Berhasil Mencetak Pertumbuhan 27%, Bata akan Semakin Agresif

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 28 Juni 2019 - 07:56 WIB

Dewan Direksi PT Sepatu Bata Tbk (BATA) dalam Public expose BATA pada, Kamis (27/06/2019)
Dewan Direksi PT Sepatu Bata Tbk (BATA) dalam Public expose BATA pada, Kamis (27/06/2019)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Produsen sekaIigus peritel alas kaki, PT Sepatu Bata Tbk (BATA) mencatat kinerja positif hingga kuartal IV-2018. Per akhir 2018, perseroan berhasil membukukan laba sebesar Rp 67,91, miliar.

Sesuai paparan pada public expose yang digelar pada, Kamis (27/06/2019) angka tersebut tumbuh 27% ketimbang laba periode akhir tahun 2017 sebesar RP 53.65 miliar.

Hatta Tutuko, Direktur Sepatu BATA menjelaskan, peningkatan laba tersebut ditopang dan kenaikan penjualan sepatu serta terpangkasnya beban keuangan.

“Tercatat, penjualan BATA naik tipis 2% menjadi Rp 992,69 miliar dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 974, 53 mlliar,”ujarnya kepada pers di Jakarta, Kamis (27/06/2019).

Hatta Tutuko menjelaskan, di tahun 2019, Bata menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 11% dibandingkan penjualan tahun 2018. Guna mencapainya, Bata pun telah mempersiapkan sejumlah strategi bisnis dan pemasaran.

Pertama, Bata akan melakukan ekspansi dalam hal penambahan gerai sebagai upaya penyebaran produk dan lebih mendekatkan brand pada konsumen. Di semester pertama 2019, Bata telah membuka 30 toko baru. Selain membuka gerai baru, Bata juga akan merenovasi gerai gerai lama dengan menghadirkan konsep baru; Red Angela, yang lebih minimalis, namun modem, bergaya dan nyaman untuk menarik lebih banyak konsumen dan meningkatkan citra Bata sebagai merek fashion.

Setelah melakukan ekspansi dan renovasi, dibutuhkan strategi khusus untuk menarik orang ke toko. Untuk menghadapi tantangan dunia retail, Bata juga mengadaptasi strategi global yang baru diluncurkan di seluruh dunia; New Arrival Every Friday. Bata menjanjikan ketersediaan koleksi baru setiap minggunya yang sesuai dengan berbagai kebutuhan konsumen, mulai dari sandal, sepatu casual, sepatu kerja, hingga sepatu anak. Kampanye ini sudah mulai digulirkan di media sosial Bata Indonesia dan akan terus dikembangkan di kanal pemasaran lainnya.

Dari sisi produk, Batajuga terus berinovasi untuk menghadirkan koleksi terbaru yang memadukan kenyamanan dan tren terkini untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Beberapa contoh koleksi terbaru dengan teknologi khusus dapat dapat dilihat di koleksi Bata Comfitable, Bata Flexible, yang Power Mello yang dikembangkan melalui  riset khusus untuk menghasilkan  sepatu yang nyaman digunakan beraktivitas seharian namun tetap terlihat stylish.

Model-model sepatu terbaru Bata pun terus mengambil inspirasi dari tren sepatu global. Salah satunya koleksi Red Label yang baru diluncurkan tahun 2018. Koleksi ini dikembangkan bersama merek sepatu dunia, Aldo, membawa inspirasi fashion dari New York untuk kaum muda dengan gaya hidup urban yang selalu mencari tren terbaru.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi UMKM Go Digital (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:45 WIB

Untuk Bisa Bertahan di Masa Pandemi, UMKM Harus Punya Digital Skills

Di masa pandemi ini, banyak sekali perubahan yang tanpa disadari semua orang harus mengikutinya. Namun apapun yang terjadi saat ini masyarakat harus membuka diri dan berpikiran terbuka karena…

11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:17 WIB

Ekonomi Kawasan Banten Bakal Tumbuh Pesat, 11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jakarta– PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) sebagai entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menandatangani perjanjian kredit sindikasi dan line fasilitas pembiayaan sindikasi…

Ilustrasi Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:15 WIB

Perlunya Sosilasi Tuk Cegah Meningkatnya Kasus Kekerasan Gender Berbasis Online

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 8,9 persen atau menjadi 171 juta jiwa pengguna membuat kewaspadaan terhadap ancaman kejahatan cyber semakin tinggi. Diketahui selama…

Sambal tabur BonCabe Level 50 Max End yang merupakan produk teranyar PT Kobe Boga Utama. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:11 WIB

BonCabe level 50 Max End, Maximize to The End

Jakarta - Para penggemar mie instan dan berbagai makanan gorengan tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya sambal, apalagi sambal botol alias sambal yang dikemas dalam botol dan penggunaannya…

Candi Borobudur

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:00 WIB

Ketum IMI Pastikan The FIM MXGP World Championship 2021 Digelar di Kawasan Candi Borobudur

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan Indonesia akan dua kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan internasional bergengsi…