15.259 Hektare Sawit di Aceh Diremajakan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 09 Juli 2019 - 14:38 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Banda Aceh- Kementerian Pertanian akan meremajakan 15.259 hektare kebun sawit rakyat yang tersebar di Provinsi Aceh pada 2019, kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh Hanan.

“Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian telah mengalokasikan dana sebesar Rp381,475 miliar untuk mereplanting 15.259 hektare kebun sawit di Provinsi Aceh pada tahun 2019,” kata Hanan di Banda Aceh, Senin.(8/7/2019)

Kabupaten yang telah mengajukan peremajaan kebun sawit, kata dia  meliputi, Aceh Tamiang, Aceh Utara, dan Nagan Raya. Pihaknya berharap, pemerintah daerah lain segera mengusulkan peremajaan kebun sawit rakyat yang tidak berproduksi lagi.

“Kuota peremajaan berpeluang ditambah dan kami telah menyurati pemerintah daerah untuk mengusulkan replanting kebun sawit rakyat yang tidak berproduksi lagi,” katanya.

Ia menjelaskan, dana peremajaan kebun sawit tersebut bersumber dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang dipungut dari hasil ekspor minyak sawit mentah dan penggunaan dana pungutan ekspor minyak sawit itu dikembalikan lagi untuk petani.

“Ya, kita berharap bupati proaktif melakukan identifikasi lahan sawit yang tidak berproduksi lagi dan mengusulkan replanting ke kita dan kita bisa mengusulkan tambahan replanting ke Ditjen Perkebunan,” ujar Hanan seperti dilansirAntara.

Lebih lanjut ia menyatakan, pada 2018 Kementerian Pertanian melalui Koperasi Produsen Mandiri Jaya Beusare di Kabupaten Aceh Barat telah mengucurkan dana sesebar Rp75 miliar untuk mereplanting 3.004 hektare kebun sawit rakyat.

“Pada tahun 2018 Aceh mendapat kuota replanting kebun sawit rakyat yang tidak produktif lagi seluar 3.004 hektare dan itu telah dilakukan replanting di Kabupaten Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Barat, dan Aceh Tamiang. Biaya replanting per hektare Rp25 juta,” ungkapnya.

Ketua Koperasi Produsen Mandiri Jaya Beusare Kabupetan Aceh Barat Zamzami yang dikonfirmasi terkait peremajaan kebun sawit rakyat tersebut mengakui pada tahap pertama tahun 2018 pihaknya telah meremajakan seluas 142 hektare kebun sawit rakyat.

"Jumlah kebun sawit rakyat yang diremajakan di Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, 142 hektare dengan jumlah petani 89 orang," sebut Zamzami.

Dan tahun ini kami telah mengusulkan peremajaan kebun sawit rakyat seluar 483 hektare dengan jumlah petani 219 orang," tambah Ketua Koperasi Produsen Mandiri Jaya Beusare.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Graduation Day MSA 2019

Jumat, 06 Desember 2019 - 12:01 WIB

Michelin Indonesia Ajak 500 Siswa Jabodetabek Tandatangani Deklarasi 10 Golden Rules di Graduation Day MSA 2019

Tahun ini, tema MSA 2019 “Inspiring Mobility” dipilih untuk mendorong terciptanya agen perubahan dan pelopor keselamatan yang dapat menginspirasi banyak orang untuk mendapatkan mobilitas…

Siti Badriah Foto MALE Indonesia

Jumat, 06 Desember 2019 - 12:00 WIB

Siti Badriah Berharap Punya Momongan

Meski karir Siti Badriah (Sibad) tengah di puncak popularitas tidak membuat pelantun tembang Lagi Syantik ini menunda momongan. "Nggak, lebih cepat lebih baik. Tapi kalau Allah belum ngasih,…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 06 Desember 2019 - 11:47 WIB

Dukung Kebutuhan Air Baku IKN, Bendungan Sepaku Semoi Mulai Dibangun Tahun 2020

Bendungan dengan kapasitas volume sekitar 11 juta m3 ini sudah cukup lama direncanakan, awalnya untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Balikpapan sebesar 2.000 liter/detik.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 06 Desember 2019 - 11:40 WIB

Kementerian PUPR Siap Resmikan Jalan Tol Balsam Seksi 2-4 Sebelum Natal 2019

Untuk mendukung pengembangan kawasan calon Ibu Kota Negara (IKN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Balikpapan – Samarinda (Balsam)…

Rizal Mantovani

Jumat, 06 Desember 2019 - 11:00 WIB

Rizal Mantovani Terpacu Menggarap Lebih Bagus

Menggarap judul film yang sudah sukses digarap sutradara lain buka perkara mudah. Hal itu yang tengah dirasakan Rizal Mantovani, ketika menggarap film Rasuk 2 produksi Dee Company dan Bluewater.…