Prudential Indonesia Luncurkan PRUWorks, Dukung Perkembangan UMKM

Oleh : Herry Barus | Rabu, 19 Juni 2019 - 16:00 WIB

Prudential Indonesia Luncurkan PRUWorks, (Foto Dok Industry.co.id)
Prudential Indonesia Luncurkan PRUWorks, (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) hari ini meluncurkan PRUWorks untuk UMKM, lini bisnis Asuransi Kumpulan yang dirancang untuk mendukung perkembangan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan mendorong potensinya terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia, Rabu (19/6/2019) mengungkapkan, “PRUWorks untuk UMKM merupakan inovasi terbaru dari Prudential Indonesia untuk asuransi karyawan yang memberikan kemudahan kepada pelaku UMKM sejak awal pengajuan polis dengan cakupan manfaat yang dapat disesuaikan berdasarkan jumlah karyawan, kebutuhan, dan anggaran keuangan UMKM. Peluncuran PRUWorks untuk UMKM ini sejalan dengan kampanye We Do yang dilakukan perusahaan dengan fokus utama pada bidang kesehatan dan teknologi. Lini bisnis asuransi karyawan terbaru ini diharapkan dapat menjadi solusi menyeluruh bagi para pelaku industri UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa.”

Pertumbuhan UMKM di Indonesia terus bertambah tiap tahun. UMKM mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar dan berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Di sisi lain, UMKM dihadapkan pada berbagai tantangan, salah satunya terkait manajemen bisnis perusahaan.

Jens menjelaskan, sebagai bentuk upaya mendengarkan dan memahami kebutuhan para pelaku UMKM, Prudential Indonesia mewujudkan solusi perlindungan asuransi untuk bagi para pemilik bisnis UMKM dan karyawannya sehingga mereka siap dalam menghadapi risiko yang tak terduga dan fokus untuk membangun bisnis.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia untuk perkembangan UMKM tahun 2017, terdapat 62,92 juta unit usaha UMKM di Indonesia dengan kontribusi mencapai Rp 7.704 triliun atau 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Pertumbuhan jumlah badan usaha UMKM di Indonesia tersebut mampu menyerap tenaga kerja lebih dari 116 juta jiwa.

Muhammad Ikhsan Ingratubun, Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) mengatakan, potensi UMKM yang luar biasa tersebut tidak terlepas dari peranan penting para karyawannya. Oleh karena itu, perlindungan terhadap tenaga kerja di sektor UMKM perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah maupun swasta termasuk pelaku UMKM, agar dapat memaksimalkan potensinya untuk terus berkembang.

“Ketatnya persaingan menuntut UMKM untuk terus berinovasi, sehingga seringkali melewatkan betapa pentingnya perlindungan bagi karyawan yang memiliki peranan penting terhadap kemajuan bisnis perusahaan. Hal inilah yang harus disadari bahwa adanya jaminan perlindungan yang diberikan perusahaan dapat menunjang kinerja para karyawan guna menopang kontribusi positif terhadap perusahaan,” ujar Ikhsan.

Prudential Indonesia percaya kehadiran PRUWorks untuk UMKM dapat menjadi nilai tambah untuk meningkatkan produktivitas para karyawan, bahkan dapat menurunkan terjadinya pergantian karyawan (turnover) di suatu usaha. Laporan Willis Tower Watson 2017/2018 Asia Pacific Benefit Trends Survey mengungkapkan bahwa strategi manfaat karyawan (employee benefit) menjadi faktor penting dan efektif dalam meningkatkan loyalitas serta minat karyawan terhadap suatu perusahaan.

Dalam survei yang dilakukan sejak April hingga Juni 2017 dengan 1.141 responden karyawan di berbagai negara, termasuk Indonesia, sebanyak 61% responden perusahaan berpendapat bahwa employee benefit membantu mempertahankan dan menarik karyawan berpotensi, sementara 53% berpendapat employee benefit dapat meningkatkatkan keterlibatan karyawan dengan perusahaan, dan 67% karyawan sangat menghargai employee benefit mereka.

Dengan Teknologi Inovatif, lindungi karyawan dengan mudah sejak awal

PRUWorks untuk UMKM menghadirkan pengalaman digital kepada pemilik usaha, HRD, maupun karyawan dalam mengakses kebutuhan asuransi kapan pun dan di mana pun melalui aplikasi seluler atau website. Proses pengajuan Asuransi Kumpulan secara elekronik ini menjadi yang pertama dari jenisnya yang pernah ditawarkan oleh perusahaan asuransi di Indonesia.

PRUWorks untuk UMKM menawarkan lima kemudahan utama berikut bagi pemilik bisnis UMKM dan karyawannya:

  • MUDAH persyaratannya: Perlindungan Asuransi Kumpulan yang komprehensif untuk Badan Usaha dengan minimal 5 karyawan
  • MUDAH memilih manfaatnya: Beragam pilihan plan dan uang pertanggungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan
  • MUDAH pengajuan polisnya: Pelayanan paperless untuk proses pengajuan polis Asuransi Kumpulan mulai dari proses pembuatan proposal, pengajuan Asuransi Kumpulan dan unggah dokumen yang persyaratkan secara elektronik melalui system PRUWorks.
  • MUDAH mendapatkan informasi dan proses kepesertaannya: Informasi Polis, manfaat dan klaim serta proses kepesertaan melalui pruworks untuk pemberi kerja dan karyawan
  • MUDAH klaimnya: Pengobatan secara cashless di lebih dari 1.000 RS dan klinik rekanan serta pengajuan klaim elektronik (eClaim Submission) melalui PRUWorks untuk karyawan

Dalam memberikan kemudahan perlindungan karyawan dengan layanan menyeluruh, PRUWorks untuk UMKM mewujudkannya melalui tiga produk:

  • PRUCorporate Life: Asuransi jiwa kumpulan yang memberikan Uang Pertanggungan Meninggal Dunia dilengkapi dengan Asuransi Tambahan yang dapat dipilih diantaranya Manfaat Cacat Total dan Tetap, Manfaat Penyakit Kritis, Manfaat Terminal Illness dan Manfaat Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan
  • PRUCorporate Personal Accident: Asuransi kecelakaan diri kumpulan yang memberikan Uang Pertanggungan Meninggal Dunia karena Kecelakaan dilengkapi dengan Asuransi Tambahan yang dapat dipilih diantaranya Manfaat Cacat Tetap Akibat Kecelakaan dan  Manfaat Penggantian Biaya Medis Akibat Kecelakaan
  • PRUCorporate Medical: Asuransi kesehatan kumpulan yang memberikan Penggantian Medis atas pengobatan Rawat Inap yang dapat dilengkapi dengan Asuransi Tambahan yang dapat dipilih diantaranya Manfaat Persalinan, Manfaat Rawat Jalan, Manfaat Perawatan Gigi dan Manfaat Kacamata

Jens menambahkan, kehadiran PRUWorks untuk UMKM makin mempertegas komitmen Prudential Indonesia untuk senantiasa berinovasi seiring pesatnya perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat yang juga terus berevolusi, terutama para pelaku UMKM di Indonesia.

“Prudential Indonesia berterima kasih karena kepercayaan yang telah diberikan kepada kami dan membuat kami menjadi perusahaan asuransi terdepan di Indonesia. Dengan kepercayaan ini terus memperkuat komitmen kami untuk selalu melakukan inovasi dan mendampingi nasabah dalam setiap tahap kehidupan,” tutup Jens.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Rabu, 18 September 2019 - 18:15 WIB

Menperin Akui Investasi Korsel Perkuat Struktur Industri Manufaktur RI

Kementerian Perindustrian aktif menarik investor Korea Selatan untuk terus menanamkan modalnya di Indonesia agar bisa memperkuat struktur sektor manufaktur di dalam negeri. Langkah ini juga…

Noesita Indriyani Ketua Panitia Pelaksana HLN ke-74.

Rabu, 18 September 2019 - 18:00 WIB

MKI Dukung Pengembangan Energi Terbarukan dan Teknologi Terkait Listrik 4.0

Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) mengadakan press conference terkait “Road to HLN”, 20 Hari Menjelang Penyelenggaranaan Acara Hari Listrik Nasional ke-74. Pelaksanaan Press Conference…

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Rabu, 18 September 2019 - 17:12 WIB

Indonesia Fintech Expo 2019 Komitmen Regulator dan Industri Fintech Terhadap Inklusi Keuangan

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia dan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) akan menyelenggarakan Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 pada tanggal 23 dan 24 September 2019 di…

Kepala BPPI Kemenperin Ngakan Timur Antara

Rabu, 18 September 2019 - 17:05 WIB

Kemenperin Tunjuk 10 Perusahaan Jadi Pilot Pendampingan Industri 4.0

Kementerian Perindustrian telah melakukan pendampingan implementasi perdana industri 4.0 kepada 10 perusahaan manufaktur nasional.

Direksi PT Kimia Farma (Persero) Tbk

Rabu, 18 September 2019 - 17:00 WIB

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Kimia Farma (Persero) Tbk

PT Kimia Farma (Persero) Tbk (Kimia Farma) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta pada Rabu, 18 September 2019. Keputusan RUSPLB menyetujui Penambahan Modal Perseroan…