Tips Nyaman Menggunakan Mobile Banking

Oleh : Herry Barus | Senin, 03 Juni 2019 - 11:00 WIB

BCA Mobile (Foto Dok Industry.co.id)
BCA Mobile (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakara – Transaksi menggunakan mobile banking memang dianjurkan di saat operasional kantor cabang dan keterjangkauan terhadap ATM dalam radius yang terbatas di saat merayakan lebaran. Berbagai kebutuhan transaksi tersebut dapat dipenuhi melalui berbagai fitur yang sudah disediakan dalam mobile banking. Salah satunya BCA mobile, mobile banking yang dipersembahkan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA). 

“Kami menghimbau kepada nasabah yang menggunakan mobile banking BCA (BCA mobile) untuk tetap hati-hati dalam melakukan transaksi di saat lebaran. Kesibukan dan aktivitas merayakan lebaran tidak boleh menurunkan kewaspadaan terhadap perilaku online yang dapat dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak berkepentingan untuk mengakses sumber keuangan Anda,” ujar Senior Vice President Corporate Communication BCA Dwi Narini, di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Dalam mengakses BCA mobile, berikut tips aman BCA mobile yang perlu diperhatikan :

1. Pastikan unduh BCA mobile dari akun resmi BCA
Anda bisa mengunduh aplikasi BCA mobile melalui Google Play Store (jika smartphone Anda Android), atau melalui iPhone App Store (jika smartphone Anda IOS). Pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi BCA mobile dari akun resmi BCA.

2. Gunakan jaringan internet yang aman
Hindari menggunakan akses Wi-Fi publik untuk melakukan transaksi melalui BCA mobile. Saat mengakses BCA mobile, pilihlah jaringan nirkabel yang menggunakan kata kunci keamanan jaringan atau memiliki beberapa bentuk keamanan lainnya. Jadi kerahasiaan data Anda aman terlindungi.

3. Saat transaksi BCA mobile, perhatikan hal-hal ini
Saat menggunakan smartphone untuk melakukan transaksi perbankan lewat BCA mobile, sebaiknya Anda perhatikan hal-hal ini: jaga kerahasiaan Kode Akses yang Anda miliki sebagai pengaman akses menu BCA mobile, jaga kerahasiaan PIN BCA mobile Anda sebagai pengaman validasi transaksi, dan pastikan Anda sudah logout (Keluar) saat selesai menggunakan BCA mobile.

4. Perketat Kewaspadaan Keamanan BCA mobile-mu
Anda disarankan untuk mengganti Kode Akses dan PIN BCA mobile secara berkala dengan kombinasi angka/huruf yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain. Periksalah daftar rekening tujuan transfer secara berkala. Jika ada nomor rekening tujuan yang sudah tidak diperlukan, Anda dapat menghapus nomor rekening tersebut lewat menu m-Admin - Hapus Daftar. Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengaku sebagai petugas BCA melalui telepon, fax, email yang menanyakan data pribadi termasuk Kode Akses BCA mobile dan PIN BCA mobile.

Petugas BCA resmi tidak akan meminta atau menanyakan hal tersebut. Jika Anda menerima pesan yang menjelaskan bahwa aplikasi atau layanan BCA yang Anda miliki tidak sah, jangan lanjutkan akses BCA mobile dan segera hubungi Halo BCA di nomor 1500888.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menyambut Hari Perumahan Nasional 25 Agustus 2019, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. turut serta dalam mewujudkan impian para Aparatur Sipil Negara atau ASN dan anggota Polri serta TNI untuk memiliki tempat tinggal dengan berbagai kemudahan

Minggu, 25 Agustus 2019 - 22:41 WIB

Percepat Pencapaian Sejuta Rumah, Bank BTN Salurkan KPR Untuk Aparatur Sipil Negara, TNI dan POLRI di Palembang

Palembang-Menyambut Hari Perumahan Nasional 25 Agustus 2019, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. turut serta dalam mewujudkan impian para Aparatur Sipil Negara atau ASN dan anggota Polri…

(IG/ussypratama)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:55 WIB

Kiat Sukses Ussy Sulistiawaty Jalankan Bisnis Kuliner

Kuliner nusantara juga perlu memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran.

Konferensi pers pengumuman lima pemenang kompetisi Bango Penerus Warisan Kuliner 2019 di Jakarta baru-baru ini.(Andi Mardana)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:27 WIB

Inilah 5 Pemenang Bango Penerus Warisan Kuliner 2019

Siap bergabung bersama jutaan pelaku UMKM di Indonesia yang berhasil meraih peningkatan omzet secara signifikan dengan mengadopsi teknologi digital.

Ilustrasi Jaringan Internet (KTSDESIGN/Getty Images)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:50 WIB

Peningkatan Kapasitas Jaringan Seluler Sangat Diperlukan

Hal ini dapat dicapai melalui tiga cara, yaitu penambahan Base Transceiver Station (BTS), penambahan frekuensi dan perbaruan teknologi.

Ilustrasi 5G.(Ist)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:03 WIB

Menyambut 5G, Ini Tantangan yang Dihadapi di Indonesia

Indonesia belum memanfaatkan secara penuh data dalam pembangungan.