Inilah Program Kerja Ditjen IKMA Kemenperin Bawa IKM Nasional Naik Kelas

Oleh : Ridwan | Kamis, 20 Juni 2019 - 10:03 WIB

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih
Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) melakukan pembinaan terhadap para pelaku usaha dan calon wirausaha Industri Kecil dan Menengah (IKM). 

Hal ini dilakukan mengingat pentingnya peranan industri kecil dan menengah terhadap perekonomian nasional. 

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, semua program ini pada dasarnya bertujuan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan IKM di Indonesia. 

Adapun program-program tersebut di antaranya, pertama adalah penumbuhan wirausaha IKM. Di tahun 2018, Ditjen IKMA telah memberikan bimbingan teknis Wirausaha kepada lebih dari 12.500 IKM, dan telah memberikan fasilitasi legalitas Usaha kepada sekitar 5000 IKM. 

"Adapun penerima manfaat program ini diantaranya juga terdiri dari pondok pesantren, penghuni lembaga pemasyarakatan. Peserta program keluarga harapan, dan alumni pekerja migran dari BNP2TKI," kata Gati kepada Industry.co.id di Jakarta, Kamis (20/6).

Program kedua adalah penguatan sentra IKM dan UPT. Adapun fasilitasi yang dilakukan dalam program ini diantaranya adalah peningkatan kemampuan SDM, fasilitasi mesin/peralatan produksi, dan pembinaan sentra oleh TPL IKM dalam bentuk pendampingan untuk program Penguatan Sentra. 

"Sedangkan dukungan melalui Unit Pelayanan Teknis atau UPT diantaranya dilaksanakan melalui revitalisasi mesin/peralatan, dan pelatihan dan magang bagi operator UPT," ujarnya.

Program yang ketiga, yakni link and match, pada intinya bertujuan untuk menghubungkan rantai nilai pelaku IKM, baik dengan sesama anggota dalam rantai nilai, baik di rantai nilai sebelum ataupun sesudah pelaku IKM tersebut berada. 

Dengan terjalinnya hubungan di dalam rantai nilai tersebut, diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah produk pelaku IKM, yang kemudian akan memberikan dampak positif kepada usahanya.

Pada tanggal 4 April 2018, Presiden Joko Widodo meluncurkan inisiatif "Making Indonesia 4.0" yang akan mendukung sektor industri menuju penerapan revolusi industri keempat. 

Melalui penerapan revolusi industri keempat, diharapkan Indonesia dapat bergabung ke dalam sepuluh besar negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2030 dengan mengembalikan posisi Indonesia sebagai net exporter, peningkatan produktivitas industri, dan peningkatan kemampuan inovasi.

Dalam inisiatif "Making Indonesia 4.0" tersebut, kegiatan yang menjadi prioritas nasional untuk mendorong pelaku IKM adalah pemberdayaan industri kecil dan menengah (IKM) melalui teknologi, serta melaksanakan ekspor melalui pemanfaatan teknologi digital, yakni internet.

Gati berharap penetrasi penggunaan internet dapat dimanfaatkan untuk usaha-usaha produktif yang mendorong efisiensi dan perluasan akses seperti jual beli online. 

"Transformasi digital dari proses jual beli konvensional menjadi jual beli online yang semakin marak di Indonesia, tidak hanya untuk produk berupa barang bahkan jasa, menjadikan industri e-commerce menjanjikan potensi besar," tutup Gati.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.