Dukung Pemerataan Pendidikan, BRI Gelar Beasiswa Indonesia Cerdas

Oleh : Wiyanto | Selasa, 18 Juni 2019 - 14:25 WIB

Siswa SD yang mendapatkan beasiswa BRI
Siswa SD yang mendapatkan beasiswa BRI

INDUSTRY.co.id

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terus menunjukkan kinerja positif dalam penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli di bidang pendidikan. Sepanjang triwulan I tahun 2019, Bank BRI telah menyalurkan bantuan CSR BRI Peduli pendidikan lebih dari Rp12 miliar kepada masyarakat. Angka ini meningkat menjadi dua kali lipat dari periode yang sama tahun lalu, yakni sebesar Rp 6.5 miliar.

Hal ini, sejalan dengan program – program pemerintah untuk melakukan pemerataan pendidikan di seluruh wilayah di Indonesia.

Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto mengungkapkan bahwa Bank BRI memang fokus dan berperan aktif dalam penyaluran dana bantuan CSR BRI Peduli di bidang pendidikan bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang kurang mampu.

Dukungan BRI terhadap dunia pendidikan merupakan langkah nyata BUMN hadir untuk Negeri dalam rangka mencerdaskan bangsa. Total penyaluran CSR BRI Peduli pada tahun 2018 sebesar Rp163 miliar yang disalurkan kepada 7 sektor, di antaranya; sektor pendidikan, sektor sarana umum, sektor bencana alam, sektor pendidikan, sektor rumah ibadah, sektor bencana alam, dan sektor pengentasan kemiskinan. Dari 7 sektor tersebut, bidang pendidikan mendapatkan porsi terbesar, yakni mencapai Rp53 miliar.

BRI Gelar Beasiswa Indonesia Cerdas

Sebagai salah satu implementasi CSR BRI Peduli Pendidikan tersebut, Bank BRI telah menggelar program Beasiswa Indonesia Cerdas yang merupakan inisiasi Bank BRI dalam mencerdaskan bangsa. Program ini merupakan bantuan pendidikan dalam bentuk paket beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa dengan jenjang pendidikan Strata 1 (S1) dan Diploma 3. Selama kurun 2018, BRI telah menggulirkan dana Beasiswa Indonesia Cerdas sebesar Rp 10 miliar untuk 2.000 mahasiswa di seluruh Indonesia. Bantuan ini diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi dari daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

“Kami akan memberikan dukungan berkelanjutan bagi mahasiswa berpresetasi di daerah 3T. Sebelumnya BRI juga telah bekerjasama dengan Kementerian BUMN dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengadakan kegiatan Beasiswa Nusantara Cerdas”, ungkap Bambang Tribaroto.

Adapun mekanisme perekrutan Beasiswa Indonesia Cerdas dilaksanakan melalui 19 kanwil BRI di seluruh Indonesia yang ditunjuk sebagai Unit Kerja Pelaksana. Masing-masing kantor wilayah akan melakukan pemilihan 80 hingga 140 mahasiswa berprestasi dengan Index Prestasi (IP) minimal 3.00 dari skala 4.00. Selanjutnya untuk mahasiswa terpilih akan diberikan bantuan pendidikan sebesar Rp5 juta selama masa pendidikan berlangsung. Program ini merupakan salah satu program CSR BRI yang berkelanjutan, akan terus hadir di tahun ini serta di tahun tahun selanjutnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil saat musnahkan komoditas Ilegal

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:55 WIB

Barantan Gandeng Polri Bidang Pengawasan dan Penegakan Hukum

Jakarta - Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian menjalin kerjasama dengan Kepolisian. Kerjasama dalam bidang pengawasan dan penegakan hukum.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:15 WIB

AMMDes Pengumpan Ambulans Jadi Pilot Project di Banten

Kementerian Perindustrian terus mendorong pemanfaatan pada Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) di seluruh daerah Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Eko S.A. Cahyanto

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:40 WIB

Bikin SDM Industri Kompetitif, Kemenperin Susun Kurikulum Hingga Usul Insentif

Kementerian Perindustrian terus memacu ketersediaan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) sektor industri. Langkah strategis yang telah dilakukan, salah satunya adalah pelaksanaan pendidikan…

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)/ASDP Ira Puspadewi

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:00 WIB

Sinergi Pengembangan Destinasi Pariwisata baru di Bakauheni, Lampung

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoerdan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)/ASDP Ira…

Dirjen Bina Konstruksi selaku Ketua Komite K2 Syarif Burhanuddin

Rabu, 17 Juli 2019 - 08:55 WIB

Ini Hasil Evaluasi Komite Keselamatan Konstruksi Atas Peristiwa Runtuhnya Formwork Pierhead Tol BORR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) dan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) telah melakukan evaluasi atas…