President University Wakili Indonesia Pada Ajang IHL di Malaysia

Oleh : Hariyanto | Jumat, 05 Juli 2019 - 16:22 WIB

President University Wakili Indonesia Pada Ajang Internasional IHL di Malaysia
President University Wakili Indonesia Pada Ajang Internasional IHL di Malaysia

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Mahasiswa President University akan wakili Indonesia dalam kompetisi internasional Role Play International Humanitarian Law (IHL) yang akan diselenggarakan oleh International Committee of Red Cross (ICRC atau Komite Internasional Palang Merah) di Malaysia.

Prestasi tersebut diraih setelah tim President University berhasil membawa pulang gelar Best Award dalam simulasi peran atau role play pada Kompetisi Debat dan Role Play IHL 2019 di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran" Jawa Timur (UPNVJT) pada tanggal 30 Juni 2019. Sebagai pemenang utama dari kategori simulasi peran, tim President University akan membawa nama Indonesia dalam kompetisi serupa di Malaysia.

Selain meraih gelar terbaik, tim President University juga meraih Jean Pictet Award dan Honorable Mention dalam kompetisi kali ini. Pada kesempatan itu, tim President University diwakili oleh I Putu Bagus Dimas Pranata (Hubungan Internasional 2018), Ni Putu Andini Siddi Pratiwi (Hubungan Internasional 2017), dan Muhammad Rendy Utomo Rachim (Hubungan Internasional 2015).

Kompetisi ini diselenggarakan oleh delegasi regional ICRC untuk Indonesia dan Timor Leste yang berkolaborasi dengan Departemen Hubungan Internasional (HI) dan Himpunan Mahasiswa HI UPNVJT. Terinspirasi dari semakin maraknya peperangan dan ketegangan yang multidimensional, kompetisi kali ini mengangkat tema “Bring Back the Confidence in the Changing Nature of Warfare".

Pada ajang tersebut, peserta tidak hanya dituntut menguasai pengetahuan hukum humanitarian internasional melalui debat, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam simulasi peran.

“Kompetisi ini sangat fun dan challenging. Semua yang berhasil dicapai adalah dari hasil kerja keras, dedikasi, dan kerja sama tim," ujar Dimas, anggota tim President University   dalam keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.CO.ID, Jumat (4/7/2019).

Selain President University, kompetisi bergengsi ini diikuti oleh 11 perguruan tinggi lainnya, yaitu Universitas Jember, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran" Jawa Timur, Universitas Katolik Maranatha (Bandung), Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), Universitas Al Azhar (Jakarta), Universitas Brawijaya (Malang), Universitas Darussalam (Gontor), Universitas Teknologi Yogyakarta, UIN Sunan Ampel (Surabaya), dan Akademi Angkatan Laut (Surabaya).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.