Usai Akuisisi Bank Royal, BCA Kembali Lirik Satu Bank

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 11 Juni 2019 - 12:02 WIB

Bank BCA
Bank BCA

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sudah mengakuisisi Bank Royal. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung regulator dalam konsolidasi perbankan.

Direktur BCA Santoso Liem menjelaskan usai akuisisi Bank Royal, perseroan saat ini mengaku sedang melirik satu bank lagi untuk diakuisisi.

"Tentunya kita punya rencana, tidak hanya satu tapi ada satu lagi. Belum (diumumkan) karena prosesnya sedang kami siapkan dengan baik. Kami buka wacana untuk satu lagi," kata Santoso di Gedung BI, Jakarta, Senin (10/6/2019).

Namun Santoso belum menyebutkan bank mana yang sedang dilirik oleh BCA. "Baru dilirik, belum tahu dan masih terlalu dini untuk dikomentari banknya seperti apa. Nanti kalau sudah waktunya kita umumkan, kita harus rampungkan dulu yang kemarin, secara legal kan belum selesai," ujar dia.

Santoso mengatakan, proses akuisisi tersebut bisa dilakukan tahun ini dan paling lambat tahun depan, sesuai dengan rencana perseroan.

Dalam keterbukaan informasi yang ada di Bursa Efek Indonesia disebutkan penandatanganan perjanjian jual beli saham bersyarat pada tanggal 16 April 2019 oleh perseroan dan anak perusahaan terkendali yakni PT BCA Finance.

Para penjual yakni PT Royalindo Investa Wijaya, Leslie Soemedi, Ibrahim Sumedi, Herman Soemedi, Nevin Soemedi dan Ko, Sugiarto.

Berdasarkan perjanjian para pembeli akan membeli sebanyak 2.872.000 saham Bank Royal. "Penyelesaian rencana transaksi akan tunduk pada persyaratan pendahuluan sebagaimana disepakati oleh para pihak dalam perjanjian termasuk diperolehnya persetujuan yang relevan antara lain persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas pengambilalihan saham Bank Royal oleh perseroan," tulis keterbukaan informasi.

Berdasarkan perjanjian, para pembeli (BCA dan BCA Finance) akan membeli sebanyak 2,872 juta saham Bank Royal yang mewakili seluruh modal yang telah ditempatkan dan disetor para penjual dalam Bank Royal.

Transaksi akuisisi ini mencapai Rp 1,007 triliun dan transaksi ini tidak termasuk dalam transaksi material.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Veolia

Senin, 24 Juni 2019 - 21:05 WIB

Veolia Water Technologies Establishes Asia Pacific Headquarters in Kuala Lumpur

Veolia Water Technologies, a leading solutions provider for both water and wastewater treatment, is pleased to announce the formation of its regional headquarters in Kuala Lumpur. The move from…

Suasana Konferensi Pers menyambut Harkopnas 2019 yang bakal diselenggarakan pada 12-14 Juli

Senin, 24 Juni 2019 - 20:59 WIB

Ini Alasan Harkopnas 2019 Diadakan di Purwokerto

Penetapan Purwokerto sebagai kota penyelenggara acara puncak Harkopnas 2019 adalah keputusan bernilai sejarah yang menarik.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 24 Juni 2019 - 20:00 WIB

IMF: Perang Dagang AS-Tiongkok Tak Ada Pihak yang Diuntungkan

Ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok tidak akan menguntungkan pihak mana pun dalam jangka panjang, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Senin, 24 Juni 2019 - 19:45 WIB

Pemerinah Bakal 'Nendang' Ekspor Lewat Insentif Fiskal

Pemerintah terus melakukan terobosan kebijakan yang dapat menggairahkan iklim usaha di dalam negeri sehingga turut memacu pertumbuhan ekonomi. Salah satu langkah strategisnya, yang dalam waktu…

LinkedIn

Senin, 24 Juni 2019 - 18:10 WIB

LinkedIn: Tiga Rising Skills Ini Pengaruhi Inovasi dan Transformasi Perusahaan di Indonesia

LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia, meluncurkan Laporan Future of Skills 2019, yang mengidentifikasi 10 rising skills (peningkatan keterampilan) yang paling tinggi di antara…