O Floraiku Parfum Yang Terinpirasi Dari Bunga Dan Puisi Jepang Hadir Di Indonesia

Oleh : Amazon Dalimunthe | Selasa, 25 Juni 2019 - 08:33 WIB

Mia Egron (Board Director and COO Floraiku) John Molloy (Founderof Memo Intrnational), Tomomi Ando dan Wolfgang Schanenbach (Head Swiss Business Hub Indonesia atEmbassy of Switzerland)
Mia Egron (Board Director and COO Floraiku) John Molloy (Founderof Memo Intrnational), Tomomi Ando dan Wolfgang Schanenbach (Head Swiss Business Hub Indonesia atEmbassy of Switzerland)

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Industri wewangian atau parfum terus berkembang seiring sejalan dengan industri mode. Meski sudah banyak merek parfum dengan ribuan bau wangi diciptakan selalu saja ada yang ingin membuat terobosan untuk merebut pasar yang tetap terbuka terhadap inovasi baru. Hal inilah yang dilakukan John dan Clara Molloy, pendiri Memo Paris pada tahun 2017 lalu.

Pasangan ini menciptakan jenis wewangian baru yang terinspirasi dari seremoni Kebudayaan Jepang yakni bunga-bunga (Flora) dan puisi Jepang (Haiku) menjadi merek Floraiku. Keduanya dipadukan dan disebutkan sebagai parfum yang mengandung puisi dimana di dalamnya terdapat perhatian terhadap detil dan kemewahan.

Seperti halnya puisi “haiku”,  menurut John Molloy,  wewangian Floraiku memiliki komposisi yang singkat, sensual, dan menarik. Setiap eau de parfum dibedakan dari petunjuk key notes – bunga, teh, dan kayu – yang terinspirasi dari lirik puisi yang juga hanya 3 baris tersebut. Koleksi wewangian diterjemahkan juga dalam 3 seremoni: Enigmatic Flowers untuk wewangian bunga, Secret Teas and Spices untuk wewangian teh, dan Forbidden Incense, terkarakterisasi dari wewangian kayu. Setiap seremoni tersebut dibedakan dengan warna botolnya antara putih, biru laut, dan hitam.

Dalam hal kemasan setiap wewangian 50 ml diletakkan pada sebuah kotak yang terinspirasi dari kotak bento Jepang dilengkapi dengan purse spray yang di desain dengan kerumitan tinggi, yang juga dapat digunakan sebagai tutup parfum. Sebuah refill 10ml juga diberikan untuk melengkapi kotak bento tersebut.

Setiap botol parfum ada puisi haiku yang terukir pada bagian belakang botol.  Sajian puisi 3 baris singkat inilah yang menjadi pusat perhatian dari merek ini. Memberikan makna kepada Floraiku, parfum sebagai puisi.

Floraiku membuka butik pertamanya di Harrods Salon de Parfum di London, UK, bulan Juli 2017. Butik Floraiku berdesain seperti ryokan, sebuah rumah tradisional Jepang, menggunakan material meliputi sutra, jerami, dan marmer putih.  Pengenalan wewangian Floraiku terpusat pada sekitar meja emas. dimana pada tamu akan diundang untuk duduk dan mengambil bagian untuk merasakan upacara pengenalan wewangian.

Merek ini sudah memiliki lebih dari 15 ryokan dalam department stores di seluruh dunia termasuk SAKS 5th Avenue, New York; NK, Stockholm; Skins, Amsterdam; Globus, Geneva; Oberpollinger, Munich; Bloomingdale’s dan Harvey Nichols, Dubai; Harvey Nichols dan Secret Notes, Doha; SOGO (Fuxing), Taipei; Harvey Nichols dan Galeries Lafayette, Istanbul; Robinsons, Riyadh; Bloomingdale’s. Kuwait; Escentials, Singapore; dan terbaru di  Plaza Indonesia, Jakarta,  Indonesia.

Sebagai bukti bahwa Floraiku sudah mendapat pengakuan adalah dengan mendapatkan berbagai Penghargaan salah satunya memenangkan “Product of the Year 2018”  untuk kategori wewangian oleh WWD Beauty Inc Award. Juga memenangkan “Dutch Beauty Award 2019” untuk kategori Wewangian mewah oleh Experts of Beauty.  (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Singapore Airlines (SIA) Grup (Foto Ist)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 09:00 WIB

SIA-BCA Travel Fair 2019 Tawarkan Harga dan Paket Perjalanan Menarik

Singapore Airlines (SIA) bersama Bank Central Asia (BCA) kembali menyelenggarakan Singapore Airlines – BCA Travel Fair 2019 pada tanggal 23 – 25 Agustus 2019. Travel fair ini akan diselenggarakan…

Petani santri milenial

Minggu, 25 Agustus 2019 - 08:13 WIB

Dorong Kerjasama Program Santri Tani dan OPOP

Surabaya - Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), sekaligus koordinator OPOP Training Center, Mohammad…

Kepala Badan Karantina Kementan di Sumbar

Minggu, 25 Agustus 2019 - 07:43 WIB

Sumbar Ekspor Cangkang Sawit Ke Jepang

Padang -  Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) melepas 22,8 ribu ton produk turunan sawit asal Sumatera Barat. Produk turunan sawit  masing-masing minyak sawit…

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo di UGM

Minggu, 25 Agustus 2019 - 07:24 WIB

BNI Syariah Dorong Kedaulatan Pangan Melalui Ekonomi Syariah

Jogjakarta - BNI Syariah berusaha mendorong kedaulatan pangan. Salah satunya dilakukan dengan partisipasi bank di acara Seminar Nasional Hasil Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian yang diadakan…

Pigijo.com (FotoDok Industry.co.id)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 07:00 WIB

.Pigijo.com Membangun Kerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia

Pigijo.com bekerjasama dengan Ikatan Motor Indoensa (IMI) melakukan perilisan IMI Travel Planner di acara JAMBORE NASIONAL IKATAN MOTOR INDONESIA di Lombok tanggal 23 – 25 agustus 2019.