Januari-April, 1,86 Juta Wisatawan Lewat Bandara Ngurah Rai

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 Mei 2019 - 15:00 WIB

Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali
Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali

INDUSTRY.co.id - Sebanyak 1.860.857 wisatawan global memasuki Pulau Bali lewat Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada periode Januari-April 2019, kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Haruman Sulaksono, di Mangupura, Badung, Bali, belum lama ini.

"Kunjungan wisatawan mancanegara selama empat bulan pertama 2019 ini kembali kami mencatatkan catatan positif, mengungguli catatan jumlah wisatawan mancanegara pada periode Januari-April 2018, tercatat 1.807.552 wisatawan mancanegara datang ke Pulau Dewata dengan moda transportasi udara," ujarnya.

Seperti catatan bulan sebelumnya, Tiongkok masih menjadi negara dengan penyumbang jumlah wisatawan terbanyak, yaitu sebanyak 430.060 orang, disusul oleh Australia dan India, masing-masing dengan 344.223 dan 112.897 wisatawan.

Dari jumlah tersebut, wisatawan asal Tiongkok menyumbang 32 persen, atau hampir sepertiga dari total jumlah wisatawan mancanegara yang berlibur di Pulau Dewata, sedangkan Australia, menyumbang 26 persen dari total wisatawan dan disusul oleh India dengan catatan 8 persen wisatawan.

Terkait pertumbuhan penumpang, Korea Selatan mencatat pertumbuhan wisatawan sebesar 18 persen dengan kenaikan sebanyak 2.012 orang dan menjadi negara dengan pertumbuhan jumlah wisatawan tertinggi di bulan April 2019 dibanding dengan statistik bulan April 2018.

"Urutan kedua pertumbuhan penumpang diduduki oleh Inggris Raya, dengan kenaikan jumlah sebanyak 2.998 turis atau mengalami pertumbuhan sebesar 14 persen yang disusul Jepang di peringkat ketiga dengan pertumbuhan sebesar 11 persen atau naik sebanyak 1.995 wisatawan," kata Haruman Sulaksono.

Pihaknya terus menerus bersinergi dengan berbagai pihak lain dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandar udara, termasuk para wisatawan dari mancanegara.

"Bandar udara merupakan cerminan dari Pulau Bali. Kesan pertama merupakan hal yang memiliki peranan cukup penting dalam menyambut penumpang yang datang," ujarnya.

Ia mengatakan begitu wisatawan yang datang dari luar negeri tiba di Terminal Kedatangan, langsung disambut dengan berbagai wujud sambutan melalui hiasan dan ornamen khas Bali, rangkaian bunga dan melalui lantunan musik rindik khas Bali.

“Kami juga terus mengadakan berbagai rangkaian kegiatan melalui kegiatan tematik yang bertujuan untuk dapat memberi pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan asal mancanegara, sehingga mereka akan selalu teringat akan pengalaman di bandara dan akan kembali berkunjung ke Bali," kata Haruman. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Kamis, 25 April 2024 - 05:26 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima kunjungan kehormatan Commanding General United States Army Pacific atau Komandan Jenderal Angkatan Darat Amerikat Serikat (AS) untuk wilayah…

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…