HIMPUNI Siap Menjadi Mitra Strategis Pemerintah

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 15 Juni 2019 - 08:05 WIB

Himpuni meminta pemerintah fokus meningkatkan keterampilan SDM untuk menghadapi revolusi industri 4.0
Himpuni meminta pemerintah fokus meningkatkan keterampilan SDM untuk menghadapi revolusi industri 4.0

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (HIMPUNI) siap menjadi mitra strategis pemerintah dan masyarakat dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

 Koordinator Presidium III HIMPUNI Maryono mengatakan SDM merupakan unsur penting yang akan berperan bagi masa depan Bangsa Indonesia. Apalagi, lanjutnya, Indonesia merupakan negeri yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA).

Menurut Maryono, selain untuk pengelolaan SDA, peningkatan keterampilan SDM juga perlu dilakukan untuk agar negara ini mampu berkompetisi dengan entitas negara lainnya dalam skala global. “Oleh karena itu, HIMPUNI meminta pemerintah fokus dalam tindak lanjut rencana peningkatan keterampilan SDM. Kami pun siap menjadi mitra pemerintah sehingga SDM Indonesia mampu menjawab tantangan dan kebutuhan di era revolusi industri 4.0,” jelas Maryono dalam Konferensi Pers HIMPUNI di Jakarta, Jumat (14/6).

 Di sisi lain, HIMPUNI juga mengapresiasi seluruh komponen masyarakat yang telah terlibat dalam pelaksanaan Pemilihan Umum pada 17 April lalu. HIMPUNI berharap agar seluruh entitas di negeri ini dapat bersatu padu untuk menciptakan kondisi yang stabil di berbagai bidang di seluruh Indonesia.

 “Kami berharap segenap komponen bangsa segera melakukan konsolidasi dan menciptakan kondisi yang kondusif,” tutur Maryono.

 Maryono yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) ini menyatakan HIMPUNI akan mendukung pemerintahan baru dari hasil pemilu lalu. “Kami berharap pemerintahan yang akan datang dapat lebih meningkatkan pengelolaan pemerintahan yang lebih efektif, efisien, manusiawi, dan kinerja yang lebih meningkat.”

 Sementara itu, Maryono juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada dua presidium sebelumnya yang telah menghasilkan kinerja optimal. Kinerja tersebut, tambah Maryono, ditunjukkan tidak hanya di sisi internal organisasi, tapi juga di sisi eksternal. “Kami berharap presidium kami saat ini akan mampu melanjutkan dan meningkatkan kinerja yang telah dibangun oleh presidium sebelumnya,” tutup Maryono.

Adapun, hingga saat ini sebanyak 39 organisasi alumni Perguruan Tinggi Negeri telah bergabung menjadi anggota HIMPUNI. Dari hasil Munas HIMPUNI, ditetapkan ada 3 Presidium dengan masa kerja masing-masing selama satu tahun.

 Presidium III HIMPUNI saat ini dipimpin oleh IKA UNDIP, dengan wakitl koordinator adalah IKA UNRAM, IKA UNJ, ILUNI UNP, IKA ITS, IKA UNS, IKA UB, DAN IA UPNVI. Kemudian, Presidium I dengan masa kerja mulai April 2017 hingga Maret 2018 diketuai IA ITB dengan wakil koordinator KA UNSOED, IKA UNHAS, IKA UNSRI, IKA UNPAD, IKA UNAND, HA IPB, KAUJE, dan IKA UNM. Masa kerja berikutnya yakni mulai April 2018 hingga Maret 2019 yakni Presidium II HIMPUNI yang diketuai KAGAMA dengan wakil koordinator yakni ILUNI UI, IKA UA, IKA USU, IKA UNSRAT, IKA UNIMED, IKAL UNIB, IKAYANA, dan IKA UPI

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemprov Jabar kerjasama dengan Telkom University dan Cisco

Selasa, 02 Juni 2020 - 21:26 WIB

Pemprov jabar Gandeng Telkom University dan Cisco Wujudkan Kota Cerdas di Tengah Pandemi

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Telkom University, dan Cisco setuju untuk berkolaborasi dalam inisiatif Kota Cerdas, yang salah satunya mendukung Ketahanan Pelayan Publik dalam menghadapi COVID-19…

Aktifitas bongkar muat pelabuhan

Selasa, 02 Juni 2020 - 20:19 WIB

PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) Berhasil Cetak Pendapatan Rp3,5 triliun Periode Januari-April 2020

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC membukukan pendapatan sebesar Rp. 3,5 triliun selama periode Januari-April 2020. Dengan capaian ini, IPC masih optimistis pendapatan usaha perseroan…

Rapat pleno Pengurus PWI Pusat

Selasa, 02 Juni 2020 - 20:13 WIB

PWI Pusat Dorong Dewan Pers Proses Secara Hukum Pembuat Sertifikat UKW Palsu

Perbuatan pemalsuan sertifikat UKW tersebut merupakan tindak pidana. Hal ini tidak boleh didiamkan.

Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 02 Juni 2020 - 18:30 WIB

Industri Keramik Kalang Kabut Harga Gas Tak Kunjung Turun, Asaki Beri Ultimatum PGN Hingga Menkeu

Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) mendesak PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) sebagai suplier utama gas untuk industri agar segera bisa menyesuaikan sesuai Keputusan Menteri (Kepmen)…

Petani sedang garap sawah menggunakan traktor

Selasa, 02 Juni 2020 - 18:28 WIB

BPS: Ekspor Pertanian Tumbuh 12,66 Persen

Di tengah melemahnya ekonomi nasional akibat wabah pandemi virus corona, ekspor pertanian tetap memperlihatkan kinerja yang baik. Tercatat, ekspor pertanian April 2020 sebesar US$ 0,28 miliar…