Bintan Triathlon 2019 Tingkatkan Kunjungan Wisman

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 Juni 2019 - 21:00 WIB

 Bintan Triathlon (Foto Dok Kemenpar)
Bintan Triathlon (Foto Dok Kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ajang wisata olahraga Bintan Triathlon 2019 yang berlangsung di Kawasan Bintan Lagoon Resort, Bintan, Kepulauan Riau pada 7-9 Juni 2019 yang juga dihadiri wisatawan mancanegara (wisman) dari berbagai negara menawarkan beragam rangkaian kompetisi penuh tantangan kepada para pesertanya.

Pada 2017, jumlah peserta event dengan kemasan sport tourism itu mencapai 1.300 orang dari 37 negara. Kemudian pada 2018, jumlah peserta juga mencapai 1.300 orang. Namun, jumlah negara yang berpartisipasi bertambah tepatnya sebanyak 49 negara.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Dessy Ruhati di Jakarta, Minggu (9/6/2019), mengatakan Bintan Triathlon menghadirkan ribuan peserta dari puluhan negara sehingga menjadi ajang sport tourism yang sangat efektif untuk Kementerian Pariwisata mempromosikan pariwisata dan menjaring wisman.

“Tahun ini, target wisman yang akan hadir sebanyak 4.000 orang. Rinciannya, target peserta sebanyak 1.300 orang. Sedangkan sisanya adalah keluarga para peserta dan anggota timnya,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Tim Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, mengatakan Bintan Triathlon memiliki event yang sangat menyenangkan untuk keluarga bertajuk Fun Duo Race Challange. Event ini mencakup berenang sepanjang 150 meter dan berlari sejauh 1,5 kilometer hingga finish.

"Kalau yang family sport ini banyak diikuti oleh peserta dari negara Singapura, Australia, China, dan lainnya," jelas Esthy yang juga Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar, seperti diinformasikan Guntur Sakti Kepala Biro Komunikasi Publik

Kategori lain yang dilombakan adalah Olympic Distance meliputi etape berenang sepanjang 1,5 kilometer, bersepeda sejauh 40 kilometer, dan berlari sejauh 10 kilometer.

Kemudian kategori Sprint Distance meliputi berenang sepanjang 750 meter, bersepeda sejauh 20 kilometer, dan berlari sejauh 5 kilometer.

Berikutnya, Youth Distance meliputi berenang sepanjang 300 meter, bersepeda sejauh 12 kilometer, dan berlari sejauh 3 kilometer. Kemudian Kids Distance meliputi berenang sepanjang 150 meter, bersepeda sejauh 6 kilometer, dan berlari sejauh 1,5 kilometer.

Keseruan Bintan Triathlon diceritakan oleh salah satu keluarga yang menjadi peserta Bintan Triathlon. Mereka adalah keluarga Middleditch terdiri dari Emma bersama saudara perempuannya, Louisa Middleditch, dan ayahnya James Middleditch.

Hebatnya, mereka semua mampu menyentuh garis finish. Yang menarik, bukan hanya Emma yang menjadi juara. Louisa menempati posisi runner up Sprint Distance, tepat di belakang Emma. Sedangkan sang ayah, James Middleditch menjadi juara Sprint Distance kategori usia 40-49 tahun.

Emma Middleditch mengaku sudah beberapa kali mengunjungi Bintan. Ia juga terlibat dalam Bintan Triathlon tahun sebelumnya.

“Venue tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tapi saya rasa sama-sama bagus. Untuk sepeda, rutenya sedikit lebih susah karena melewati bukit. Tapi sangat luar biasa pemandangan sekitar yang dilewati. Saya menikmatinya,” pungkas Emma.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PELNI Mulai Layari Trayek Luar Negeri

Rabu, 22 Januari 2020 - 07:00 WIB

Dukung Industri Lgistik, PELNI Mulai Layari Trayek Luar Negeri

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) - PT PELNI (Persero) akan memulai pelayaran trayek luar negeri. Untuk tahap awal Perseroan mengambil pasar ASEAN. Pelayaran perdana dari Tanjung Priok,…

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Bamsoet.com)

Rabu, 22 Januari 2020 - 06:00 WIB

Bamsoet Harap Konflik Dewas dan Direksi TVRI Bisa Segera Selesai

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap polemik yang terjadi di tubuh TVRI pasca diberhentikannya Direktur Utama TVRI Helmy Yahya oleh Dewan Pengawas (Dewas) TVRI, bisa segera mereda.…

Batalyon Polisi Militer 2 Marinir Temukan dan Amankan Obyek Vital

Rabu, 22 Januari 2020 - 05:30 WIB

Batalyon Polisi Militer 2 Marinir Temukan dan Amankan Obyek Vital

Prajurit Batalyon Polisi Militer 2 Marinir (Yon POM 2 Mar) mendalami kembali llmu Medan Membaca Peta (IMMP) yang tengah melaksanakan kegiatan Latihan Perorangan Dasar (LPD) dan Latihan Perorangan…

Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Fajar Prasetyo, S.E., M.M

Rabu, 22 Januari 2020 - 05:00 WIB

Pangkogabwilhan II Kukuhkan 45 Pamen TNI di Jajaran Kogabwilhan II

Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Fajar Prasetyo, S.E., M.M. mengukuhkan 45 Perwira Menengah (Pamen) TNI di lingkungan Kogabwilhan II, terdiri dari 44 Kolonel untuk menjabat 7 Wakil Asisten, 3…

Executive Vice President Telkom Regional II Area Jakarta, Banten, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jababotabek) Teuku Muda Nanta (tengah) didampingi General Manager Wilayah Telkom Jakarta Timur Zahrial Hamid Nasution (kiri) dan Operation Senior Manager Consumer Marketing Telkom Regional II Area Jakarta, Banten, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jababotabek) Mustakim Wahyudi

Rabu, 22 Januari 2020 - 00:58 WIB

IndiHome Apresiasi Pelanggan dengan Total Hadiah Hingga Rp5 M

IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya memberikan layanan terbaik dan apresiasi bagi pelanggan. Pada Selasa (21/1), IndiHome mengumumkan…