maka Menteri ATR/BPN langsung merespon, “Siap, Pak”.

“Kita hitung dari daya dukung lingkungan bla bla bla, dari segi administratif maka kita akan dorong. Kemarin saya juga membereskan itu, alhamdulillah bisa cepat, meskipun dengan catatan-catatan kehati-hatian kita di daerah,” ungkap Ganjar.

Ia juga menyebutKepala BKPM menyampaikan bahwa beberapa insentif ini mesti diberikan karena hari ini Jawa Tengah lagi bersaing dengan Vietnam. Jadi tidak dengan tetangga kiri kanan tapi dengan Vietnam.

Jateng, lanjut Ganjar, dinilai menarik untuk investasi, seksi sekali. Sehingga Duta Besar RI Korea misalnya, menawarkan bahwa ada beberapa investor yang mau masuk ke sini. Beberapa yang sudah masuk relatif kerasan dengan kultur, dengan kinerja masing-masing.

“Nah ini mereka melihat Jawa Tengah seksi banget untuk mereka berinvestasi. Maka insentif-insentif ini yang perlu didorong. Tadi itu responnya,” terang Ganjar seraya menambahkan investasinyamacam-macam, ada alas kaki, ada elektronik.

Gubernur Jateng seperti dilansir Humas Setkab  juga berharap ada pembangunan kawasan indutri di Brebes, yang daerahnya memiliki kemiskinan cukup tinggi dan memerlukan stimulan. Ia berharap pemerintah pusat segera memutuskan kalau investor secara nasional yang ingin berinvestasi di Jateng.

“Kami menyediakan lahan, menyediakan izin-izin. Itu kalau begitu ini diputuskan, ya, kalau bulan depan orang yang mau datang kami sudah siap untuk kerjakan,” terang Ganjar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO PATA Indonesia Chapter, Poernomo Siswoprasetijo bersama Bupati Kabupaten Dairi Eddy Keleng Ate Berutu saat menandatangani perjanjian kerja sama (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:50 WIB

Wujudkan Visi Buku Think Big Start Small Move Fast, PATA Indonesia Teken MoU Majukan Pariwisata Kabupaten Dairi

PATA Indonesia Chapter bekerjasama dengan President University menggelar acara Bedah Buku dan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PATA Indonesia Chapter dan Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera…

UniPin akan gelar eSport

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:42 WIB

UniPin Gelar Kompetisi eSport Kelas Internasional

Jakarta - UniPin menggelar kompetisi eSport kelas internasional untuk mendukung pegiat eSport yang berkomitmen tinggi dengan mendedikasikan kehidupannya menjadi atlet eSport profesional.

Rudy Ramli di BPK

Selasa, 23 Juli 2019 - 12:10 WIB

BPK Diminta Audit Investigasi Penjualan Saham Bank Permata

Jakarta - Rudy Ramli,   mendatangi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melaporkan adanya kerugiaan negara pada Kasus Bank Permata yang menelan uang negara melalui rekap bond senilai Rp 11,9…

Perayaan Tahun Baru di Monas ( Istimewa)

Selasa, 23 Juli 2019 - 12:00 WIB

Pameran Hologram Monas, Menampilkan Wajah Jakarta Dari Masa Ke Masa Melalui Instalasi Hologram

Monumen Nasional (Monas) merupakan salah satu destinasi utama Jakarta yang menampilkan sosok Jakarta sebagai kota modern pusat seni budaya. Sebagai ikon khas ibukota, Monas merupakan tempat…

Tokopedia gandeng Modalku luncurkan Modal Toko

Selasa, 23 Juli 2019 - 10:41 WIB

Tokopedia Gandeng Modalku Luncurkan Modal Toko

Tokopedia bekerja sama dengan Modalku resmi meluncurkan Modal Toko. Sebagai perkembangan dari layanan sebelumnya, yaitu Tokopedia Pinjaman Modal, Modal Toko memungkinkan penjual di Tokopedia…