Reklamasi Tambang sekaligus Peringati Hari Lingkungan Sedunia, Mifa Bersaudara Tanam Ratusan Pohon di Meulaboh*

Oleh : Rahmat Herlambang | Sabtu, 29 Juni 2019 - 18:11 WIB

Kepala Teknik Tambang PT Mifa Bersaudara (Mifa) Adi Risfandi berlari sambil membawa bibit tanaman saat kegiatan Enviro Run dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilakukan pada Minggu (23/6).
Kepala Teknik Tambang PT Mifa Bersaudara (Mifa) Adi Risfandi berlari sambil membawa bibit tanaman saat kegiatan Enviro Run dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilakukan pada Minggu (23/6).
 PT ABM Investama Tbk (ABM) melalui anak usahanya yang merupakan operator tambang batubara di Meulaboh, Nanggroe Aceh Darussalam, PT Mifa Bersaudara (Mifa), membuat serangkaian aksi peduli lingkungan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni lalu. 
 
Gerakan yang digaungkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara global ini pada 2019 mengangkat tema Beat Air Pollution, yakni menihilkan polusi udara. Mifa pun menyambutnya dengan melalukan penanaman sebanyak 650 pohon di areal tambang. Penanaman pohon dan rangkaian acara lainnya dilaksanakan mulai 15 Juni lalu dan berakhir pada 29 Juni 2019 yang diikuti oleh seluruh karyawan, mitra, kontraktor, dan subkontraktor Mifa di Meulaboh, Aceh. 
 
“Kami sangat bangga menjadi bagian dunia untuk melestarikan lingkungan hidup dengan cara melakukan penanaman pohon kembali di areal tambang kami yang telah direklamasi selama dua tahun belakangan ini. Kampanye ini sebagai komitmen kami terhadap lingkungan dengan melakukan aktivitas pengelolaan lingkungan yang terkait dengan proses penambangan di Meulaboh,” ujar *Environment Superintendent Mifa Aswan Dewangga* di Meulaboh, Jumat (28/6). 
 
Aswan yang juga menjadi Ketua Panitia Rangkaian Acara Peringatan Hari Lingkungan Sedunia di kawasan Mifa mengatakan, kegiatan bagi-bagi pohon ini adalah upaya penghijauan lingkungan dengan tujuan mengurangi polusi udara. Sehingga, semboyan “Biru Langitku, Hijau Bumiku” dapat terwujud seiap waktu. 
 
Menurutnya, kegiatan ini juga untuk memberikan gambaran kepada kontraktor lokal bahwa tingkat keberhasilan reklamasi Mifa sudah cukup baik. Saat ini areal tambang yang telah direklamasi selama dua tahun telah memiliki pohon dengan tinggi sekitar 4-5 meter. “Dengan pertumbuhan pohon di areal tambang berarti meningkatkan produksi oksigen dan dapat mengurangi efek emisi gas rumah kaca,” tambah Aswan. 
 
Selain melakukan penanaman pohon, kata Aswan, rangkaian acara lainnya antara lain melakukan Enviro Run-FunBike yang telah dilakukan pada Minggu (23/6). Aswan menjelaskan, kegiatan seperti bersepeda bersama di wilayah operasi Mifa masih jarang dilakukan. Gelaran ini menjadi ajang aktualisasi sekaligus promosi dalam mengkampanyekan gaya hidup sehat ke masyarakat. Selain karyawan Mifa, menurut Aswan, kegiatan juga menggandeng semua Mitra Kerja PT. Mifa Bersaudara. Total jarak yang dilalui peserta lari kurang lebih 6 kilometer, sedangkan para pesepeda menempuh sekitar 16,5 kilometer. 
 
Uniknya dalam kegiatan bersepeda santai ini, katanya, “Para peserta yang sekitar 120 orang tersebut juga sembari membagikan bibit tanaman buah di sepanjang rute yang dilalui. Total bibit yang diserahkan ke masyarakat sebanyak 150 buah, terdiri dari jeruk, jambu, mangga, dan sebagainya.”
 
Kepala Teknik Tambang Mifa Adi Risfandi* menjelaskan, selain peduli terhadap lingkungan, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan para pekerja di lingkungan tambang. “Kami juga berharap team bonding antara karyawan, kontraktor, maupun masyarakat sekitar semakin erat sehingga berdampak positif terhadap kinerja dan prestasi mereka di pekerjaan,” jelasnya. 
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosial Media (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 05:00 WIB

Pemblokiran Data di Papua dan Papua Barat

Untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan sekitarnya, setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait, Kementerian Komunikasi dan…

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Bamsoet.com)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 04:00 WIB

Bamsoet: Semua Pihak di Papua Harus Bisa Menahan Diri

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta saudara-saudara sebangsa di Papua bisa menahan diri, begitupun dengan berbagai pihak lainnya dari mulai aparat TNI/Polri, pemerintah daerah, hingga…

Peta Nduga Papua (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 03:07 WIB

Residen Jokowi Didorong Bentuk Special Envoy untuk Papua

Penyikapan pemerintah atas menguatnya rasisme terhadap warga Papua dan aksi unjuk rasa di Papua dan Papua Barat, menggambarkan ketidakmampuan (unable) atau keengganan (unwilling) pemerintah…

Bukti Komitmen Dukung Peningkatan Kompetensi Wartawan

Kamis, 22 Agustus 2019 - 00:12 WIB

LSPR Selenggarakan Uji Kompetensi Wartawan Bali

Bali-wartawan tergabung dari 13 media massa di Bali siap menjalankan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh LSPR-Bali dan ASEAN Public Relations Network (APRN) berkolaborasi…

Pengurus Pusat dan Dewan Pengawas AJPKM

Rabu, 21 Agustus 2019 - 23:52 WIB

Peresmian Asosiasi Jurnal Pengabdian Masyarakat (AJPKM)

Jakarta-Sebanyak 15 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dari 15 perguruan tinggi di Indonesia, mendeklarasikan berdirinya Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat…