Musim Kemarau Berdampak Poduksi Beras Cianjur Turun

Oleh : Herry Barus | Selasa, 18 Juni 2019 - 03:51 WIB

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)
Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Cianjur- Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura Cianjur, Jawa Barat, memprediksikan terjadinya penurunan produksi beras selama musim kemarau karena 20 persen lahan pertanian padi beralih ke palawija selama kemarau.

Kepala Dinas Pertanian Cianjur, Mamad Nano saat dihubungi Minggu (16/6/2019) , mengatakan luas lahan pertanian di Cianjur mencapat 66 ribu hektar dan luas tanam mencapai 90 ribu hektar.

Namun dari luas tanam tersebut, ungkap dia, hanya 41 ribu hektar yang dialiri irigasi teknis, sedangkan 20 ribu hektar lainnya mengandalkan kondisi alam terutama musim hujan.

"Kami memperkirakan dari luas lahan yang ada 20 persennya akan beralih ditanami palawija selama musim kemarau, terutama lahan yang bukan dialiri irigasi teknis," katanya.

Rata-rata lahan yang ditanami palawija tutur dia, berada di wilayah Cianjur selatan, sehingga dikhawatirkan tingkat produksi padi selama musim kemarau menurun.

"Prediksi cuaca ekstrem yang mengakibatkan kemarau panjang akan terjadi, meskipun harapan kami tidak terjadi. BMKG menyebutkan kemarau tahun ini tetap normal, semoga sesuai dengan harapan," katanya.

Ia menilai jika kemarau tetap normal dan masih ada turun hujan, produksi pertanian di wilayah tersebut tetap aman. Bahkan pihaknya sudah merencanakan upaya optimalisasi produksi pangan untuk mengejar target produksi selama setahun.

"Upaya tersebut seperti optimalisasi penanaman selama musim hujan dan memaksimalkan lahan yang masih bisa ditanami di musim kemarau. Sehingga kekurangan produksi di kemarau dapat ditutupi dengan peningkatan produksi di musim hujan," katanya.

Terlebih tambah dia, saat ini ada penambahan luas lahan dengan program pencetakan lahan sawah baru. Target optimis produksi pangan masih tetap aman hingga akhir tahun.

"Kami mengarahkan petani untuk menanam jenis padi yang tahan terhadap kondisi kemarau yang tidak membutuhkan banyak air untuk terus tumbuh. Sehingga pola pengairan dapat disiasati," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…