Delapan Pati Polri Ikut Ramaikan Bursa Calon Pimpinan KPK

Oleh : Herry Barus | Jumat, 14 Juni 2019 - 09:30 WIB

Tito Karnavian, Kapolri (Foto Dok Industry.co.id)
Tito Karnavian, Kapolri (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian menyebut sejauh ini terdapat delapan perwira tinggi aktif yang berminat mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023.

"Sudah ada beberapa nama yang menyampaikan keinginannya untuk maju di Asisten SDM, ada delapan, masih terbuka kesempatan, karena pembukaannya tanggal 17-4 Juli, masih ada waktu," tutur Tito Karnavian usai menerima Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Kamis (13/6/2019)

Dalam kesempatan yang masih terbuka, ia pun mendorong perwira tinggi aktif lainnya untuk turut mendaftarkan diri sebagai capim KPK.

Namun, Kapolri mengingatkan para perwira tinggi untuk mengecek sendiri rekam jejaknya sebelum mendaftar serta menyiapkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

"Ini menentukan, di samping tentunya kompetensi-kompetensi pengalaman di reserse, pernah menangani kasus korupsi lebih bagus. Tentu ada tes yang lain ya, kesiapan tes kesehatan, baik fisik mau pun psikis," tutur Tito Karnavian seperti dilansir Antara.

Ia berharap terdapat perwakilan dari Polri yang terpilih untuk mempermudah sinergi dengan kepolisian karena Polri juga memiliki jaringan nasional dan elemen-elemen penanganan pemberantasan korupsi.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK periode 2019-2023 Yenti Ganarsih mengatakan pertemuannya dengan Kapolri untuk mengundang capim dari polisi untuk mendaftar.

"Saya sampaikan bahwa di dalam undang-undang itu jelas disampaikan bahwa komisioner KPK terdiri dari unsur pemerintah dan unsur masyarakat," kata Yenti.

Ia meminta masukan langsung dari Kapolri sekaligus untuk mengetahui hubungan antarlembaga penegak hukum terhadap penanganan tindak pidana korupsi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Maritim Kunjungi KEK Sorong

Jumat, 28 Februari 2020 - 16:06 WIB

Siapkan Dana Rp750 Miliar, Pelindo IV Siap Kembangkan Pelabuhan Sorong dan Pelabuhan Arar di Papua Barat

Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) siap mengembangkan Pelabuhan Sorong dan Pelabuhan Arar di Papua Barat yang akan terintegrasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong.

Uji Coba Penertiban Parkir di Pelabuhan

Jumat, 28 Februari 2020 - 16:00 WIB

Pelindo IV Cabang Makassar Lakukan Uji Coba Penertiban Parkir di Pelabuhan

Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Makassar melakukan uji coba penertiban parkir kendaraan roda empat dan roda dua di area Pelabuhan Makassar selama satu minggu, mulai Kamis…

Cantik dan Cerah dalam 15 Menit

Jumat, 28 Februari 2020 - 16:00 WIB

Cantik dan Cerah dalam 15 Menit

L’Oréal Paris sebagai produk perawatan wajah nomor satu di dunia1 menghadirkan inovasi perawatan kulit terbaru yaitu “Pro Youth Face Mask”. Terobosan ini merupakan masker serum wajah…

Cambridge

Jumat, 28 Februari 2020 - 15:51 WIB

Pelajar Indonesia meraih penghargaan terbaik Cambridge International, Intip yang Mereka Lakukan?

Setiap tahunnya, murid dari lebih dari 10,000 sekolah di 160 negara mengikuti ujian Cambridge dengan satu tujuan yaitu lulus dengan nilai terbaik! Ternyata, beberapa pelajar Indonesia tidak…

BGR Logistics dan PT Krakatau Bandar Samudera dan Group Jalin Kerja sama Jasa Kepelabuhan dan Logistik

Jumat, 28 Februari 2020 - 15:46 WIB

BGR Logistics dan PT Krakatau Bandar Samudera dan Group Jalin Kerja sama Jasa Kepelabuhan dan Logistik

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik di Indonesia, melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Krakatau Bandar…