MUI Himbau Khatib Idul Fitri Doakan Kedamaian Bangsa

Oleh : Herey Barus | Selasa, 04 Juni 2019 - 16:00 WIB

Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) (news.liputan6.com)
Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) (news.liputan6.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menyambut Perayaan Idul Fitri 1440 H Majelis Ulama Indnesia (MUI)  megimbau Khatib Idul Fitri Doakan Kedamaian Bangsa. Demikian informasi yang disampaikan Asrorun Niam SholehSekretaris Komisi Fatwa MUI, dalam siaran pers yang diterima Selasa (4/6/2019)

1. Selamat menyongsong idul fitri. Jangan lupa menunaikan kewajiban2 lain seperti zakat fitrah dan juga zakat mal.

2. Mengharapkan para khatib Idul Fitri menyelipkan doa dalam khutbahnya,  untuk kedamaian dan kemaslahatan bangsa, serta tetap terpeliharanya keamanan,  kenyamanan,  dan jauh dari rasa permusuhan yang bisa mengoyak kebersamaan kita sebagai bangsa. Mendoakan para pemimpin bangsa untuk terus diberi kekuatan untuk membangun bangsa. Para elitnya diberi kekuatan untuk membangun kebersamaan dan menahan diri dari perpecahan.

3. Hakekat idul fitri adalah kesediaan kita untuk berbagi,  berbagi permaafan sebelum orang memintanya.  Saling memaafkan adalah kunci untuk merajut tali silatuurahmi.  Hakekat silaturrahmi adalah menyambungkan tali persaudaraan yang pernah terputus. Terputus karena jarak,  karena kesalahpahaman,  karena pemilu,  dan karena sebab apapun. Kita wajib menyambung kembali untuk mewujudkan persaudaraan sejati,  tanpa iri dan caci maki.

4. Umat Islam memperkokoh persaudaraan, baik persaudaraan sesama umat (ukhuwwah Islamiyah),  persaudaraan sebangsa (ukhuwwuh wathaniyyah) maupun persaudaraan sesama manusia (ukhuwwah Insaniyah). Tidak ada lagi sekat yang memisahkan,  terutama faktor psikologis akibat sisa-sisa pemilu. Saatnya merajut kebersamaan untuk kemaslahatan bersama. Kerugian bangsa lain yang pecah akibat konflik harus dijadikan pelajaran berharga agar kita tidak jatuh pd kndisi yang sama.

5. Yang sedang liburan di tempat wisata dan sanak keluarga,  tetap menjaga ketentuan agama,  menjalankan kewajiban shalat dan lainnya serta menghindarkan diri dari hal yang dilarang. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BMW i8

Sabtu, 21 September 2019 - 11:05 WIB

Jadi Official Vehicle Partner, BMW Dukung Kejuaraan ABB Formula E Championship di Jakarta

Pemerintah kota DKI Jakarta bersama Formula E mengumumkan masuknya sirkuit Jakarta E-Prix pada seri kejuaraan ABB Formula E Championship musim 2019/2020.

Dwiki Darmawan

Sabtu, 21 September 2019 - 11:00 WIB

Dwiki Dharmawan Tampil di Standard Bank Joy Of Jazz 2019

Luar Biasa. Pernyataan tersebut layak disematkanpada Dwiki Dharmawan, Sebagai musisi jazz papan atas Dwiki sudah tampil di 71 Negara.

Tandatangani JVA, DAHANA dan Pupuk Kaltim Bangun Pabrik AN Tahun Ini

Sabtu, 21 September 2019 - 11:00 WIB

Tandatangani JVA, DAHANA dan Pupuk Kaltim Bangun Pabrik AN Tahun Ini

Masyarakat Indonesia layak berbangga, karena sesaat lagi bangsa ini akan memiliki Pabrik Amonium Nitrat (AN) yang akan menjadi penunjang bagi kemandirian ekonomi di bidang industri bahan peledak…

Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Sabtu, 21 September 2019 - 10:15 WIB

Kemenperin Tumbuhkan Wirausaha Muda Kreatif Berorientasi Ekspor

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus memacu pertumbuhan wirausaha muda dalam sektor industri kreatif di Tanah Air. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pelaksanaan…

Antonio Mazza Manajer Teknologi Robert Walters

Sabtu, 21 September 2019 - 10:00 WIB

Mendorong dan Meneerapkan Fleksibilitas di Tempat Kerja

Seiring dengan perkembangan internet dan tersebarnya koneksi berkecepatan tinggi di rumah dan kantor, sarana untuk mendukung fleksibilitas di tempat kerja menjadi semakin bertambah. Namun, fleksibilitas…