Bertemu Menteri Australia, Menkominfo Bahas Konten Medsos dan Pengembangan SDM

Oleh : Herry Barus | Senin, 10 Juni 2019 - 17:00 WIB

Menkominfo Rudiantara (Foto Dok Industry.co.id)
Menkominfo Rudiantara (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Tsukuba- Indonesia mengharapkan dukungan Australia dalam mendorong engagement platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, khususnya dalam menyaring konten radikalisme, terorisme, dan kekerasan terhadap anak. 

Hal itu disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Perindustrian, Iptek dan Teknologi Australia, Karen Andrews, sebelum Forum  Pertemuan Menteri Perdagagan dan Menteri Digital Negara G20 di Tsukuba, Perfektur Ibaraki, Jepang, Minggu (09/06/2019).

"Dengan adanya tekanan yang sama dari "like minded countries" seperti Australia, tentunya akan semakin mendorong engagement dari platform media sosial," tutur Menteri Kominfo.

Menurut Rudiantara, sebelumnya Indonesia menyampaikan harapan dukungan serupa ke Singapura. "Sebagai salah satu negara tetangga terdekat yang kemungkinan akan terkena dampak signifikan jika terjadi instabilitas pertahanan keamanan di Indonesia," tambahnya.

Selain konten media sosial, pertemuan itu juga membahas mengenai fokus Pemerintah Indonesia dalam pengembangan teknologi digital dan pembangunan sumberdaya manusia (SDM). "Kominfo telah meluncurkan Digital Talent Scholarship untuk 25.000 digital talents yang berusia di bawah 29 tahun, bekerja sama dengan sejumlah perusahaan teknologi global," jelasnya. 

Menteri Rudiantara juga menyampaikan harapan atas dukungan Australia dalam program pengembangan SDM melalui kerja sama pendidikan.

"Indonesia menyampaikan harapan dukungan dari Australia dalam mendukung program pengembangan SDM dimaksud dengan memperkuat kerja sama di sektor pendidikan antar kedua negara," jelas Rudiantara seperti diinformasikan Plt Kepala Biro Humas (Kominfo) Fernandus Setu

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia juga menyampaikan harapan agar Australia mendukung dan menjadi bagian dari Board of Advisory untuk inisiatif IDEA Hub yang diluncurkan Indonesia pada saat masa Presidensi Jerman pada tahun 2017. 

"Partisipasi Australia tentunya akan memberikan sudut pandang yang berbeda yang akan berdampak positif bagi implementasi IDEA Hub ke depannya," tutur Menteri Kominfo seraya menjelaskan respons dan sambutan baik Australia aras tawaran tersebut dan akan berkoordinasi lebih lanjut secara internal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Booth PT Fajar Gelora lnti atau lebih dikenal dengan nama Fagetti di IndoBuildTech 2019, JCC.(Andi Mardana)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 16:07 WIB

Datang ke IndoBuildTech, Arsitek Bisa Diskusi dengan Master of Art Stone

Beberapa kreasi teknologi marmer tersebut akan ditampilkan di booth Fagetti di IndoBuildTech yang mengambil tema "Determining the Latest Trends in Marble Architecture".

President Director PT. Fajar Gelora Inti, Ferdinand Gumanti (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:54 WIB

Rubah Marmer Lebih Artistik, Fagetti Hadirkan Teknologi Terbaru IndoBuildTech 2019

PT Fajar Gelora Inti (Fagetti) meluncurkan teknologi marmer terbaru di lndoBuildTech 2019 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada tanggal 21-25 Agustus 2019.

Arsitek Delution, hadir di acara IndoBuildTech Jakarta The 2nd Phase di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/8).(Andi Mardana)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:36 WIB

Jakarta Architecture Installation Festival 2019 Hadir di JCC

Sebuah pameran mahakarya instalasi arsitek terkemuka di Hall A Jakarta Convention Center (JCC).

BNI Syariah di Islamic Tourism

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:36 WIB

BNI Syariah Gelar Acara Islamic Tourism Expo 2019

Jakarta - BNI Syariah menebar promo umroh murah dan beragam program menarik pada perhelatan Islamic Tourism Expo 2019. Pameran Umroh Haji & Wisata Halal terbesar dan terlengkap ini diselenggarakan…

Arena permainan olahraga di booth ISEF 2019 (Anto: Industry.co.id)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:10 WIB

ISEF 2019, Gelar Lomba Berhadiah Rp50 Juta

Jakarta - Secara khusus, Dinas-dinas Pemuda dan Olahraga-Kemenpora dari berbagai wilayah di Indonesia berpartisipasi di ISEF sebagai representasi spirit dan komitmen peningkatan prestasi olahraga,…