Signify Luncurkan Trulifi: Sistem LiFi Komersial Berkecepatan Tinggi Paling Andal

Oleh : Herry Barus | Jumat, 21 Juni 2019 - 14:30 WIB

 Signify Luncurkan Trulifi: Sistem LiFi Komersial Berkecepatan Tinggi (Foto DokIndustry.co.id)
Signify Luncurkan Trulifi: Sistem LiFi Komersial Berkecepatan Tinggi (Foto DokIndustry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Eindhoven, Netherlands – Kini dunia pencahayaan dan telekomunikasi menjadi satu. Signify (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan, meluncurkan rangkaian sistem LiFi baru yang mencakup sistem LiFi tercepat dan paling andal di dunia yang tersedia secara komersial.

Rangkaian yang dinamai Trulifi ini memanfaatkan luminer profesional yang telah ada maupun yang akan ada. Alih-alih menggunakan sinyal radio (seperti WiFi, 4G/5G, Bluetooth, dan lainnya), Trulifi menggunakan gelombang cahaya untuk memungkinkan komunikasi nirkabel dua arah yang sangat andal dan aman dengan kecepatan jauh di atas sebagian besar teknologi nirkabel konvensional di tempat kerja.

 Trulifi menggunakan teknologi pemancar-penerima (transceiver) nirkabel optik yang dibangun, atau dipasangkan ke luminer Philips. Ini berarti pelanggan tidak perlu melepas dan mengganti infrastruktur pencahayaan yang sudah ada untuk mendapatkan kualitas cahaya sekaligus konektivitas nirkabel yang luar biasa.

 Trulifi mengatasi peningkatan kepadatan spektrum radio dan sangat cocok untuk area di mana frekuensi radio tidak bekerja dengan baik, atau tidak ada sama sekali, atau tidak.

Rangkaian baru ini terdiri dari luminer dimampukan Trulifi yang menyediakan konektivitas nirkabel dengan kecepatan hingga 150 Mbps (Megabits per second) di ruangan besar, seperti ruang rapat dan perkantoran. Terdapat transisi yang mulus antar setiap luminer dimampukan Trulifi yang memungkinkan pengguna bebas bergerak dalam ruangan.

Kecepatan ini cukup untuk melakukan streaming 30 film dengan kualitas HDTV 1080p secara bersamaan. Kunci akses USB yang dipasang ke laptop diperlukan untuk menerima sinyal LiFi, sekaligus bertindak sebagai emitor untuk mengirim data kembali ke luminer.

Rangkaian Trulifi juga mencakup sistem titik-ke-titik (point-to-point) tetap dengan kecepatan hingga 250 Mbps, yang bertindak seperti kabel nirkabel, ideal untuk menghubungkan perangkat. Aplikasi potensial sistem ini termasuk menghubungkan robot atau mesin dalam lingkungan frekuensi radio (RF) yang sulit seperti pabrik industri atau rumah sakit, di mana komunikasi lewat frekuensi radio mungkin tidak diizinkan, atau di mana ada kebutuhan untuk mengirim dan menerima file data yang sangat besar dengan cepat dan aman.

 “Trulifi menggarisbawahi strategi kami dalam membuka potensi cahaya untuk menjawab kebutuhan pasar baru dengan pertumbuhan tinggi,” jelas Olivia Qiu, Chief Innovation Officer di Signify, dalam siaran pers yang diterima Jumat (21/6/2019)

“Melalui kehadiran global kami, dengan basis solusi terpasang serta pemahaman akan industri yang luas, kami akan membantu pelanggan yang sudah ada maupun yang baru untuk memanfaatkan infrastruktur pencahayaan mereka guna mendapatkan komunikasi nirkabel berkecepatan tinggi yang dapat diandalkan, aman, dengan harga yang sangat kompetitif. Di mana pun ada cahaya, di sana sekarang komunikasi nirkabel dapat hadir.”

 Dua pelanggan baru

Signify mengumumkan dua pelanggan baru Trulifi 

• Globalworth, investor institusi terbesar serta pemilik penyewaan kantor di Polandia dan Rumania, telah memasang 18 luminer Philips yang dilengkapi Trulifi di tiga ruang rapat di kantornya yang berada di Spektrum Tower di Warsawa, Polandia, untuk menyediakan komunikasi yang andal dan ekstra aman bagi para klien korporat mereka. 

• Claerhout Communication Campus, agen pemasaran dan komunikasi Belgia telah memasang Trulifi ke empat luminer Philips LED terkoneksi di ruang rapat besar yang digunakan oleh perusahaan dan klien mereka.

 “Kami menginginkan pencahayaan hemat energi dan konektivitas nirkabel berkualitas baik yang mampu menangani gambar beresolusi tinggi, karya seni, dan file data besar. Kami beralih dari menawarkan koneksi berkecepatan 5 Mbps ke koneksi berkecepatan 150 Mbps yang luar biasa kepada staf dan klien kami, dan kami dapat bergerak bebas dalam ruangan karena transmisi dari satu titik cahaya ke yang lain berjalan mulus. Meski terenkripsi, Trulifi menambahkan lapisan keamanan ekstra  karena cahaya tidak bisa menembus dinding - jadi apa yang ada di ruangan, tetap berada di ruangan itu. Ini benar-benar teknologi yang revolusioner,” kata Christoph Ruys, Business Development Manager di Kampus Komunikasi Claerhout.   

“Kemampuan untuk mengintegrasikan teknologi modern seperti Trulifi di gedung-gedung perkantoran dan tempat kerja merupakan sumber keunggulan kompetitif untuk menarik penyewa dan meningkatkan nilai aset. Sebagai pemilik fasilitas, kami fokus dalam menyediakan solusi terbaik untuk para klien kami. Kami juga berkewajiban untuk mengeksplorasi dan menguji teknologi terbaru di pasar. Kami senang menjadi yang pertama di Eropa Tengah dan Timur yang menerapkan teknologi Trulifi Signify, dan menetapkan standar baru untuk industri real estate,” kata Grzegorz Strutyński, Commercial Director di Globalworth.

“Signify diposisikan untuk memenuhi janji LiFi dengan penawaran harga menarik yang dapat membantu mengatasi hambatan anggaran bagi pelanggan potensial. Signify juga telah mengadopsi standar LiFi ITU G.9991, yang sejalan dengan langkah pasar menuju peningkatan standardisasi,” kata Krystal Maxwell, Analis Riset Senior, Navigant Research

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:20 WIB

Acting in Concert Picu Perubahan Pengendalian KIJA

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) berpotensi mengalami gagal bayar notes senilai USD300 juta. Karena terjadi perubahan pengendali sebagaimana dimaksud dalam perjanjian terkait dengan notes yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:05 WIB

Lampaui Rata-rata Nasional, Realisasi Anggaran Kemenperin 2018 Capai 92,28%

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mengoptimalkan alokasi anggaran bagi organisasinya dalam rangka mendorong pengembangan industri nasional.

Danau Matano, Sulawesi Selatan. (Foto: IST)

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:00 WIB

Pemerintah Siapkan 10 Danau Dipersiapkan Sebagi Destinasi Pariwisata

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merevitalisasi 10 di antara 15 danau prioritas yang dikembangkan sebagai destinasi pariwisata alam di Indonesia.

Adhi S lukman, Ketua Gabungan pengusaha makanan dan minuman indonesia ( Gapmmi )

Kamis, 18 Juli 2019 - 10:00 WIB

Industri Mamin Butuhkan Pasokan Garam Industri

- Industri makanan dan minuman sedang mengalami kekurangan pasokan garam industri, sedangkan stok saat ini untuk kebutuhan kurang dari satu bulan, kata Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman…

BCA Dukung Pelestarian Keragaman Budaya Nusantara

Kamis, 18 Juli 2019 - 09:30 WIB

BCA Dukung Pelestarian Keragaman Budaya Nusantara

Keberagaman kultur dan budaya yang tersebar di semua wilayah di Indonesia mengharuskan adanya sikap apresiasi dan saling menghormati sehingga tercipta situasi yang kondusif untuk pertumbuhan…