Reklamasi Tambang sekaligus Peringati Hari Lingkungan Sedunia, Mifa Bersaudara Tanam Ratusan Pohon di Meulaboh*

Oleh : Rahmat Herlambang | Sabtu, 29 Juni 2019 - 18:11 WIB

Kepala Teknik Tambang PT Mifa Bersaudara (Mifa) Adi Risfandi berlari sambil membawa bibit tanaman saat kegiatan Enviro Run dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilakukan pada Minggu (23/6).
Kepala Teknik Tambang PT Mifa Bersaudara (Mifa) Adi Risfandi berlari sambil membawa bibit tanaman saat kegiatan Enviro Run dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilakukan pada Minggu (23/6).
 PT ABM Investama Tbk (ABM) melalui anak usahanya yang merupakan operator tambang batubara di Meulaboh, Nanggroe Aceh Darussalam, PT Mifa Bersaudara (Mifa), membuat serangkaian aksi peduli lingkungan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni lalu. 
 
Gerakan yang digaungkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara global ini pada 2019 mengangkat tema Beat Air Pollution, yakni menihilkan polusi udara. Mifa pun menyambutnya dengan melalukan penanaman sebanyak 650 pohon di areal tambang. Penanaman pohon dan rangkaian acara lainnya dilaksanakan mulai 15 Juni lalu dan berakhir pada 29 Juni 2019 yang diikuti oleh seluruh karyawan, mitra, kontraktor, dan subkontraktor Mifa di Meulaboh, Aceh. 
 
“Kami sangat bangga menjadi bagian dunia untuk melestarikan lingkungan hidup dengan cara melakukan penanaman pohon kembali di areal tambang kami yang telah direklamasi selama dua tahun belakangan ini. Kampanye ini sebagai komitmen kami terhadap lingkungan dengan melakukan aktivitas pengelolaan lingkungan yang terkait dengan proses penambangan di Meulaboh,” ujar *Environment Superintendent Mifa Aswan Dewangga* di Meulaboh, Jumat (28/6). 
 
Aswan yang juga menjadi Ketua Panitia Rangkaian Acara Peringatan Hari Lingkungan Sedunia di kawasan Mifa mengatakan, kegiatan bagi-bagi pohon ini adalah upaya penghijauan lingkungan dengan tujuan mengurangi polusi udara. Sehingga, semboyan “Biru Langitku, Hijau Bumiku” dapat terwujud seiap waktu. 
 
Menurutnya, kegiatan ini juga untuk memberikan gambaran kepada kontraktor lokal bahwa tingkat keberhasilan reklamasi Mifa sudah cukup baik. Saat ini areal tambang yang telah direklamasi selama dua tahun telah memiliki pohon dengan tinggi sekitar 4-5 meter. “Dengan pertumbuhan pohon di areal tambang berarti meningkatkan produksi oksigen dan dapat mengurangi efek emisi gas rumah kaca,” tambah Aswan. 
 
Selain melakukan penanaman pohon, kata Aswan, rangkaian acara lainnya antara lain melakukan Enviro Run-FunBike yang telah dilakukan pada Minggu (23/6). Aswan menjelaskan, kegiatan seperti bersepeda bersama di wilayah operasi Mifa masih jarang dilakukan. Gelaran ini menjadi ajang aktualisasi sekaligus promosi dalam mengkampanyekan gaya hidup sehat ke masyarakat. Selain karyawan Mifa, menurut Aswan, kegiatan juga menggandeng semua Mitra Kerja PT. Mifa Bersaudara. Total jarak yang dilalui peserta lari kurang lebih 6 kilometer, sedangkan para pesepeda menempuh sekitar 16,5 kilometer. 
 
Uniknya dalam kegiatan bersepeda santai ini, katanya, “Para peserta yang sekitar 120 orang tersebut juga sembari membagikan bibit tanaman buah di sepanjang rute yang dilalui. Total bibit yang diserahkan ke masyarakat sebanyak 150 buah, terdiri dari jeruk, jambu, mangga, dan sebagainya.”
 
Kepala Teknik Tambang Mifa Adi Risfandi* menjelaskan, selain peduli terhadap lingkungan, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan para pekerja di lingkungan tambang. “Kami juga berharap team bonding antara karyawan, kontraktor, maupun masyarakat sekitar semakin erat sehingga berdampak positif terhadap kinerja dan prestasi mereka di pekerjaan,” jelasnya. 
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

karier di Telkom versi LinkedIn Top Companies 2024

Kamis, 18 April 2024 - 08:44 WIB

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn Top Companies 2024.

Founder sekaligus Ketua Yayasan Syariah Hardjuno Wiwoho (SHW) Center, Hardjuno Wiwoho

Kamis, 18 April 2024 - 08:23 WIB

DPR Didorong Sahkan RUU Perampasan Aset Jadi UU

Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan publik seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu mengundangkan RUU Perampasan…

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…