KNKS Makin Aktif Dorong Tercapainya Kawasan Industri Halal

Oleh : Ridwan | Sabtu, 15 Juni 2019 - 15:01 WIB

Kawasan Industri Halal (Ist)
Kawasan Industri Halal (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) aktif mendorong tercapainya kawasan industri halal yang dicanangkan Kementerian Perindustrian. 

Direktur Pengembangan Keuangan Syariah dan Industri Halal, Afdhal Aliasar mengatakan KNKS memiliki peran untuk aktif membersamai selama proses pembangunannya. Mulai dari pemetaan, penyusunan strategi, melibatkan sejumlah instansi terkait, hingga eksekusinya. 

Afdhal mengatakan ide kawasan industri halal ini telah ada bahkan sebelum KNKS aktif. Dalam rencananya diharapkan kawasan industri halal bisa rampung dalam lima tahun ke depan.

"Kami terus berkomunikasi, kedepannya akan lebih intensif untuk realisasi rencana," kata Afdhal di Jakarta, kemarin.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, ada empat kawasan industri halal yang akan dikembangkan dalam waktu dekat diantaranya Batamindo Industrial Estate, Bintan Industrial Park, Jakarta Industrial Estate Pulogadung, dan Modern Cikande Industrial Estate. Wilayah ini telah menjadi kawasan industri matang yang selanjutnya dapat ekspansi ke sektor halal.

Afdhal menjelaskan, KNKS juga berkomitmen menjadi katalisator agar proyek berjalan sesuai dengan target. Menurutnya, rencana ini sudah ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) untuk lima tahun kedepan. 

Ia berharap minimal dua kawasan industri halal bisa rampung dalam jangka waktu tersebut.

KNKS memiliki gambaran besarnya dalam Strategi Nasional Pengembangan Industri Halal. Kawasan ini diharap bisa menjadi sistem terintegrasi yang juga menjadi pusat halal mulai dari produsen hingga penyalur.

"Kami ingin kawasan itu betul-betul menjadi kawasan yang terintegrasi, semua instansi terkait halal ada di sana, misal Lembaga Penjamin Halal, lembaga keuangan untuk pembiayaannya, hingga logistik," katanya.

Kawasan ini diharap tidak hanya berkepentingan sebagai produsen tapi juga penghubung untuk produk halal global. Produk halal lokal dapat didistribusikan untuk keperluan ekspor maupun domestik. Produk global pun bisa masuk ke kawasan halal Indonesia untuk kemudian didistribusikan ke negara lain.

Afdhal menambahkan yang paling penting adalah kawasan industri halal ini harus memiliki daya tarik bagi pelaku usaha. Pemerintah akan menyusun strategi agar kawasan memiliki kelebihan sehingga pelaku industri ikut meramaikan terobosan tersebut, misal dengan menyediakan insentif atau kemudahan-kemudahan lain.

"Kami akan banyak belajar dari pengalaman-pengalaman negara lain yang telah lebih dulu, seperti Malaysia, kita akan pelajari bagaimana agar menyukseskannya," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Operasi Udara Maritim Bakamla RI Pantau Perairan Indonesia Tengah

Jumat, 06 Desember 2019 - 03:30 WIB

Operasi Udara Maritim Bakamla RI Pantau Perairan Indonesia Tengah

Bakamla RI/Indonesian Coast Guard yang memliki peran sebagai penjaga laut nusantara kembali melaksanakan patroli udara dalam Operasi Udara Maritim di wilayah Indonesia Tengah, Tarakan, Kalimantan…

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M. Tr

Jumat, 06 Desember 2019 - 03:00 WIB

Dankomar Menghadiri Hari Armada 2019

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) beserta Ibu Etta Suhartono menghadiri Upacara Peringatan Hari Armada RI tahun 2019 di Dermaga Koarmada II, Ujung, Surabaya.…

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P

Jumat, 06 Desember 2019 - 02:50 WIB

Panglima TNI Tingkatkan Semangat Juang Timnas Karate Indonesia SEA Games 2019

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P selaku Ketua Umum PB FORKI menekankan kepada para atlit karateka bahwa karateka-karateka Indonesia sangat siap dan memiliki semangat…

Dirut RRI, Sandiaga Uno dan Bram Suryo Putro Founder And CEO Theiconomics

Kamis, 05 Desember 2019 - 23:55 WIB

Penetrasi Jasa Keuangan Dongkrak Kesadaran Milenial

Jakarta - Milenial di era kini didorong untuk melek keuangan sehingga bisa melirik penempatan dana atau transaksi keuangan di perusahaan jasa keuangan. Diperkirakan dari jumlah penduduk Indonesia,…

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life meluncurkan WanaArtha DPLK sebagai solusi untuk merencanakan hari tua bagi peserta individu maupun perusahaan kepada karyawannya.

Kamis, 05 Desember 2019 - 22:09 WIB

WanaArtha Life Luncurkan WanaArtha DPLK Sebagai Solusi Perencanaan Hari Tua Bagi Individu dan Perusahaan

Jakarta-PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life meluncurkan WanaArtha DPLK sebagai solusi untuk merencanakan hari tua bagi peserta individu maupun…