Volvo Trucks Hadirkan Inovasi Setir Mobil Anti Lelah

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 21 Juni 2019 - 03:46 WIB

Volvo Trucks Indonesia memberi gebrakan baru bagi dunia truk di Indonesia, Volvo memperkenalkan inovasi terbarunya yang bernama Volvo Dynamic Steering.
Volvo Trucks Indonesia memberi gebrakan baru bagi dunia truk di Indonesia, Volvo memperkenalkan inovasi terbarunya yang bernama Volvo Dynamic Steering.

INDUSTRY.co.id, Sentul, -  Volvo Trucks Indonesia memberi gebrakan baru bagi dunia truk di Indonesia. Pada demonstrasi produk di Sentul Kamis (20/6/2019). Volvo memperkenalkan inovasi terbarunya yang bernama Volvo Dynamic Steering. Dimana teknologi ini menggabungkan antara power steering hidrolik konvensional dengan motor listrik yang diatur secara elektronik.

Teknologi yang dipasang pada roda kemudi ini diyakini dapat menambah kenyamanan driver dalam mengemudi. Sistem ini bahkan dapat menghemat tenaga pengemudi hingga 85%. Kok bisa?

Ternyata, unit servo hidrolik menghasilkan tenaga yang dapat membantu pengemudi memutar lingkar kemudi truk. Motor listrik akan bekerjasama dengan power steering hidrolik yang menyesuaikan diri ribuan kali per detik. Tergantung kondisi berkendara yang diatur oleh unit kontrol elektronik.

Bahkan pada kecepatan rendah saja, kemudi sangat ringan untuk dikendalikan. Pada kecepatan tinggi, motor listrik secara otomatis mengontrol kemudi agar tidak kehilangan kontrol atau keluar dari jalur lintas.

"Rintangan dijalan pasti ada. Untuk kecepatan tinggi, sistem ini sangat membantu dalam pengendalian kemudi. Fungsi motor listrik juga secara otomatis memastikan tidak ada hambatan permukaan jalan yang mempengaruhi arah roda" ujar Jurn Terpstra, MD, Volvo Trucks Indonesia.

Jurn juga menambahkan salah satu inovasi pemenang penghargaan ini sangat mempermudah pengemudian truk-truk besar bermuatan penuh. Bahkan pada kecepatan rendah, truk bermuatan pun  akan mudah dikendalikan, cukup dengan satu jari.

Fitur baru ini sekarang tersedia di Indonesia untuk truk rigid dan prime mover  dengan poros roda depan tunggal (6x4) dan poros depan ganda (8x4), namun  untuk belum tersedia untuk truk all-wheel drive (dengan daya penggerak disemua roda).

Truk on-road dan off-road dapat dilengkapi dengan Volvo Dynamic Steering. Saat ini truck dengan Volvo Dynamic Steering pertama sudah mulai diterima oleh pelanggan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara di Kalimantan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

B4TPowerHouse

Minggu, 18 Agustus 2019 - 17:32 WIB

Mati Lampu? Balai Kemenperin Ciptakan Penyimpan Daya Listrik Portabel

Ketersediaan dan akses layanan energi listrik sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat saat ini. Pemerintah menargetkan rasio elektrifikasi di seluruh wilayah Indonesia akan menembus di angka…

Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kedua dari kiri), dan Direktur Human Capital Management Telkom Edi Witjara (paling kiri) berbelanja produk kerajinan di UKM Binaan Telkom

Minggu, 18 Agustus 2019 - 16:47 WIB

Telkom Terlibat Selenggarakan Jalan Sehat di Kaltara

Tarakan – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama Perum Jamkrindo dan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menyelenggarakan Jalan Sehat yang diikuti sebanyak tidak kurang dari…

TACO dan Senayan City Luncurkan Pameran Karya Kita

Minggu, 18 Agustus 2019 - 13:19 WIB

TACO dan Senayan City Luncurkan Pameran Karya Kita

sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bahan bangunan khususnya produk-produk interior, bekerjasama dengan Senayan City menghadirkan KARYA KITA dengan tema Mosaic of Diversity. Didukung oleh…

Daerah Irigasi Lakitan Sumsel

Minggu, 18 Agustus 2019 - 12:16 WIB

Kementerian PUPR Bangun Saluran Irigasi Primer 3,5 Km dan Sekunder 25 Km di Sumatera Selatan

Luasan DI Air Lakitan akan bertambah 2.590 hektar untuk memenuhi luas layanan 9.697 hektare.

Hunian Sementara atau Huntara

Minggu, 18 Agustus 2019 - 12:10 WIB

786 Bilik Huntara Tersisa Segera Dihuni Warga Terdampak Bencana di Palu, Sigi dan Donggala

Jakarta - Kementerian PUPR membangun hunian sementara (huntara) sebanyak 699 unit yang terdiri dari 8.388 bilik di 72 lokasi di Palu, Sigi dan Donggala. Pembangunan huntara bertujuan agar warga…