IFA Siap Berikan Sumbangsihnya Bagi Kemajuan Persepakbolaan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 31 Mei 2019 - 16:00 WIB

IFA Siap Berikan Sumbangsihnya Bagi Kemajuan Persepakbolaan (Foto Dok Industry.co.id)
IFA Siap Berikan Sumbangsihnya Bagi Kemajuan Persepakbolaan (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia Football Ambassador (IFA) berharap bisa berbuat dan berperan lebih banyak lagi bagi dunia sepakbola Indonesia. Berisikan mantan-mantan pemain tim nasional Indonesia dari berbagai generasi, IFA siap untuk memberikan sumbangsihnya bagi kemajuan persepakbolaan Tanah Air.

Puluhan anggota IFA dari berbagai daerah, Kamis (30/05/2019) bertemu dalam ajang silaturahmi sekaligus berbuka puasa bersama di kawasan The Green, Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan. Diinisiasi salah satu tokoh sepakbola Indonesia, Ronny Tanuwijaya, mereka berkumpul untuk menyamakan visi dan misi organisasi.

Tampak mantan pemain timnas yang pernah berjaya pada masanya seperti Tan Liang Houw alias LH Tanoto, Ronny Paslah, Yudo Hadianto, Bob Hippy, Risdianto, Hadi Ismanto, Marsely Tambayong, Oyong Liza, Wahyu Hidayat, Tumsila, Dede Sulaiman, Berty Tutuarima, Hery Kiswanto, Rully Nere, David Sulaksmono, Ricky Yakobi, Bambang Nurdiansyah, Mohamad Zein Alhadad, Patar Tambunan, Marzuki Nyak Mad, Tias Tano Taufik, Aun Harhara, Azhari Rangkuty, Aji Ridwan Mas, Nasir Salasa, Mundari Karya, Kamarudin Betay, dan Rocky Putiray, hadir dalam acara ini.

Beragam pemikiran pun muncul dari acara buka puasa bersama sekaligus reuni para mantan skuat timnas dari era 1960 hingga 1990-an ini. Mereka umumnya berharap IFA dapat berperan lebih aktif untuk ikut memajukan sepakbola Indonesia yang sampai kini belum lagi mampu menunjukkan kejayaannya.

"Mantan-mantan pemain timnas dan anggota IFA harus berperan lebih aktif lagi. Sepakbola Indonesia tidak akan pernah bisa maju apabila kondisinya seperti yang sekarang ini. PSSI harus diisi oleh orang-orang yang punya dedikasi dalam sepakbola," kata Ronny Tanuwijaya.

Kritikan terhadap PSSI juga dilontarkan Dede Sulaiman, mantan pemain timnas era 1980-an. Menurut Dede, PSSI sulit berkembang apabila tidak diisi oleh orang-orang yang memiliki dedikasi tinggi dalam sepakbola. Anggota-anggota exco PSSI seharusnya yang paham sepakbola.

"Dulu di PSSI kita pernah memiliki orang-orang seperti Sutjipto Soentoro, Iswadi Idris, dan Ronny Patinasarani, legenda-legenda timnas yang berani bersuara terhadap PSSI," kata Dede.

Sayangnya, menurut Dede, di era sekarang ini mantan-mantan pemain timnas yang duduk di PSSI praktis tidak terdengar lagi. Kalau pun ada mereka sulit bersikap kritis karena beragam alasan.

Selain menyoroti soal organisasi PSSI, sejumlah mantan pemain timnas lainnya juga menyoal terlalu banyaknya kehadiran pelatih asing di Liga 1 saat ini. Hampir semua klub peserta Liga 1 dikuasai pelatih asing. Hanya sedikit klub yang ditangani pelatih lokal. "Ini tantangan buat IFA dan juga Asosiasi Pelatih Seluruh Indonesia (APSI)," ujar Ronny Tanuwijaya, yang juga pendiri APSI.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…