15.259 Hektare Sawit di Aceh Diremajakan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 09 Juli 2019 - 14:38 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Banda Aceh- Kementerian Pertanian akan meremajakan 15.259 hektare kebun sawit rakyat yang tersebar di Provinsi Aceh pada 2019, kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh Hanan.

“Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian telah mengalokasikan dana sebesar Rp381,475 miliar untuk mereplanting 15.259 hektare kebun sawit di Provinsi Aceh pada tahun 2019,” kata Hanan di Banda Aceh, Senin.(8/7/2019)

Kabupaten yang telah mengajukan peremajaan kebun sawit, kata dia  meliputi, Aceh Tamiang, Aceh Utara, dan Nagan Raya. Pihaknya berharap, pemerintah daerah lain segera mengusulkan peremajaan kebun sawit rakyat yang tidak berproduksi lagi.

“Kuota peremajaan berpeluang ditambah dan kami telah menyurati pemerintah daerah untuk mengusulkan replanting kebun sawit rakyat yang tidak berproduksi lagi,” katanya.

Ia menjelaskan, dana peremajaan kebun sawit tersebut bersumber dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang dipungut dari hasil ekspor minyak sawit mentah dan penggunaan dana pungutan ekspor minyak sawit itu dikembalikan lagi untuk petani.

“Ya, kita berharap bupati proaktif melakukan identifikasi lahan sawit yang tidak berproduksi lagi dan mengusulkan replanting ke kita dan kita bisa mengusulkan tambahan replanting ke Ditjen Perkebunan,” ujar Hanan seperti dilansirAntara.

Lebih lanjut ia menyatakan, pada 2018 Kementerian Pertanian melalui Koperasi Produsen Mandiri Jaya Beusare di Kabupaten Aceh Barat telah mengucurkan dana sesebar Rp75 miliar untuk mereplanting 3.004 hektare kebun sawit rakyat.

“Pada tahun 2018 Aceh mendapat kuota replanting kebun sawit rakyat yang tidak produktif lagi seluar 3.004 hektare dan itu telah dilakukan replanting di Kabupaten Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Barat, dan Aceh Tamiang. Biaya replanting per hektare Rp25 juta,” ungkapnya.

Ketua Koperasi Produsen Mandiri Jaya Beusare Kabupetan Aceh Barat Zamzami yang dikonfirmasi terkait peremajaan kebun sawit rakyat tersebut mengakui pada tahap pertama tahun 2018 pihaknya telah meremajakan seluas 142 hektare kebun sawit rakyat.

"Jumlah kebun sawit rakyat yang diremajakan di Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, 142 hektare dengan jumlah petani 89 orang," sebut Zamzami.

Dan tahun ini kami telah mengusulkan peremajaan kebun sawit rakyat seluar 483 hektare dengan jumlah petani 219 orang," tambah Ketua Koperasi Produsen Mandiri Jaya Beusare.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…