O Floraiku Parfum Yang Terinpirasi Dari Bunga Dan Puisi Jepang Hadir Di Indonesia

Oleh : Amazon Dalimunthe | Selasa, 25 Juni 2019 - 08:33 WIB

Mia Egron (Board Director and COO Floraiku) John Molloy (Founderof Memo Intrnational), Tomomi Ando dan Wolfgang Schanenbach (Head Swiss Business Hub Indonesia atEmbassy of Switzerland)
Mia Egron (Board Director and COO Floraiku) John Molloy (Founderof Memo Intrnational), Tomomi Ando dan Wolfgang Schanenbach (Head Swiss Business Hub Indonesia atEmbassy of Switzerland)

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Industri wewangian atau parfum terus berkembang seiring sejalan dengan industri mode. Meski sudah banyak merek parfum dengan ribuan bau wangi diciptakan selalu saja ada yang ingin membuat terobosan untuk merebut pasar yang tetap terbuka terhadap inovasi baru. Hal inilah yang dilakukan John dan Clara Molloy, pendiri Memo Paris pada tahun 2017 lalu.

Pasangan ini menciptakan jenis wewangian baru yang terinspirasi dari seremoni Kebudayaan Jepang yakni bunga-bunga (Flora) dan puisi Jepang (Haiku) menjadi merek Floraiku. Keduanya dipadukan dan disebutkan sebagai parfum yang mengandung puisi dimana di dalamnya terdapat perhatian terhadap detil dan kemewahan.

Seperti halnya puisi “haiku”,  menurut John Molloy,  wewangian Floraiku memiliki komposisi yang singkat, sensual, dan menarik. Setiap eau de parfum dibedakan dari petunjuk key notes – bunga, teh, dan kayu – yang terinspirasi dari lirik puisi yang juga hanya 3 baris tersebut. Koleksi wewangian diterjemahkan juga dalam 3 seremoni: Enigmatic Flowers untuk wewangian bunga, Secret Teas and Spices untuk wewangian teh, dan Forbidden Incense, terkarakterisasi dari wewangian kayu. Setiap seremoni tersebut dibedakan dengan warna botolnya antara putih, biru laut, dan hitam.

Dalam hal kemasan setiap wewangian 50 ml diletakkan pada sebuah kotak yang terinspirasi dari kotak bento Jepang dilengkapi dengan purse spray yang di desain dengan kerumitan tinggi, yang juga dapat digunakan sebagai tutup parfum. Sebuah refill 10ml juga diberikan untuk melengkapi kotak bento tersebut.

Setiap botol parfum ada puisi haiku yang terukir pada bagian belakang botol.  Sajian puisi 3 baris singkat inilah yang menjadi pusat perhatian dari merek ini. Memberikan makna kepada Floraiku, parfum sebagai puisi.

Floraiku membuka butik pertamanya di Harrods Salon de Parfum di London, UK, bulan Juli 2017. Butik Floraiku berdesain seperti ryokan, sebuah rumah tradisional Jepang, menggunakan material meliputi sutra, jerami, dan marmer putih.  Pengenalan wewangian Floraiku terpusat pada sekitar meja emas. dimana pada tamu akan diundang untuk duduk dan mengambil bagian untuk merasakan upacara pengenalan wewangian.

Merek ini sudah memiliki lebih dari 15 ryokan dalam department stores di seluruh dunia termasuk SAKS 5th Avenue, New York; NK, Stockholm; Skins, Amsterdam; Globus, Geneva; Oberpollinger, Munich; Bloomingdale’s dan Harvey Nichols, Dubai; Harvey Nichols dan Secret Notes, Doha; SOGO (Fuxing), Taipei; Harvey Nichols dan Galeries Lafayette, Istanbul; Robinsons, Riyadh; Bloomingdale’s. Kuwait; Escentials, Singapore; dan terbaru di  Plaza Indonesia, Jakarta,  Indonesia.

Sebagai bukti bahwa Floraiku sudah mendapat pengakuan adalah dengan mendapatkan berbagai Penghargaan salah satunya memenangkan “Product of the Year 2018”  untuk kategori wewangian oleh WWD Beauty Inc Award. Juga memenangkan “Dutch Beauty Award 2019” untuk kategori Wewangian mewah oleh Experts of Beauty.  (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bandara Soekarno-Hatta Siap Jadi Destinasi Wisata dan Seni Budaya Indonesia

Minggu, 19 Januari 2020 - 13:00 WIB

Bandara Soekarno-Hatta Siap Jadi Destinasi Wisata dan Seni Budaya Indonesia

Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan salah satu Pintu Gerbang Utama Indonesia dalam menyambut kedatangan wisawatan mancanegara.

K13N Band Ramaikan Industri Musik Nasional

Minggu, 19 Januari 2020 - 12:30 WIB

K13N Band Ramaikan Industri Musik Nasional

Meski industri musik Indonesia tengah mati suri, dan grup band mapan rontok. Ternyata tidak mengurang minat pemusik muda untuk meramaikannya. Salah satu nya K13N band, yang beranggotakan, Chikin…

DPP Parfia Gelar Parfi Award 2020

Minggu, 19 Januari 2020 - 12:00 WIB

DPP Parfia Gelar Parfi Award 2020

Terobosan dilakukan DPP Persatuan Artis Film (PARFI) Kuningan yang dikomandan Firman Nurjaya, Sultan Saladin dkk. Berencana akan menggelar ajang PARFI AWARDS 2020 dengan tema “Film Indonesia…

Penataan Kawasan Olahraga Kampung Harapan dan Doyo Baru

Minggu, 19 Januari 2020 - 11:55 WIB

Kementerian PUPR Lakukan Penataan Kawasan Olahraga Kampung Harapan dan Doyo Baru

Penataan dilakukan di kawasan pembangunan arena olahraga (venue) Aquatic dan ISTORA Papua Bangkit di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan arena Cricket dan Lapangan Hockey…

Pegadaian Lakukan Kolaborasi Bisnis Gandeng 34 Mitra di Bali

Minggu, 19 Januari 2020 - 10:41 WIB

Pegadaian Lakukan Kolaborasi Bisnis Gandeng 34 Mitra di Bali

PT Pegadaian (Persero) terus melakukan kolaborasi bisnis untuk memperluas pasar dan sharing ekonomi dengan menggandeng 34 mitra, baik dari sektor pemerintahan, pendidikan, BUMN, swasta, pariwisata,…