Berhasil Mencetak Pertumbuhan 27%, Bata akan Semakin Agresif

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 28 Juni 2019 - 07:56 WIB

Dewan Direksi PT Sepatu Bata Tbk (BATA) dalam Public expose BATA pada, Kamis (27/06/2019)
Dewan Direksi PT Sepatu Bata Tbk (BATA) dalam Public expose BATA pada, Kamis (27/06/2019)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Produsen sekaIigus peritel alas kaki, PT Sepatu Bata Tbk (BATA) mencatat kinerja positif hingga kuartal IV-2018. Per akhir 2018, perseroan berhasil membukukan laba sebesar Rp 67,91, miliar.

Sesuai paparan pada public expose yang digelar pada, Kamis (27/06/2019) angka tersebut tumbuh 27% ketimbang laba periode akhir tahun 2017 sebesar RP 53.65 miliar.

Hatta Tutuko, Direktur Sepatu BATA menjelaskan, peningkatan laba tersebut ditopang dan kenaikan penjualan sepatu serta terpangkasnya beban keuangan.

“Tercatat, penjualan BATA naik tipis 2% menjadi Rp 992,69 miliar dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 974, 53 mlliar,”ujarnya kepada pers di Jakarta, Kamis (27/06/2019).

Hatta Tutuko menjelaskan, di tahun 2019, Bata menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 11% dibandingkan penjualan tahun 2018. Guna mencapainya, Bata pun telah mempersiapkan sejumlah strategi bisnis dan pemasaran.

Pertama, Bata akan melakukan ekspansi dalam hal penambahan gerai sebagai upaya penyebaran produk dan lebih mendekatkan brand pada konsumen. Di semester pertama 2019, Bata telah membuka 30 toko baru. Selain membuka gerai baru, Bata juga akan merenovasi gerai gerai lama dengan menghadirkan konsep baru; Red Angela, yang lebih minimalis, namun modem, bergaya dan nyaman untuk menarik lebih banyak konsumen dan meningkatkan citra Bata sebagai merek fashion.

Setelah melakukan ekspansi dan renovasi, dibutuhkan strategi khusus untuk menarik orang ke toko. Untuk menghadapi tantangan dunia retail, Bata juga mengadaptasi strategi global yang baru diluncurkan di seluruh dunia; New Arrival Every Friday. Bata menjanjikan ketersediaan koleksi baru setiap minggunya yang sesuai dengan berbagai kebutuhan konsumen, mulai dari sandal, sepatu casual, sepatu kerja, hingga sepatu anak. Kampanye ini sudah mulai digulirkan di media sosial Bata Indonesia dan akan terus dikembangkan di kanal pemasaran lainnya.

Dari sisi produk, Batajuga terus berinovasi untuk menghadirkan koleksi terbaru yang memadukan kenyamanan dan tren terkini untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Beberapa contoh koleksi terbaru dengan teknologi khusus dapat dapat dilihat di koleksi Bata Comfitable, Bata Flexible, yang Power Mello yang dikembangkan melalui  riset khusus untuk menghasilkan  sepatu yang nyaman digunakan beraktivitas seharian namun tetap terlihat stylish.

Model-model sepatu terbaru Bata pun terus mengambil inspirasi dari tren sepatu global. Salah satunya koleksi Red Label yang baru diluncurkan tahun 2018. Koleksi ini dikembangkan bersama merek sepatu dunia, Aldo, membawa inspirasi fashion dari New York untuk kaum muda dengan gaya hidup urban yang selalu mencari tren terbaru.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah. (Foto: IST)

Rabu, 13 November 2019 - 22:21 WIB

BNI Syariah Catat Empat Kesepakatan Bisnis di Pembukaan ISEF 2019

Jakarta - BNI Syariah mencatatkan empat kesepakatan bisnis dalam acara business matching pada pembukaan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (13/11) dihadiri…

Direktur Risk Management and Compliance Mandiri Syariah Putu Rahwidhiyasa dengan Direktur Utama PT Modern Industrial Estat Pascall Wilson

Rabu, 13 November 2019 - 21:52 WIB

Bentuk Kawasan Halal, Mandiri Syariah Gandeng Modern Industrial Estat

Jakarta—PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menandatangani kerjasama Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Modern Industrial Estat, anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk. Mou…

Direktur Utama PT Modern Industrial Estat Pascall Wilson bersama Direktur Managemen Resiko & Kapatuhan Bank Syariah Mandiri Putu Rahwidhiyasa, Direktur Bisnis SME & Komersial PT Bank BNI Syariah Dhias Widhiyati, Direktur Bisnis Komersial PT Bank BRI Syariah Kokok Alun Akbar, Chief Corporate Banking Officer PT Bank Muamalat Indonesia Irvan Y. Noor, serta Managing Director Barakah Halal Hub Taiwan Nurundin N.H Ting seusai penandatanganan perjanjian kerja sama

Rabu, 13 November 2019 - 20:00 WIB

PT Modern Industrial Estat Teken MoU dengan 4 Bank Syariah dan Barakah Taiwan Halal Hub

PT Modern Industrial Estat menjalin kerja sama dengan empat Bank Syariah di Indonesia serta Barakah Taiwan Halal Hub, yang merupakan sebuah kawasan yang memproduksi produk-produk halal terbesar…

Sistem pengolahan sampah terpadu

Rabu, 13 November 2019 - 19:30 WIB

Tangani Masalah Sampah Plastik, Inaplas Dorong Pengembangan Sistem Pengolahan Sampah Terintegrasi

Sekretaris Jenderal Asosiasi Industru Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia (Inaplas) Fajar Budiono mengakui bahwa hingga saat ini, sistem pengolahan sampah di Indonesia masih bekum sempurna.

Ilustrasi industri Kosmetik (Foto ist)

Rabu, 13 November 2019 - 17:35 WIB

Serap 675 Tenaga Kerja, Pelaku Industri Kosmetik Dalam Negeri Terus Tumbuh

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan bahwa pelaku industri kosmetik dalam negeri terus bertumbuh hingga 153 perusahaan, sehingga total saat ini mencapai lebih dari 760 perusahaan.