O Floraiku Parfum Yang Terinpirasi Dari Bunga Dan Puisi Jepang Hadir Di Indonesia
Oleh : Amazon Dalimunthe | Selasa, 25 Juni 2019 - 08:33 WIB

Mia Egron (Board Director and COO Floraiku) John Molloy (Founderof Memo Intrnational), Tomomi Ando dan Wolfgang Schanenbach (Head Swiss Business Hub Indonesia atEmbassy of Switzerland)
INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Industri wewangian atau parfum terus berkembang seiring sejalan dengan industri mode. Meski sudah banyak merek parfum dengan ribuan bau wangi diciptakan selalu saja ada yang ingin membuat terobosan untuk merebut pasar yang tetap terbuka terhadap inovasi baru. Hal inilah yang dilakukan John dan Clara Molloy, pendiri Memo Paris pada tahun 2017 lalu.
Pasangan ini menciptakan jenis wewangian baru yang terinspirasi dari seremoni Kebudayaan Jepang yakni bunga-bunga (Flora) dan puisi Jepang (Haiku) menjadi merek Floraiku. Keduanya dipadukan dan disebutkan sebagai parfum yang mengandung puisi dimana di dalamnya terdapat perhatian terhadap detil dan kemewahan.
Seperti halnya puisi “haiku”, menurut John Molloy, wewangian Floraiku memiliki komposisi yang singkat, sensual, dan menarik. Setiap eau de parfum dibedakan dari petunjuk key notes – bunga, teh, dan kayu – yang terinspirasi dari lirik puisi yang juga hanya 3 baris tersebut. Koleksi wewangian diterjemahkan juga dalam 3 seremoni: Enigmatic Flowers untuk wewangian bunga, Secret Teas and Spices untuk wewangian teh, dan Forbidden Incense, terkarakterisasi dari wewangian kayu. Setiap seremoni tersebut dibedakan dengan warna botolnya antara putih, biru laut, dan hitam.
Dalam hal kemasan setiap wewangian 50 ml diletakkan pada sebuah kotak yang terinspirasi dari kotak bento Jepang dilengkapi dengan purse spray yang di desain dengan kerumitan tinggi, yang juga dapat digunakan sebagai tutup parfum. Sebuah refill 10ml juga diberikan untuk melengkapi kotak bento tersebut.
Setiap botol parfum ada puisi haiku yang terukir pada bagian belakang botol. Sajian puisi 3 baris singkat inilah yang menjadi pusat perhatian dari merek ini. Memberikan makna kepada Floraiku, parfum sebagai puisi.
Floraiku membuka butik pertamanya di Harrods Salon de Parfum di London, UK, bulan Juli 2017. Butik Floraiku berdesain seperti ryokan, sebuah rumah tradisional Jepang, menggunakan material meliputi sutra, jerami, dan marmer putih. Pengenalan wewangian Floraiku terpusat pada sekitar meja emas. dimana pada tamu akan diundang untuk duduk dan mengambil bagian untuk merasakan upacara pengenalan wewangian.
Merek ini sudah memiliki lebih dari 15 ryokan dalam department stores di seluruh dunia termasuk SAKS 5th Avenue, New York; NK, Stockholm; Skins, Amsterdam; Globus, Geneva; Oberpollinger, Munich; Bloomingdale’s dan Harvey Nichols, Dubai; Harvey Nichols dan Secret Notes, Doha; SOGO (Fuxing), Taipei; Harvey Nichols dan Galeries Lafayette, Istanbul; Robinsons, Riyadh; Bloomingdale’s. Kuwait; Escentials, Singapore; dan terbaru di Plaza Indonesia, Jakarta, Indonesia.
Sebagai bukti bahwa Floraiku sudah mendapat pengakuan adalah dengan mendapatkan berbagai Penghargaan salah satunya memenangkan “Product of the Year 2018” untuk kategori wewangian oleh WWD Beauty Inc Award. Juga memenangkan “Dutch Beauty Award 2019” untuk kategori Wewangian mewah oleh Experts of Beauty. (AMZ)
Baca Juga
Wardah Luncurkan Sunscreen Teknologi Ultra ThinVeil™ di SKINVERSE…
FORWAN Hadirkan Seragam Baru Karya Nina Nugroho: Tenun Baduy Jadi…
Milku Hadir di Sekolah, Dukung Anak Indonesia Tumbuh Hebat dan Penuh…
Stanley 1913 dan Messi Luncurkan Koleksi Striker Blue, Terinspirasi…
Rayakan Hari Anak Nasional, Baby Happy Gencarkan Edukasi Cegah Ruam…
Industri Hari Ini

Kamis, 31 Juli 2025 - 18:34 WIB
Danamon Catatkan Pertumbuhan Berkelanjutan pada Paruh Pertama Tahun Buku 2025
Jakarta– PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon, BEI: BDMN), anggota MUFG, grup jasa keuangan global, pada hari ini mengumumkan kinerja keuangan dan operasionalnya pada dan untuk periode enam…

Kamis, 31 Juli 2025 - 18:07 WIB
Nissa dan Ghitsa Terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua PUFA FADA President University 2025
Salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, President University baru saja melaksanakan pemilihan ketua President University Faculty Association (PUFA) dari Fakultas Seni, Desain, dan…

Kamis, 31 Juli 2025 - 18:02 WIB
Kerasnya Revolusi Digital! Pengamat Ini Bicara Visi Indonesia Emas 2045 dan Perusahaan yang Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan Teknologi dan Perubahan Pasar
Jakarta - Di era revolusi digital, teknologi telah menjadi pendorong utama perubahan. Inovasi digital tidak hanya mempercepat efisiensi dan produktivitas, tetapi juga menciptakan solusi baru…

Kamis, 31 Juli 2025 - 17:25 WIB
Mentan Amran Lapor Presiden Prabowo Kondisi Pangan Aman
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melaporkan perkembangan sektor pertanian nasional kepada Presiden Prabowo Subianto. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Prabowo meminta update…

Kamis, 31 Juli 2025 - 17:23 WIB
Haidar Alwi: McKinsey Sudah Hitung Defisit Global, Indonesia Harus Mulai dari Tambang Rakyat
Jakarta-R. Haidar Alwi, pendiri Haidar Alwi Care dan Haidar Alwi Institute, menyampaikan bahwa Indonesia tak bisa lagi menunggu momentum dari luar negeri untuk bangkit dari ketergantungan teknologi.…
Komentar Berita