Semaraknya Taman Digital Kelas Dunia ''teamLab Future Park Jakarta'

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 19 Juni 2019 - 07:23 WIB

‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’ akan dibuka untuk umum mulai 20 Juni hingga 20 Desember 2019 di Gandaria City.
‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’ akan dibuka untuk umum mulai 20 Juni hingga 20 Desember 2019 di Gandaria City.

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Pameran berkelas dunia, ‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’ resmi dibuka pada Selasa 18 Juni 2019.

Bertempat di lantai 2 Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, pameran seni interaktif terbesar di Jakarta tersebut digadang-gadang menggunakan teknologi digital yang mengusung konsep kreasi kolaborasi (co-creation).

Konsep ini akan menghadirkan pengalaman kreatif dan memungkinkan pengunjung untuk berkolaborasi dan menciptakan karya seni baru. Lima instalasi digital yang berbeda akan dihadirkan dalam pameran ini dan terdiri dari Animals of Flowers, Symbiotic Lives, Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn, Sliding through the Fruit Field, Sketch Aquarium, dan Light Ball Orchestra.

Pembukaan pameran ini dilakukan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia, Triawan Munaf, didampingi oleh CEO teamLab Kids, Akitae Matsumoto, CEO SGE Live, Mervi Sumali, dan CMO Narada Asset Management, N. Anie Puspitasari. ‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’ akan dibuka untuk umum mulai 20 Juni hingga 20 Desember 2019 di Gandaria City.

CEO SGE Live, Mervi Sumali mengatakan, “Kami sangat bangga dapat menghadirkan teamLab ke Jakarta. Pameran seni semakin menjadi primadona di Indonesia, hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang sangat tinggi di setiap event seni di tanah air. Hadirnya teamLab di Jakarta,  membuat pecinta seni tidak perlu jauh- jauh ke Tokyo ataupun Singapura untuk mengeksplorasi kreativitas tanpa batas bersama seluruh anggota keluarga melalui instalasi digital interaktif.”

Akitae Matsumoto, CEO teamLab Kids mengatakan,”Dengan teknologi digital yang digunakan oleh teamLab, beragam instalasi seni dapat berevolusi tanpa batas dan bergerak bebas, berinteraksi dengan pengunjung dan lingkungan sekitar sehingga menciptakan momen unik yang mengubah aktivitas kreatif individu menjadi aktivitas kreatif kolaboratif sehingga dapat memberikan pengalaman hubungan antar manusia yang harmonis dan kooperatif.”

Narada Asset Management sebagai Official Asset Management Partner, turut menyampaikan apresiasinya terhadap SGE Live yang telah berhasil menghadirkan ‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’. CMO Narada Asset Management, N. Anie Puspitasari mengatakan, “Narada sangat mendukung SGE Live yang selalu menghadirkan kegiatan edukatif dan seni untuk seluruh keluarga. Hal ini sejalan dengan semangat Narada sebagai life partner bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup, salah satunya kebutuhan rekreasi dimana perencanaan dan pengelolaan keuangan merupakan salah satu unsur penting dalam mewujudkan tujuan hidup.”

teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’ akan hadir di Gandaria City pada area seluas 2.000 meter persegi dan mempersembahkan 5 instalasi interaktif, yaitu :

Setidaknya ada lima instalasi digital yang berbeda akan dihadirkan dalam pameran ini dan terdiri dari Animals of Flowers, Symbiotic Lives, Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn, Sliding through the Fruit Field, Sketch Aquarium, dan Light Ball Orchestra. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Animals of Flowers, Symbiotic Lives

Pada instalasi ini, pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan bunga-bunga tumbuh dari tubuh-tubuh binatang. Bunga-bunga bertunas, mekar, menyebar, dan menghilang. Ketika manusia menyentuh binatang, bunga-bunga akan menyebar. Ketika bunga sudah tersebar, maka binatang pun akan menghilang.

2. Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn

Pengunjung akan terbenam dalam satu ekosistem berisi karya seni yang digambar oleh pengunjung itu sendiri. Makhluk hidup makan dan dimakan oleh makhluk hidup lainnya, sehingga menciptakan satu ekosistem yang berkesinambungan.

Ketika binatang yang Anda gambar memakan binatang lain, jumlahnya akan bertambah. Apabila ada binatang yang tidak makan atau dimakan oleh binatang lain, dia akan mati dan sirna. Ketika pengunjung berdiri dan diam, maka bunga akan bermekaran di kaki pengunjung.

Sebaliknya jika pengunjung berjalan, maka bunga tersebut akan ikut berpencar. Kupu-kupu akan berkumpul di tempat yang terdapat banyak bunga, dan buaya-buaya akan mati apabila terlalu sering diinjak.

3. Sliding through the Fruit Field

Ini adalah tempat meluncur di mana buah-buahan bertumbuh. Berbagai jenis buah tumbuh di permukaan miring ini. Bola-bola juga memantul ke sana kemari. Di sini Anda bertindak sebagai sinar matahari, dan meluncur menuruni lereng bukit. Ketika tubuh Anda bertabrakan dengan bola-bola, energi sinar matahari akan tertransfer ke bola-bola tersebut, sehingga mereka akan terpental ke berbagai arah. Ketika bola-bola bertabrakan dengan buah, buah akan mulai bertumbuh.

Setiap bola memiliki peran yang berbeda-beda, tergantung dari warnanya. Sebagai contoh, bola biru melambangkan air, sehingga ketika bola biru menyentuh benih, maka benih akan bertumbuh, bertunas, dan mekar. Ketika bola kuning bercorak lebah madu menyentuh bunga, maka bunga akan diserbuki dan akan berbuah. Ketika buah terkena bola, benih baru ditaburkan, dan menghadirkan kehidupan yang baru.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…