HOKI Bagi Dividen 29% dari Laba Bersih 2018

Oleh : Herry Barus | Senin, 17 Juni 2019 - 15:00 WIB

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) (Foto Dok Herlambang)
PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) (Foto Dok Herlambang)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) Emiten produsen beras merek “TOPI KOKI” dan “HOKI” memutuskan untuk membagikan dividen sebesar total Rp26,16 miliar atau sekitar 29 persen dari laba bersih tahun 2018 yang tercatat sebesar Rp90,2 miliar.  Hal itu diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan untuk tahun buku 2018 yang digelar Senin (17/6/2019)

Pada RUPS Tahunan tersebut, juga disetujui Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan Tahunan Perseroan termasuk Laporan Direksi dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris untuk tahun buku 2018. RUPS juga menyetujui perubahan Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan tentang Maksud dan Tujuan serta Kegiatan Usaha Perseroan untuk disesuaikan dengan ketentuan Lampiran Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 19 Tahun 2017  tentang Perubahan atas Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 95 Tahun 2015 tentang Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI).

Budiman Susilo, Direktur Perseroan mengungkapkan, “Sebagai apreasiasi terhadap para pemegang saham, maka manajemen mengusulkan agenda pembagian dividen yang akhirnya disetujui oleh peserta rapat”.  Selain itu, kami tetap optimis bahwa prospek beras kemasan di Indonesia juga semakin baik sejalan dengan meningkatnya pendapatan per kapita masyarakat Indonesia.”

Untuk mengantisipasi hal tersebut, saat ini HOKI tengah menambah kapasitas produksi pabrik berasnya di Subang dari 30 ton per jam menjadi 50 ton per jam. Selain itu, HOKI juga mulai membangun pabrik baru di Sumatera Selatan dengan kapasitas total 40 ton per jam yang rencananya akan selesai bertahap hingga tahun 2021.  Tahap pertama ditargetkan selesai pada tahun 2020 untuk kapasitas produksi sebesar 20 ton per jam. Kemudian, tahap selanjutnya sebesar 20 ton per jam ditargetkan rampung pada akhir 2021. 

“Melalui penambahan kapasitas baru ini serta pembangunan pabrik baru di Sumatera Selatan,  kami berharap untuk mengurangi overtime di pabrik yang sudah ada serta untuk mengantisipasi pertumbuhan permintaan beras kemasan pada tahun 2019 ini dan masa mendatang,”  ungkap Sukarto Bujung, Presiden Direktur PT Buyung Poetra Sembada Tbk.

HOKI mencatat penjualan pada kuartal I-2019 sebesar Rp398,6 miliar, atau meningkat 4,7%, dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya. Perseroan juga mencatatkan peningkatan laba bruto sebesar 1,8% pada kuartal I-2019 atau mencapai Rp55,2  miliar dibandingkan laba bruto periode sebelumnya. 

Di sisi lain, meskipun terjadi sedikit penurunan laba bersih yang diraih Perseroan pada kuartal I2019 menjadi Rp25,4 miliar, namun kondisi ini bersifat sementara.  Hal ini diakibatkan oleh pergeseran masa panen raya padi dari bulan Maret ke bulan April sehingga sedikit mempengaruhi harga bahan baku hingga memasuki masa panen raya pada bulan April 2019. 

“Sesuai dengan visi perusahaan untuk membuat semua masyarakat Indonesia dapat mengkonsumsi beras berkualitas tinggi, kami akan terus meningkatkan kualitas beras yang kami hasilkan sambil tetap melakukan efisiensi agar bisa tetap mempertahankan pertumbuhan kinerja yang baik pada masa mendatang,” ungkap Sukarto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 November 2019 - 09:48 WIB

Pertanian Indonesia Menujukkan Perbaikan dan Berkualitas

Jakarta - Tata kelola pertanian Indonesia dalam beberapa tahun terakhir makin menunjukkan perbaikan. Bahkan, diprediksi sektor pertanian bakal makin meningkat kualitasnya ke depan.

Jumat, 22 November 2019 - 09:00 WIB

Empat Anak Usaha Pupuk Indonesia Boyong Prestasi dalam Ajang SNI Award 2019

Empat anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil memboyong prestasi dalam ajang SNI Award 2019. Ajang apreasiasi tersebut digelar oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) di Balai Kartini,…

U. Saefudin Noer, Direktur Utama PJT II (kiri), Ferry Andrianto, Kepala Bagian Humas Kementerian BUMN dan Dwiki Dharmawan

Jumat, 22 November 2019 - 08:41 WIB

Via Vallen Dan Zaskia Gotik Bakal Tampil Di Jatiluhur Jazz Festival 2019

Dua penyanyi dangdut papan atas, Via Vallen dan Zaskia Gotik bersama puluhan artis bakal menggoyang kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. Waduk yang memiliki nama asli Bendungan Ir.…

Industri Tekstil

Jumat, 22 November 2019 - 08:15 WIB

Pemerintah Bakal Bangun Kawasan Industri Tekstil Terintegrasi Seluas 42 Hektare di Tegal, Jawa Tengah

Pemerintah sedang menyiapkan kawasan industri tekstil di Tegal, Jawa Tengah seluas 42 hektare (ha) untuk menunjang daya saing industri tekstil nasional.

CEO PT Organik Inti Indonesia (OII), Wema Augustia Ermalasari (kanan), bersama Direktur Pemasaran OII, Wagiman (tengah); serta konsultan OII dari Pusat Penelitian Karet Indonesia, Adi Chifriadi (ketiga kanan), memberikan penjelasan mengenai produk OII yang siap bersaing dengan produk impor di arena pameran Plastics & Rubber Indonesia ke-32 di Jakarta International Expo Kemayoran (JIExpo Kemayoran), Kamis (21/11/2019).

Jumat, 22 November 2019 - 08:08 WIB

Inovasi Industri Lokal Ini Sukses Memproduksi Rubber Antioxidants Kelas Dunia

Jakarta-Industri lokal yang memproduksi bahan tambah organik untuk industri karet, PT Organik Inti Indonesia (OII), suskes melakukan inovasi dengan menghasilkan produk rubber antioxidants dan…