Volvo Trucks Hadirkan Inovasi Setir Mobil Anti Lelah

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 21 Juni 2019 - 03:46 WIB

Volvo Trucks Indonesia memberi gebrakan baru bagi dunia truk di Indonesia, Volvo memperkenalkan inovasi terbarunya yang bernama Volvo Dynamic Steering.
Volvo Trucks Indonesia memberi gebrakan baru bagi dunia truk di Indonesia, Volvo memperkenalkan inovasi terbarunya yang bernama Volvo Dynamic Steering.

INDUSTRY.co.id, Sentul, -  Volvo Trucks Indonesia memberi gebrakan baru bagi dunia truk di Indonesia. Pada demonstrasi produk di Sentul Kamis (20/6/2019). Volvo memperkenalkan inovasi terbarunya yang bernama Volvo Dynamic Steering. Dimana teknologi ini menggabungkan antara power steering hidrolik konvensional dengan motor listrik yang diatur secara elektronik.

Teknologi yang dipasang pada roda kemudi ini diyakini dapat menambah kenyamanan driver dalam mengemudi. Sistem ini bahkan dapat menghemat tenaga pengemudi hingga 85%. Kok bisa?

Ternyata, unit servo hidrolik menghasilkan tenaga yang dapat membantu pengemudi memutar lingkar kemudi truk. Motor listrik akan bekerjasama dengan power steering hidrolik yang menyesuaikan diri ribuan kali per detik. Tergantung kondisi berkendara yang diatur oleh unit kontrol elektronik.

Bahkan pada kecepatan rendah saja, kemudi sangat ringan untuk dikendalikan. Pada kecepatan tinggi, motor listrik secara otomatis mengontrol kemudi agar tidak kehilangan kontrol atau keluar dari jalur lintas.

"Rintangan dijalan pasti ada. Untuk kecepatan tinggi, sistem ini sangat membantu dalam pengendalian kemudi. Fungsi motor listrik juga secara otomatis memastikan tidak ada hambatan permukaan jalan yang mempengaruhi arah roda" ujar Jurn Terpstra, MD, Volvo Trucks Indonesia.

Jurn juga menambahkan salah satu inovasi pemenang penghargaan ini sangat mempermudah pengemudian truk-truk besar bermuatan penuh. Bahkan pada kecepatan rendah, truk bermuatan pun  akan mudah dikendalikan, cukup dengan satu jari.

Fitur baru ini sekarang tersedia di Indonesia untuk truk rigid dan prime mover  dengan poros roda depan tunggal (6x4) dan poros depan ganda (8x4), namun  untuk belum tersedia untuk truk all-wheel drive (dengan daya penggerak disemua roda).

Truk on-road dan off-road dapat dilengkapi dengan Volvo Dynamic Steering. Saat ini truck dengan Volvo Dynamic Steering pertama sudah mulai diterima oleh pelanggan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara di Kalimantan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jaga Kebersihan Lingkungan, Prajurit TNI dan Masyarakat Bersihkan Pasar Tiom

Senin, 09 Desember 2019 - 05:00 WIB

Jaga Kebersihan Lingkungan, Prajurit TNI dan Masyarakat Bersihkan Pasar Tiom

Dalam rangka membantu masyarakat yang berada di wilayah penugasan, sudah menjadi komitmen Prajurit Satgas bersama masyarakat setempat beraksi membersihkan pasar di Tiom, Kab. Lany Jaya, Papua,…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)

Senin, 09 Desember 2019 - 04:30 WIB

Dankomar Ikuti Jalan Sehat Keluarga di Gelora Bung Karno

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) mengikuti Jalan Sehat Keluarga di Plaza Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (8/12/2019).

Yonbekpal 1 Mar Meriahkan Pameeran Alutista TNI AL

Senin, 09 Desember 2019 - 03:30 WIB

Yonbekpal 1 Mar Meriahkan Pameeran Alutista TNI AL

Dalam rangka memperingati Hari Armada RI Tahun 2019 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), Batalyon Perbekalan dan Peralatan 1 Marinir (Yonbekpal 1 Mar) turut memeriahkan Pameran…

Satgas Yonif 411 Kostrad dan KKP Merauke Lakukan Fogging di Kampung Sota Perbatasan RI-PNG

Senin, 09 Desember 2019 - 03:00 WIB

Satgas Yonif 411 Kostrad dan KKP Merauke Lakukan Fogging di Kampung Sota Perbatasan RI-PNG

Untuk menghindari dan mencegah berkembangnya nyamuk yang dapat menyebabkan Malaria, anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa…

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto

Senin, 09 Desember 2019 - 03:00 WIB

Panglima TNI Ikuti Jalan Sehat Keluarga Indonesia 2019

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto mengikuti kegiatan Jalan Sehat Keluarga Indonesia 2019 di Plaza Parkir…