Menristekdikti: 'The New Bali' Butuh Sinergi Lintas Kementerian

Oleh : Herry Barus | Senin, 27 Mei 2019 - 10:00 WIB

Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)
Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)

INDUSTRY.co.id - Manggarai- Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur (NTT), didampingi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Agus Indarjo, Tenaga Ahli Menristekdikti bidang Media Cyrillus Iryanto Kerong (25-26/5/2019.

Dalam kunjungan kerjanya, Menristekdikti mengatakan potensi wisata kawasan Labuan Bajo tak kalah dengan Pulau Dewata Bali. Namun, perlu adanya optimalisasi sumber daya pariwisata yang mendukung, baik dari sarana dan prasarana, serta SDM-nya. Oleh karena itu, Pemerintah melalui Kemenristekdikti mendorong berdirinya Politeknik di Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menteri Nasir mengatakan untuk mewujudkan kawasan Labuan Bajo menjadi 'The New Bali' butuh sinergi lintas kementerian. Penyiapan infrastruktur dan SDM bisa berjalan selaras dan beriringan.

"Saya sudah sampaikan kepada Menteri Pariwisata bagaimana kita berkolaborasi karena kalau tidak, akan susah mendorongnya. Infrastrukturnya harus kita siapkan, sumber daya harus kita siapkan mudah-mudahan sukses," ujar Menristekdikti saat menyerahkan SK Prodi Akuntansi Perpajakan Politeknik El Bajo Commodus (25/5).

Menristekdikti mengatakan, keberadaan Politeknik pariwisata seperti *El Bajo Commodus* amat penting. Kebutuhan tenaga kerja pariwisata yang cakap, terampil dan profesional bisa terpenuhi dari para lulusannya. Sehingga tercipta 'link and match' antara politeknik dan industri pariwisata di sana.

"Pada saat saya berkunjung di tahun 2017 itu saya ingin mengecek lokasi diperintahkan Bapak Presiden Jokowi yaitu mengembangkan 'The New Bali', diantaranya Labuan Bajo dan Wakatobi. Mengapa politeknik pilihannya, dan bukan Universitas ? Jawabannya adalah 'karena Politeknik dapat menyiapkan tenaga kerja profesional, dan ini yang akan dibutuhkan dalam waktu yang singkat ini," ujar Menteri Nasir.

Selanjutnya Menristekdikti menekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM Indonesia demi membangun ekonomi Indonesia makin baik dan sejahtera. Beliau meminta pemerintah Kabupaten Manggarai dan Gereja Katolik Keuskupan Ruteng untuk memberikan perhatian yang serius dalam kemajuan dunia pendidikan di daerah itu ke depan.

“Saya berharap kepada Bapak Bupati, Bapak Uskup, para Rektor, coba bekerja sama dengan baik untuk membangun pendidikan yang baik dan berkualitas, bagi anak-anak Indonesia. Semua anak kita harus mendapat pendidikan yang berkualitas, dan kami berharap seluruh elemen dapat ikut mencerdaskan anak bangsa khususnya di Ruteng dan seluruh Flores maupun NTT dan Indonesia,” ucapnya saat memberikan kuliah umum pada peresmian Universitas Kristen Indonesia Santu Paulus Ruteng

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Karnaval yang diikuti oleh segenap warga Desa Kekait dalam meriahkan acara penutupan rangkaian Program Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial bagi para ibu dan anak, sekaligus dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia.(Ist)

Senin, 19 Agustus 2019 - 19:40 WIB

Atasi Trauma Ibu dan Anak Paska Bencana dengan Terapi

Kekuatan sentuhan ibu ini telah memberi dampak positif bagi para Ibu dan Anak dengan trauma paska bencana.

Penutupan rangkaian Program Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial bagi para ibu dan anak di Desa Kekait, Lombok.(Ist)

Senin, 19 Agustus 2019 - 19:33 WIB

168 Ibu di Lombok Alami Depresi Pasca Gempa

Program ini menunjukkan perubahan positif kesehatan mental para Ibu dan Anak yang terdampak bencana.

Kepala BPPI Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara

Senin, 19 Agustus 2019 - 19:05 WIB

Manfaatkan ‘Patent Mapping’, Kemenperin Cari Peluang Inovasi Pendukung Kendaraan Listrik

Kalangan peneliti maupun pengambil kebijakan yang terlibat dalam melakukan kegiatan inovasi perlu memiliki pemahaman mengenai paten. Hal tersebut beralasan, karena paten terkait dengan hak cipta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 Agustus 2019 - 18:00 WIB

Konser Jakarta Melayu Festival Berlangsung Meriah

Jakarta Melayu Festival (JMF) ke-9 yang digelar di Ancol Sabtu malam (17/8/2019) dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selain Gubernur, juga hadir dua tamu istimewa dari Kerajaan Malaysia.

Industri Petrokimia (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 Agustus 2019 - 17:25 WIB

Kadin Minta Pemerintah Serius Kembangkan Industri Kimia Berbasis Metanol

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta pemerintah untuk terus mengembangkan industri kimia berbasisi metanol. Pasalnya, kebutuhan metanol untuk industri di Tanah Air terus meningkat…