15.259 Hektare Sawit di Aceh Diremajakan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 09 Juli 2019 - 14:38 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Banda Aceh- Kementerian Pertanian akan meremajakan 15.259 hektare kebun sawit rakyat yang tersebar di Provinsi Aceh pada 2019, kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh Hanan.

“Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian telah mengalokasikan dana sebesar Rp381,475 miliar untuk mereplanting 15.259 hektare kebun sawit di Provinsi Aceh pada tahun 2019,” kata Hanan di Banda Aceh, Senin.(8/7/2019)

Kabupaten yang telah mengajukan peremajaan kebun sawit, kata dia  meliputi, Aceh Tamiang, Aceh Utara, dan Nagan Raya. Pihaknya berharap, pemerintah daerah lain segera mengusulkan peremajaan kebun sawit rakyat yang tidak berproduksi lagi.

“Kuota peremajaan berpeluang ditambah dan kami telah menyurati pemerintah daerah untuk mengusulkan replanting kebun sawit rakyat yang tidak berproduksi lagi,” katanya.

Ia menjelaskan, dana peremajaan kebun sawit tersebut bersumber dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang dipungut dari hasil ekspor minyak sawit mentah dan penggunaan dana pungutan ekspor minyak sawit itu dikembalikan lagi untuk petani.

“Ya, kita berharap bupati proaktif melakukan identifikasi lahan sawit yang tidak berproduksi lagi dan mengusulkan replanting ke kita dan kita bisa mengusulkan tambahan replanting ke Ditjen Perkebunan,” ujar Hanan seperti dilansirAntara.

Lebih lanjut ia menyatakan, pada 2018 Kementerian Pertanian melalui Koperasi Produsen Mandiri Jaya Beusare di Kabupaten Aceh Barat telah mengucurkan dana sesebar Rp75 miliar untuk mereplanting 3.004 hektare kebun sawit rakyat.

“Pada tahun 2018 Aceh mendapat kuota replanting kebun sawit rakyat yang tidak produktif lagi seluar 3.004 hektare dan itu telah dilakukan replanting di Kabupaten Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Barat, dan Aceh Tamiang. Biaya replanting per hektare Rp25 juta,” ungkapnya.

Ketua Koperasi Produsen Mandiri Jaya Beusare Kabupetan Aceh Barat Zamzami yang dikonfirmasi terkait peremajaan kebun sawit rakyat tersebut mengakui pada tahap pertama tahun 2018 pihaknya telah meremajakan seluas 142 hektare kebun sawit rakyat.

"Jumlah kebun sawit rakyat yang diremajakan di Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, 142 hektare dengan jumlah petani 89 orang," sebut Zamzami.

Dan tahun ini kami telah mengusulkan peremajaan kebun sawit rakyat seluar 483 hektare dengan jumlah petani 219 orang," tambah Ketua Koperasi Produsen Mandiri Jaya Beusare.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

President University Menerapkan Kampus Merdeka

Minggu, 07 Juni 2020 - 12:14 WIB

Rektor Jony Haryanto Jelaskan Bagaimana President University Menerapkan Kampus Merdeka

Jony mengungkapkan bahwa konsep Kampus Merdeka telah diterapkan President University sejak lama. Target lulusan President University yang berkarya dengan pengembangan karakter, keterampilan,…

Nur Isny Kepala Kampung perbatasan Indonesia Papua Nugini

Minggu, 07 Juni 2020 - 12:14 WIB

Luar Biasa, Nur Isny Willa Istri Prajurit TNI Menjadi Kepala Kampung di Perbatasan RI-Papua Nugini

Isny Willa salah satu anggota Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII dari Kodim 1707/Merauke perlu di contoh dan menjadi inspiratif bagi anggota Persit maupun wanita…

Signify Bebas Kemasan Produk Konsumen Bebas Plastik di 2021

Minggu, 07 Juni 2020 - 12:00 WIB

Signify Bebas Kemasan Produk Konsumen Bebas Plastik di 2021

Setiap tahun, delapan juta ton plastik berakhir di lautan, membunuh satu juta burung laut dan mengancam punah kehidupan ratusan spesies laut. Polusi plastik telah menjadi salah satu masalah…

TPA Cipeucang (Foto Dok WartaKota)

Minggu, 07 Juni 2020 - 11:50 WIB

Pemkot Tangsel Harus Bertanggung Jawab Terkait Bau Sampah TPA Cipeucang

Sudah 2 minggu sejak dinding penahan sampah TPA Cipeucang ambrol dan bau sampah menyebar hingga radius 7 kilometer, tidak kata permintaan maaf dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan kepada masyarakat…

Penyerahan Bantuan Alat Kesehatan dan Dukungan Personel Tenaga Medis dari Pangkogabwilhan II Kepada Pangdam V/Brawijaya

Minggu, 07 Juni 2020 - 11:30 WIB

Pangkogabwilhan II Serahkan Bantuan Alkes dan Tenaga Medis di Jatim

Pangkogabwilhan II) Marsda TNI Imran Baidirus, S.E. menyerahkan bantuan Alat Kesehatan (Alkes) dan personel tenaga medis untuk percepatan penanganan Covid-19, kepada Pangdam V/Brawijaya Mayjen…