Tips Nyaman Menggunakan Mobile Banking

Oleh : Herry Barus | Senin, 03 Juni 2019 - 11:00 WIB

BCA Mobile (Foto Dok Industry.co.id)
BCA Mobile (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakara – Transaksi menggunakan mobile banking memang dianjurkan di saat operasional kantor cabang dan keterjangkauan terhadap ATM dalam radius yang terbatas di saat merayakan lebaran. Berbagai kebutuhan transaksi tersebut dapat dipenuhi melalui berbagai fitur yang sudah disediakan dalam mobile banking. Salah satunya BCA mobile, mobile banking yang dipersembahkan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA). 

“Kami menghimbau kepada nasabah yang menggunakan mobile banking BCA (BCA mobile) untuk tetap hati-hati dalam melakukan transaksi di saat lebaran. Kesibukan dan aktivitas merayakan lebaran tidak boleh menurunkan kewaspadaan terhadap perilaku online yang dapat dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak berkepentingan untuk mengakses sumber keuangan Anda,” ujar Senior Vice President Corporate Communication BCA Dwi Narini, di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Dalam mengakses BCA mobile, berikut tips aman BCA mobile yang perlu diperhatikan :

1. Pastikan unduh BCA mobile dari akun resmi BCA
Anda bisa mengunduh aplikasi BCA mobile melalui Google Play Store (jika smartphone Anda Android), atau melalui iPhone App Store (jika smartphone Anda IOS). Pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi BCA mobile dari akun resmi BCA.

2. Gunakan jaringan internet yang aman
Hindari menggunakan akses Wi-Fi publik untuk melakukan transaksi melalui BCA mobile. Saat mengakses BCA mobile, pilihlah jaringan nirkabel yang menggunakan kata kunci keamanan jaringan atau memiliki beberapa bentuk keamanan lainnya. Jadi kerahasiaan data Anda aman terlindungi.

3. Saat transaksi BCA mobile, perhatikan hal-hal ini
Saat menggunakan smartphone untuk melakukan transaksi perbankan lewat BCA mobile, sebaiknya Anda perhatikan hal-hal ini: jaga kerahasiaan Kode Akses yang Anda miliki sebagai pengaman akses menu BCA mobile, jaga kerahasiaan PIN BCA mobile Anda sebagai pengaman validasi transaksi, dan pastikan Anda sudah logout (Keluar) saat selesai menggunakan BCA mobile.

4. Perketat Kewaspadaan Keamanan BCA mobile-mu
Anda disarankan untuk mengganti Kode Akses dan PIN BCA mobile secara berkala dengan kombinasi angka/huruf yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain. Periksalah daftar rekening tujuan transfer secara berkala. Jika ada nomor rekening tujuan yang sudah tidak diperlukan, Anda dapat menghapus nomor rekening tersebut lewat menu m-Admin - Hapus Daftar. Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengaku sebagai petugas BCA melalui telepon, fax, email yang menanyakan data pribadi termasuk Kode Akses BCA mobile dan PIN BCA mobile.

Petugas BCA resmi tidak akan meminta atau menanyakan hal tersebut. Jika Anda menerima pesan yang menjelaskan bahwa aplikasi atau layanan BCA yang Anda miliki tidak sah, jangan lanjutkan akses BCA mobile dan segera hubungi Halo BCA di nomor 1500888.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Manjakan pengemudinya Grab meresmikan Grabbike Lounge di Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu 7 Maret 2018 (Fadli: INDUSTRY.o.co.id)

Selasa, 12 November 2019 - 21:25 WIB

Grab Mengharapkan Konsumen Mengerti Hak dan Kewajibannya

Jakarta - Proses gugatan konsumen Grab bernama Zico Leonardo Djagardo Simanjuntak kepada perusahaan aplikasi transportasi online tersebut memasuki babak baru. Dalam persidangan kemarin (11/11),…

BMW M4 Competition

Selasa, 12 November 2019 - 20:45 WIB

Resmi Diluncurkan, BMW M4 Competition Seharga Rp 2,3 M Laris Terjual

BMW Group Indonesia resmi meluncurkan varian baru, BMW M4 Competition sebagai inkarnasi dari sport coupe asal Jerman. Model ini mendapatkan peningkatan tenaga, serta pilihan warna baru BMW individual…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Selasa, 12 November 2019 - 20:30 WIB

Kemenperin Tawarkan 359 Formasi dalam Seleksi CPNS 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali membuka kesempatan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk 359 formasi pada tahun 2019. Hal ini sesuai Keputusan Menteri Pendayagunaan…

Ketum Dekopin Nurdin Halid, Menkop dan UKM Teten Masduki, Wagub Sulsel Sudirman Sulaiman.

Selasa, 12 November 2019 - 20:26 WIB

Wadah Tunggal Harga Mati, Nurdin Halid Canangkan Panca Program 2019-2024

Makassar – Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid menegaskan bahwa Dekopin adalah wadah perjuangan dan kebersamaan dalam mewujutkan keadilan dan kemakmuran sosial melalui…

Mitsubishi Xpander Cross (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 12 November 2019 - 20:10 WIB

Resmi Mengaspal di Indonesia, Mitsubishi Xpander Cross Dibanderol Seharga Rp286 Juta

Mitsubishi Xpander akhirnya memiliki adik baru. Setelah dirilis pertama kali tahun 2017 lalu, Mitsubishi Motor Indonesia resmi memperkenalkan Xpander Cross hari ini, Selasa, 12 November 2019.