MUI Himbau Khatib Idul Fitri Doakan Kedamaian Bangsa

Oleh : Herey Barus | Selasa, 04 Juni 2019 - 16:00 WIB

Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) (news.liputan6.com)
Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) (news.liputan6.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menyambut Perayaan Idul Fitri 1440 H Majelis Ulama Indnesia (MUI)  megimbau Khatib Idul Fitri Doakan Kedamaian Bangsa. Demikian informasi yang disampaikan Asrorun Niam SholehSekretaris Komisi Fatwa MUI, dalam siaran pers yang diterima Selasa (4/6/2019)

1. Selamat menyongsong idul fitri. Jangan lupa menunaikan kewajiban2 lain seperti zakat fitrah dan juga zakat mal.

2. Mengharapkan para khatib Idul Fitri menyelipkan doa dalam khutbahnya,  untuk kedamaian dan kemaslahatan bangsa, serta tetap terpeliharanya keamanan,  kenyamanan,  dan jauh dari rasa permusuhan yang bisa mengoyak kebersamaan kita sebagai bangsa. Mendoakan para pemimpin bangsa untuk terus diberi kekuatan untuk membangun bangsa. Para elitnya diberi kekuatan untuk membangun kebersamaan dan menahan diri dari perpecahan.

3. Hakekat idul fitri adalah kesediaan kita untuk berbagi,  berbagi permaafan sebelum orang memintanya.  Saling memaafkan adalah kunci untuk merajut tali silatuurahmi.  Hakekat silaturrahmi adalah menyambungkan tali persaudaraan yang pernah terputus. Terputus karena jarak,  karena kesalahpahaman,  karena pemilu,  dan karena sebab apapun. Kita wajib menyambung kembali untuk mewujudkan persaudaraan sejati,  tanpa iri dan caci maki.

4. Umat Islam memperkokoh persaudaraan, baik persaudaraan sesama umat (ukhuwwah Islamiyah),  persaudaraan sebangsa (ukhuwwuh wathaniyyah) maupun persaudaraan sesama manusia (ukhuwwah Insaniyah). Tidak ada lagi sekat yang memisahkan,  terutama faktor psikologis akibat sisa-sisa pemilu. Saatnya merajut kebersamaan untuk kemaslahatan bersama. Kerugian bangsa lain yang pecah akibat konflik harus dijadikan pelajaran berharga agar kita tidak jatuh pd kndisi yang sama.

5. Yang sedang liburan di tempat wisata dan sanak keluarga,  tetap menjaga ketentuan agama,  menjalankan kewajiban shalat dan lainnya serta menghindarkan diri dari hal yang dilarang. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dianna Dee

Jumat, 28 Februari 2020 - 12:00 WIB

Dianna Dee Percaya Diri Mengarungi Industri Musik Nasional

Meski pernah gagal pada single perdana tidak membuat Dianna Dee Starlight, putus asa.

39 Finalis Putri Indonesia Promosikan Kawasan Wisata Labuhan Bajo

Jumat, 28 Februari 2020 - 11:57 WIB

39 Finalis Putri Indonesia Promosikan Kawasan Wisata Labuhan Bajo

Ajang pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2020 yang mengusung tema kekayaan budaya dan keindahan alam Nusa Tenggara Timur (NTT), akan dijadikan arena untuk mempromosikan Labuan Bajo sebagai destinasi…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 28 Februari 2020 - 11:45 WIB

BCA Kembali Gelar Seminar Edukasi Nasabah Tentang Kiriman Valuta Asing

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senantiasa menjaga komitmen untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan melalui berbagai pilihan solusi perbankan untuk nasabah, tidak terkecuali layanan transfer…

Ilustrasi Pergerakan Saham

Jumat, 28 Februari 2020 - 10:58 WIB

IHSG Rontok 3,2%, Saham KIJA Tetap Perkasa Naik 3,62%

PT Kawasan Industri jababeka Tbk (KIJA), sahamnya naik 3,62% di level Rp 286/saham, dengan nilai transaksi Rp 61,61 juta dan volume perdagangan 221.400 saham

Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih bersama Ketua Umum Dekranas, Wury Maruf Amin saat pergelaran program e-Smart IKM

Jumat, 28 Februari 2020 - 10:01 WIB

Lewat e-Smart IKM, Kemenperin Pacu Daya Saing Industri Kerajinan

Kementerian Perindustrian terus mendorong pengembangan industri kerajinan di dalam negeri melalui berbagai program dan kegiatan strategis.