Bintan Triathlon 2019 Tingkatkan Kunjungan Wisman

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 Juni 2019 - 21:00 WIB

 Bintan Triathlon (Foto Dok Kemenpar)
Bintan Triathlon (Foto Dok Kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ajang wisata olahraga Bintan Triathlon 2019 yang berlangsung di Kawasan Bintan Lagoon Resort, Bintan, Kepulauan Riau pada 7-9 Juni 2019 yang juga dihadiri wisatawan mancanegara (wisman) dari berbagai negara menawarkan beragam rangkaian kompetisi penuh tantangan kepada para pesertanya.

Pada 2017, jumlah peserta event dengan kemasan sport tourism itu mencapai 1.300 orang dari 37 negara. Kemudian pada 2018, jumlah peserta juga mencapai 1.300 orang. Namun, jumlah negara yang berpartisipasi bertambah tepatnya sebanyak 49 negara.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Dessy Ruhati di Jakarta, Minggu (9/6/2019), mengatakan Bintan Triathlon menghadirkan ribuan peserta dari puluhan negara sehingga menjadi ajang sport tourism yang sangat efektif untuk Kementerian Pariwisata mempromosikan pariwisata dan menjaring wisman.

“Tahun ini, target wisman yang akan hadir sebanyak 4.000 orang. Rinciannya, target peserta sebanyak 1.300 orang. Sedangkan sisanya adalah keluarga para peserta dan anggota timnya,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Tim Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, mengatakan Bintan Triathlon memiliki event yang sangat menyenangkan untuk keluarga bertajuk Fun Duo Race Challange. Event ini mencakup berenang sepanjang 150 meter dan berlari sejauh 1,5 kilometer hingga finish.

"Kalau yang family sport ini banyak diikuti oleh peserta dari negara Singapura, Australia, China, dan lainnya," jelas Esthy yang juga Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar, seperti diinformasikan Guntur Sakti Kepala Biro Komunikasi Publik

Kategori lain yang dilombakan adalah Olympic Distance meliputi etape berenang sepanjang 1,5 kilometer, bersepeda sejauh 40 kilometer, dan berlari sejauh 10 kilometer.

Kemudian kategori Sprint Distance meliputi berenang sepanjang 750 meter, bersepeda sejauh 20 kilometer, dan berlari sejauh 5 kilometer.

Berikutnya, Youth Distance meliputi berenang sepanjang 300 meter, bersepeda sejauh 12 kilometer, dan berlari sejauh 3 kilometer. Kemudian Kids Distance meliputi berenang sepanjang 150 meter, bersepeda sejauh 6 kilometer, dan berlari sejauh 1,5 kilometer.

Keseruan Bintan Triathlon diceritakan oleh salah satu keluarga yang menjadi peserta Bintan Triathlon. Mereka adalah keluarga Middleditch terdiri dari Emma bersama saudara perempuannya, Louisa Middleditch, dan ayahnya James Middleditch.

Hebatnya, mereka semua mampu menyentuh garis finish. Yang menarik, bukan hanya Emma yang menjadi juara. Louisa menempati posisi runner up Sprint Distance, tepat di belakang Emma. Sedangkan sang ayah, James Middleditch menjadi juara Sprint Distance kategori usia 40-49 tahun.

Emma Middleditch mengaku sudah beberapa kali mengunjungi Bintan. Ia juga terlibat dalam Bintan Triathlon tahun sebelumnya.

“Venue tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tapi saya rasa sama-sama bagus. Untuk sepeda, rutenya sedikit lebih susah karena melewati bukit. Tapi sangat luar biasa pemandangan sekitar yang dilewati. Saya menikmatinya,” pungkas Emma.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT GMF Aero Asia Tbk (GMFI) (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 25 Juni 2019 - 18:45 WIB

GMF Siap Buka Bengkel di Bandara Kertajati

PT GMF AeroAsia Tbk,. akan segera melebarkan sayap bisnisnya dengan berencana membuka bengkel di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Direksi PT Pakuwon Jati Tbk sedang memberikan keterangan kepada pers dalam acara paparan publik di Jakartra, Selasa (25/06/2019). Dari kiri ke kanan : Minarto Basuki (Direktur), Ridwan Suhendra (Presdir) dan Wong Boon Siew Ivy (Direktur). (Foto Abe)

Selasa, 25 Juni 2019 - 18:33 WIB

Pakuwon Jati Bagikan Dividen Tunai 2018 Bernilai Total Rp337 Miliar

Para pemegang saham PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), emiten Bursa Efek Indonesia yang mengembangkan berbagai properti di Surabaya dan Jakarta, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta,…

Razer-Visa Sepakat Kembangkan Transformasi Pembayaran di Asia Tenggara

Selasa, 25 Juni 2019 - 15:18 WIB

Razer-Visa Sepakat Kembangkan Transformasi Pembayaran di Asia Tenggara

Razer™, brand gaya hidup terkemuka di dunia untuk para gamer, dan Visa, perusahaan pembayaran digital terdepan di dunia, telah mengumumkan kemitraan untuk pertama kalinya dalam rangka mengembangkan…

Jaringan Internet LinkedIn (Foto Ist)

Selasa, 25 Juni 2019 - 14:29 WIB

Study LinkedIn: Adanya 3 Rising Skills di Indonesia yang Mempengaruhi Inovasi dan Transformasi Perusahaan  

LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia, meluncurkanLaporan Future of Skills 2019, yang mengidentifikasi 10 rising skills (peningkatan keterampilan) yang paling tinggi di antara…

BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 25 Juni 2019 - 14:18 WIB

Fenomena Suhu Dingin di Wilayah Dieng

Menyikapi kondisi suhu dingin yang menyebabkan terjadinya fenomena embun beku di wilayah dataran tinggi Dieng dalam beberapa waktu belakangan ini, kejadian kondisi suhu dingin tersebut merupakan…