HOKI Bagi Dividen 29% dari Laba Bersih 2018

Oleh : Herry Barus | Senin, 17 Juni 2019 - 15:00 WIB

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) (Foto Dok Herlambang)
PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) (Foto Dok Herlambang)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) Emiten produsen beras merek “TOPI KOKI” dan “HOKI” memutuskan untuk membagikan dividen sebesar total Rp26,16 miliar atau sekitar 29 persen dari laba bersih tahun 2018 yang tercatat sebesar Rp90,2 miliar.  Hal itu diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan untuk tahun buku 2018 yang digelar Senin (17/6/2019)

Pada RUPS Tahunan tersebut, juga disetujui Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan Tahunan Perseroan termasuk Laporan Direksi dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris untuk tahun buku 2018. RUPS juga menyetujui perubahan Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan tentang Maksud dan Tujuan serta Kegiatan Usaha Perseroan untuk disesuaikan dengan ketentuan Lampiran Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 19 Tahun 2017  tentang Perubahan atas Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 95 Tahun 2015 tentang Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI).

Budiman Susilo, Direktur Perseroan mengungkapkan, “Sebagai apreasiasi terhadap para pemegang saham, maka manajemen mengusulkan agenda pembagian dividen yang akhirnya disetujui oleh peserta rapat”.  Selain itu, kami tetap optimis bahwa prospek beras kemasan di Indonesia juga semakin baik sejalan dengan meningkatnya pendapatan per kapita masyarakat Indonesia.”

Untuk mengantisipasi hal tersebut, saat ini HOKI tengah menambah kapasitas produksi pabrik berasnya di Subang dari 30 ton per jam menjadi 50 ton per jam. Selain itu, HOKI juga mulai membangun pabrik baru di Sumatera Selatan dengan kapasitas total 40 ton per jam yang rencananya akan selesai bertahap hingga tahun 2021.  Tahap pertama ditargetkan selesai pada tahun 2020 untuk kapasitas produksi sebesar 20 ton per jam. Kemudian, tahap selanjutnya sebesar 20 ton per jam ditargetkan rampung pada akhir 2021. 

“Melalui penambahan kapasitas baru ini serta pembangunan pabrik baru di Sumatera Selatan,  kami berharap untuk mengurangi overtime di pabrik yang sudah ada serta untuk mengantisipasi pertumbuhan permintaan beras kemasan pada tahun 2019 ini dan masa mendatang,”  ungkap Sukarto Bujung, Presiden Direktur PT Buyung Poetra Sembada Tbk.

HOKI mencatat penjualan pada kuartal I-2019 sebesar Rp398,6 miliar, atau meningkat 4,7%, dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya. Perseroan juga mencatatkan peningkatan laba bruto sebesar 1,8% pada kuartal I-2019 atau mencapai Rp55,2  miliar dibandingkan laba bruto periode sebelumnya. 

Di sisi lain, meskipun terjadi sedikit penurunan laba bersih yang diraih Perseroan pada kuartal I2019 menjadi Rp25,4 miliar, namun kondisi ini bersifat sementara.  Hal ini diakibatkan oleh pergeseran masa panen raya padi dari bulan Maret ke bulan April sehingga sedikit mempengaruhi harga bahan baku hingga memasuki masa panen raya pada bulan April 2019. 

“Sesuai dengan visi perusahaan untuk membuat semua masyarakat Indonesia dapat mengkonsumsi beras berkualitas tinggi, kami akan terus meningkatkan kualitas beras yang kami hasilkan sambil tetap melakukan efisiensi agar bisa tetap mempertahankan pertumbuhan kinerja yang baik pada masa mendatang,” ungkap Sukarto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO PATA Indonesia Chapter, Poernomo Siswoprasetijo bersama Bupati Kabupaten Dairi Eddy Keleng Ate Berutu saat menandatangani perjanjian kerja sama (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:50 WIB

Wujudkan Visi Buku Think Big Start Small Move Fast, PATA Indonesia Teken MoU Majukan Pariwisata Kabupaten Dairi

PATA Indonesia Chapter bekerjasama dengan President University menggelar acara Bedah Buku dan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PATA Indonesia Chapter dan Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera…

UniPin akan gelar eSport

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:42 WIB

UniPin Gelar Kompetisi eSport Kelas Internasional

Jakarta - UniPin menggelar kompetisi eSport kelas internasional untuk mendukung pegiat eSport yang berkomitmen tinggi dengan mendedikasikan kehidupannya menjadi atlet eSport profesional.

Rudy Ramli di BPK

Selasa, 23 Juli 2019 - 12:10 WIB

BPK Diminta Audit Investigasi Penjualan Saham Bank Permata

Jakarta - Rudy Ramli,   mendatangi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melaporkan adanya kerugiaan negara pada Kasus Bank Permata yang menelan uang negara melalui rekap bond senilai Rp 11,9…

Perayaan Tahun Baru di Monas ( Istimewa)

Selasa, 23 Juli 2019 - 12:00 WIB

Pameran Hologram Monas, Menampilkan Wajah Jakarta Dari Masa Ke Masa Melalui Instalasi Hologram

Monumen Nasional (Monas) merupakan salah satu destinasi utama Jakarta yang menampilkan sosok Jakarta sebagai kota modern pusat seni budaya. Sebagai ikon khas ibukota, Monas merupakan tempat…

Tokopedia gandeng Modalku luncurkan Modal Toko

Selasa, 23 Juli 2019 - 10:41 WIB

Tokopedia Gandeng Modalku Luncurkan Modal Toko

Tokopedia bekerja sama dengan Modalku resmi meluncurkan Modal Toko. Sebagai perkembangan dari layanan sebelumnya, yaitu Tokopedia Pinjaman Modal, Modal Toko memungkinkan penjual di Tokopedia…