Bintan Triathlon 2019 Tingkatkan Kunjungan Wisman

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 Juni 2019 - 21:00 WIB

 Bintan Triathlon (Foto Dok Kemenpar)
Bintan Triathlon (Foto Dok Kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ajang wisata olahraga Bintan Triathlon 2019 yang berlangsung di Kawasan Bintan Lagoon Resort, Bintan, Kepulauan Riau pada 7-9 Juni 2019 yang juga dihadiri wisatawan mancanegara (wisman) dari berbagai negara menawarkan beragam rangkaian kompetisi penuh tantangan kepada para pesertanya.

Pada 2017, jumlah peserta event dengan kemasan sport tourism itu mencapai 1.300 orang dari 37 negara. Kemudian pada 2018, jumlah peserta juga mencapai 1.300 orang. Namun, jumlah negara yang berpartisipasi bertambah tepatnya sebanyak 49 negara.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Dessy Ruhati di Jakarta, Minggu (9/6/2019), mengatakan Bintan Triathlon menghadirkan ribuan peserta dari puluhan negara sehingga menjadi ajang sport tourism yang sangat efektif untuk Kementerian Pariwisata mempromosikan pariwisata dan menjaring wisman.

“Tahun ini, target wisman yang akan hadir sebanyak 4.000 orang. Rinciannya, target peserta sebanyak 1.300 orang. Sedangkan sisanya adalah keluarga para peserta dan anggota timnya,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Tim Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, mengatakan Bintan Triathlon memiliki event yang sangat menyenangkan untuk keluarga bertajuk Fun Duo Race Challange. Event ini mencakup berenang sepanjang 150 meter dan berlari sejauh 1,5 kilometer hingga finish.

"Kalau yang family sport ini banyak diikuti oleh peserta dari negara Singapura, Australia, China, dan lainnya," jelas Esthy yang juga Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar, seperti diinformasikan Guntur Sakti Kepala Biro Komunikasi Publik

Kategori lain yang dilombakan adalah Olympic Distance meliputi etape berenang sepanjang 1,5 kilometer, bersepeda sejauh 40 kilometer, dan berlari sejauh 10 kilometer.

Kemudian kategori Sprint Distance meliputi berenang sepanjang 750 meter, bersepeda sejauh 20 kilometer, dan berlari sejauh 5 kilometer.

Berikutnya, Youth Distance meliputi berenang sepanjang 300 meter, bersepeda sejauh 12 kilometer, dan berlari sejauh 3 kilometer. Kemudian Kids Distance meliputi berenang sepanjang 150 meter, bersepeda sejauh 6 kilometer, dan berlari sejauh 1,5 kilometer.

Keseruan Bintan Triathlon diceritakan oleh salah satu keluarga yang menjadi peserta Bintan Triathlon. Mereka adalah keluarga Middleditch terdiri dari Emma bersama saudara perempuannya, Louisa Middleditch, dan ayahnya James Middleditch.

Hebatnya, mereka semua mampu menyentuh garis finish. Yang menarik, bukan hanya Emma yang menjadi juara. Louisa menempati posisi runner up Sprint Distance, tepat di belakang Emma. Sedangkan sang ayah, James Middleditch menjadi juara Sprint Distance kategori usia 40-49 tahun.

Emma Middleditch mengaku sudah beberapa kali mengunjungi Bintan. Ia juga terlibat dalam Bintan Triathlon tahun sebelumnya.

“Venue tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tapi saya rasa sama-sama bagus. Untuk sepeda, rutenya sedikit lebih susah karena melewati bukit. Tapi sangat luar biasa pemandangan sekitar yang dilewati. Saya menikmatinya,” pungkas Emma.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Layanan Main Game di TV Pakai Smartphone

Sabtu, 06 Juni 2020 - 09:30 WIB

Kolaborasi XL Axiata dengan AirConsole Hadirkan Layanan Game di TV Pakai Smartphone

Salah satu kerjasama terbaru XL Axiata yaitu dengan AirConsole, perusahaan social gaming berbasis di Swiss, guna menghadirkan layanan gim yang bisa dimainkan oleh pelanggan dengan menggunakan…

Migas Ilustrasi

Sabtu, 06 Juni 2020 - 09:05 WIB

Sah! PGN Resmi Jual Harga Gas untuk Industri Sebesar US$ 6 per MMBTU

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menandatangani komitmen kebijakan penetapan harga gas dengan pelanggan industri tertentu sesuai Permen ESDM 8/2020.

Bukalapak Raih Penghargaan Excellent Service Experience Award 2020 dan Digital Touch Points Customer Engagement Award 2020

Sabtu, 06 Juni 2020 - 09:00 WIB

Bukalapak Sabet Penghargaan Customer Service Excellence dan Digital Touch Points Customer Engagement Award 2020

Bukalapak meraih penghargaan Excellent Service Experience Award (ESEA) 2020 dan Digital Touch Points Customer Engagement Award (DTPCEA) 2020 dari Majalah Service Excellence dan Majalah Marketing,…

Selama Pandemi Covid-19 Tren Belanja Berubah

Sabtu, 06 Juni 2020 - 09:00 WIB

Selama Pandemi Covid-19 Tren Belanja Berubah

Sepanjang Ramadan lalu, Tokopedia berkolaborasi dengan mitra strategis, termasuk pemerintah dan pegiat usaha lokal dari berbagai industri, lewat berbagai program, antara lain #SatuDalamKopi,…

Bupati Banyuwangi Anas

Sabtu, 06 Juni 2020 - 08:45 WIB

Bupati Anas Gunakan Jurus 'Kebiasaan Anyar', Banyuwangi Jadi Role Model Re-Opening Pariwisata di Indonesia

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi menerapkan "Kebiasaan Anyar" sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan,…