MUI Himbau Khatib Idul Fitri Doakan Kedamaian Bangsa

Oleh : Herry Barus | Selasa, 04 Juni 2019 - 16:00 WIB

Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) (news.liputan6.com)
Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) (news.liputan6.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menyambut Perayaan Idul Fitri 1440 H Majelis Ulama Indnesia (MUI)  megimbau Khatib Idul Fitri Doakan Kedamaian Bangsa. Demikian informasi yang disampaikan Asrorun Niam SholehSekretaris Komisi Fatwa MUI, dalam siaran pers yang diterima Selasa (4/6/2019)

1. Selamat menyongsong idul fitri. Jangan lupa menunaikan kewajiban2 lain seperti zakat fitrah dan juga zakat mal.

2. Mengharapkan para khatib Idul Fitri menyelipkan doa dalam khutbahnya,  untuk kedamaian dan kemaslahatan bangsa, serta tetap terpeliharanya keamanan,  kenyamanan,  dan jauh dari rasa permusuhan yang bisa mengoyak kebersamaan kita sebagai bangsa. Mendoakan para pemimpin bangsa untuk terus diberi kekuatan untuk membangun bangsa. Para elitnya diberi kekuatan untuk membangun kebersamaan dan menahan diri dari perpecahan.

3. Hakekat idul fitri adalah kesediaan kita untuk berbagi,  berbagi permaafan sebelum orang memintanya.  Saling memaafkan adalah kunci untuk merajut tali silatuurahmi.  Hakekat silaturrahmi adalah menyambungkan tali persaudaraan yang pernah terputus. Terputus karena jarak,  karena kesalahpahaman,  karena pemilu,  dan karena sebab apapun. Kita wajib menyambung kembali untuk mewujudkan persaudaraan sejati,  tanpa iri dan caci maki.

4. Umat Islam memperkokoh persaudaraan, baik persaudaraan sesama umat (ukhuwwah Islamiyah),  persaudaraan sebangsa (ukhuwwuh wathaniyyah) maupun persaudaraan sesama manusia (ukhuwwah Insaniyah). Tidak ada lagi sekat yang memisahkan,  terutama faktor psikologis akibat sisa-sisa pemilu. Saatnya merajut kebersamaan untuk kemaslahatan bersama. Kerugian bangsa lain yang pecah akibat konflik harus dijadikan pelajaran berharga agar kita tidak jatuh pd kndisi yang sama.

5. Yang sedang liburan di tempat wisata dan sanak keluarga,  tetap menjaga ketentuan agama,  menjalankan kewajiban shalat dan lainnya serta menghindarkan diri dari hal yang dilarang. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…