Wisman India Diharapkan Kunjungi Kota Batam Kepri

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 Juni 2019 - 18:00 WIB

Megasuperblok Meisterstadt Batam
Megasuperblok Meisterstadt Batam

INDUSTRY.co.id - Batam- Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, membidik kunjungan wisatawan mancanegara asal India, untuk melanjutkan perjalanan liburan dari Singapura menuju daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Batam, Selasa (10/6/2019) , mengatakan potensi kunjungan wisman asal India relatif tinggi, jika merujuk pada tren angka kedatangan setiap tahunnya yang selalu meningkat.

"Tren kunjungan wisman India dalam tiga tahun ini terus meningkat. Bahkan jumlahnya hampir mengejar wisman Malaysia," kata Ardi.

Pemkot Batam menerima kunjungan 40 orang pelaku usaha agen perjalanan asal Chennai, India pada akhir pekan lalu.

Pelaku usaha itu ingin menjajaki potensi pariwisata di Batam dan wilayah lain di Provinsi Kepulauan Riau untuk dijajakan di negara asalnya.

"Dengan kunjungan itu, kami berharap semakin banyak warga negara India yang berwisata di Batam. Karena yang datang kemarin adalah agen travel," kata dia.

Selama di Batam, pelaku pariwisata asal India mengunjungi Lalitha Temple di Southlink, Vihara Duta Maitreya, Jembatan Barelang, keliling pulau di Kepri Coral dan Jodoh-Nagoya.

"Mereka juga menyantap hidangan khas India di Maharaja Restoran," kata Ardi.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar juga menyatakan potensi kunjungan wisman asal India ke kabupaten kota di Kepri relatif tinggi.

Ia mengatakan, dari 13 juta wisman yang datang ke Singapura setiap tahun, sebanyak 5 juta di antaranya adalah warga India.

Karenanya, Pemprov Kepri berharap setidaknya 20 persen pelancong asal India yang ke Singapura dapat melanjutkan perjalanannya ke berbagai daerah di Kepri.

"Itu harapan kita," ujar dia seperti dilansir Antara.

Menurut dia, untuk mendatangkan turis asal India, maka beberapa hal perlu dipersiapkan, antara lain restoran India.

Menurut Buralimar, warga India relatif spesifik dengan selera makannya. Bahkan, bila mereka datang rombongan, bukan tidak mungkin membawa perlengkapan memasak sendiri.

"Sedangkan di Batam, restoran India masih minim. Baru ada tiga," kata dia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka

Senin, 18 November 2019 - 21:40 WIB

Cikarang Surganya Pabrik, Apartemen dan Mall

Cikarang, Merupakan salah satu daerah yang terletak di daerah Jawa Barat tepatnya di kota Bekasi yang menjadi tujuan orang untuk memperoleh pekerjaan.

realme X2 Pro

Senin, 18 November 2019 - 21:39 WIB

Pasar Smartphone Flagship Tanah Air Harus Siap Menyambut realme X2 Pro, Pesaing Baru dari realme

Menyediakan empat lensa berbeda-beda untuk dapat mewujudkannya, realme akan menyediakan pembidik utama dalam besaran resolusi yang mencapai 64MP.

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 18 November 2019 - 19:02 WIB

2019, CIMB Niaga Bidik Penerbitan Obligasi Rp1 Triliun

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyelenggarakan Paparan Publik Tahunan 2019 dan Penawaran Umum Berkelanjutan Obligasi Berkelanjutan III Bank CIMB Niaga Tahap I Tahun 2019 serta…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan kunjungan kerja ke Jepang dan Korsel

Senin, 18 November 2019 - 19:01 WIB

Terbang ke Jepang dan Korsel, Menperin Bakal Bawa Pulang Investasi Senilai USD 5 Miliar

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan investasi di sektor industri manufaktur, terutama yang menjadi prioritas dalam Making Indonesia 4.0. Adapun dua negara yang…

Bank Mandiri Syariah (Foto Ist)

Senin, 18 November 2019 - 18:52 WIB

Nasabah Green Sukuk Ritel Mandiri Syariah Terima Penghargaan

Jakarta,--PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) berpartisipasi dalam Green Sukuk Investor Day-Green Sukuk Ritel for Sustainable Indonesia  yang diselenggarakan oleh Kementrian Keuangan…