Usai Akuisisi Bank Royal, BCA Kembali Lirik Satu Bank

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 11 Juni 2019 - 12:02 WIB

Bank BCA
Bank BCA

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sudah mengakuisisi Bank Royal. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung regulator dalam konsolidasi perbankan.

Direktur BCA Santoso Liem menjelaskan usai akuisisi Bank Royal, perseroan saat ini mengaku sedang melirik satu bank lagi untuk diakuisisi.

"Tentunya kita punya rencana, tidak hanya satu tapi ada satu lagi. Belum (diumumkan) karena prosesnya sedang kami siapkan dengan baik. Kami buka wacana untuk satu lagi," kata Santoso di Gedung BI, Jakarta, Senin (10/6/2019).

Namun Santoso belum menyebutkan bank mana yang sedang dilirik oleh BCA. "Baru dilirik, belum tahu dan masih terlalu dini untuk dikomentari banknya seperti apa. Nanti kalau sudah waktunya kita umumkan, kita harus rampungkan dulu yang kemarin, secara legal kan belum selesai," ujar dia.

Santoso mengatakan, proses akuisisi tersebut bisa dilakukan tahun ini dan paling lambat tahun depan, sesuai dengan rencana perseroan.

Dalam keterbukaan informasi yang ada di Bursa Efek Indonesia disebutkan penandatanganan perjanjian jual beli saham bersyarat pada tanggal 16 April 2019 oleh perseroan dan anak perusahaan terkendali yakni PT BCA Finance.

Para penjual yakni PT Royalindo Investa Wijaya, Leslie Soemedi, Ibrahim Sumedi, Herman Soemedi, Nevin Soemedi dan Ko, Sugiarto.

Berdasarkan perjanjian para pembeli akan membeli sebanyak 2.872.000 saham Bank Royal. "Penyelesaian rencana transaksi akan tunduk pada persyaratan pendahuluan sebagaimana disepakati oleh para pihak dalam perjanjian termasuk diperolehnya persetujuan yang relevan antara lain persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas pengambilalihan saham Bank Royal oleh perseroan," tulis keterbukaan informasi.

Berdasarkan perjanjian, para pembeli (BCA dan BCA Finance) akan membeli sebanyak 2,872 juta saham Bank Royal yang mewakili seluruh modal yang telah ditempatkan dan disetor para penjual dalam Bank Royal.

Transaksi akuisisi ini mencapai Rp 1,007 triliun dan transaksi ini tidak termasuk dalam transaksi material.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Sabtu, 21 September 2019 - 18:00 WIB

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Ikatan Guru Indonesia(IGI) memberikan penghargaan “Anugerah Pendidikan Indonesia 2019” (API 2019) sebagai wujud apresiasi terhadap komitmen dan kontribusi bagi dunia pendidikan oleh pejabat…

Penjualan perdana OPPO A9 2020

Sabtu, 21 September 2019 - 17:41 WIB

OPPO Lakukan Penjualan Perdana Perangkat Teranyar A9 2020 di Bekasi

Setelah resmi diperkenalkan pada 17 September 2019 kemarin, OPPO melakukan penjualan perdana perangkat A9 2020 di enam kota yakni Bekasi, Jakarta, Bandung, Balikpapan, Medan dan Bali.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya seusai meluncurkan masterplan pengembangan wisata religi di Kecamatan Tanara

Sabtu, 21 September 2019 - 17:40 WIB

Menpar Luncurkan Masterplan Pengembangan Wisata Religi di Kecamatan Tanara

Masterplan pengembangan wisata religi mulai diterapkan di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, seiring dengan diluncurkannya rencana induk tersebut.

H. Priyadi Abadi, MPar Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) paling kiri

Sabtu, 21 September 2019 - 17:11 WIB

Halal Tour Jamin Makanan dan Waktu Ibadah ke Luar Negeri

Jakarta -- Kenapa harus Halal Tour? Sebuah pertanyaan yang untuk sebagian orang akan merasa kurang nyaman menyebutnya, kenapa harus halal? Tapi bagi umat Islam, persoalan halal menjadi penting…

Tiga Kandidat Rektor akan Lakukan Debat Publik

Sabtu, 21 September 2019 - 17:00 WIB

Tiga Kandidat Rektor akan Lakukan Debat Publik

Memberi ruang bagi para kandidat untuk memaparkan sekaligus mempertahankan visi-misi mereka, berikut kesempatan mengkritisi pandangan para pesaingnya melatarbelakangi Majelis Wali Amanat Universitas…