Kepala BMKG Terpilih Sebagai Anggota Dewan Eksekutif WMO

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 15 Juni 2019 - 14:00 WIB

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Foto Dok Industry.co.id)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D.  terpilih menjadi  salah satu dari 37 anggota Dewan Eksekutif WMO 2019 - 2023 mewakili RA V (Pasifik Barat Daya) bersama Australia dan Singapura pada Kongres Meteorologi Dunia ke-18 yang dilaksanakan di Jenewa, Swiss, pada tanggal 3-14 Juni 2019 dan dihadiri oleh 149 negara.

Dwikorita memberikan ucapan terimakasih atas dukungan Kementerian Luar Negeri RI yang telah melakukan kampanye pencalonan dirinya dalam beberapa bulan terkahir dengan dukungan penuh Wakil Tetap RI di Jenewa/Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk PBB di Jenewa (PTRI Jenewa) dan seluruh perwakilan RI di luar negeri.

Terpilihnya kembali Indonesia pada pemilihan Dewan Eksekutif (DE) WMO yg dilaksanakan setiap 4 tahun sekali tersebut, menandai 12 tahun secara berkelanjutan, Indonesia menduduki posisi Anggota Dewan Eksekutif WMO.

Peran utama DE adalah menetapkan kebijakan-kebijakan serta program-program strategis WMO untuk 4 tahun mendatang (2019 - 2023).

Sebelum terpilih, Kepala BMKG mendapat kepercayaan sebagai keynote speaker bersama jajaran tokoh dunia di bidang Meteorologi, Hidrologi dan Oceanografi, yg disampaikan dalam Special Session on Our Ocean, dalam rangka memperingati United Nation Year of Ocean Decade.

Dwikorita menekankan bahwa untuk mewujudkan keselamatan dan keberlanjutan dalam pemanfaatan dan pembangunan layanan operasional maritim, sangat diperlukan data meteorologi, oceanografi, volkanologi dan tektonik, yang terintegrasi dalam suatu sistem yang handal, mudah diakses dan didukung oleh jaringan komunikasi yang tangguh (jaringan komunikasi yang tidak akan lumpuh dalam situasi darurat).

“Untuk itu, perlu dilakukan observasi yang terstandard secara digital dan otomatis real time, dengan peralatan yg rutin terpelihara dan terkalibrasi, dan dilakukan sertifikasi bagi para pengolah data/analis/forecaster/modeler, untuk merekam/memantau  multi-data tersebut di atas,” lanjut Dwikorita.

Dwikorita menjelaskan jika hal itulah yang sering menjadi kendala/tantangan bagi negara-negara berkembang dalam mewujudkannya, karena berbagai keterbatasan baik keterbatasan teknologi, sumber daya manusia dan dana.

“Mengingat penting dan mendesaknya kebutuhan data terstandard dan berkualitas dengan sistem yang handal  maka diperlukan adanya partnership atau kerja sama dengan berbagai pihak antar negara ataupun dengan pihak swasta melalui "public-private engagement" seperti yang saat ini sedang disiapkan oleh Indonesia,” ujarnya.

"One Observation Policy" lanjut Dwikorita pun sangat diperlukan yang akan diatur secara nasional di masing-masing negara, untuk menjaga sinergi dan  sinkronisasi dalam integrasi data antar lembaga.

Dwikorita menekankan perlunya untuk menguatkan keterlibatan masyarakat  dengan menerapkan kearifan dan pengetahuan lokal yang relevan untuk mendukung ketangguhan mereka di kawasan pantai yang rawan bencana.

“ BMKG atas nama Indonesia pun telah menerima Certificate of Appreciation yang ditandatangani Presiden WMO, David Grimes, karena keberhasilan dan perannya dalam merealisasikan pilot project pembangunan sistem peringatan dini banjir rob di Indonesia pada Indonesia Coastal Inundation Forecasting System (Ina-CIFS) yang baru saja diluncurkan pada Bulan April tahun 2019 ini,” ungkasnya.

Produk domestik Indonesia yang lain, juga telah menjadi bahan percontohan, sebut Dwikorita seperti Sistem Cataloguing Extreme Events dan perangkat lunak otomatisasi digitasi pias.

Dua produk terakhir hasil dari Pusat Penelitian dan Pengembangan ini, lanjut Dwikorita membuka peluang kerja sama bilateral dengan beberapa negara di Afrika dan Amerika Selatan,

"Melalui produk tersebut, BMKG telah diminta untuk memberikan pelatihan atas nama WMO di Regional Association lainnya, khususnya di negara-negara Chili, Afrika Selatan dan Mozambique,"ujar Dwikorita

Lebih lanjut, Ia menjelaska  dalam pertemuan tersebut, Indonesia juga telah secara aktif menyuarakan isu dan peran gender melalui keterlibatan aktif Kepala BMKG pada pertemuan Gender Working Breakfast sebagai salah satu pembicara kunci serta melalui Kiprah Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan, Nelly Florida Riama, dalam merealisasikan program-program WMO, yang dibuat dalam bentuk clip video yang menjadi bahan tayang berkelanjutan.

Melalui prestasi inilah, ungkap Dwikorita Indonesia diberikan kepercayaan WMO kepada Pemerintah Indonesia, yang dalam hal ini diwakili oleh BMKG, untuk membantu WMO terutama dalam melaksanakan program-program peningkatan kapasitas negara-negara Anggota, terutama di wilayah RA V (Pasifik Barat Daya), diantaranya pengembangan kapasitas di bidang prediksi cuaca numerik dan sekolah lapang iklim untuk petani dan nelayan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…