Bahana Sekuritas: Saat yang Pas untuk Kembali Masuk ke Pasar Keuangan Indonesia

Oleh : Herry Barus | Senin, 27 Mei 2019 - 09:00 WIB

Direktur Utama Bahana Sekuritas Feb Sunandar (Foto Dok Industry.co.id)
Direktur Utama Bahana Sekuritas Feb Sunandar (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Selama empat bulan pertama tahun ini, beberapa indicator perekonomian belum memperlihatkan perkembangan yang menggembirakan. Selama kuartal pertama, perekonomian tumbuh hamper sama dengan periode yang sama tahun lalu, neraca perdagangan hingga akhir April kembali memcatat defisit.

Melihatpertembangan domesitik yang terjadi saatini, menurut Direktur Utama Bahana Sekuritas Feb Sunandar, sebenarnya saat ini adalah saat yang pas untuk kembali masuk ke pasar keuangan Indonesia karena return dan gain yang ditawarkan Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara lain dengan prospek perekonomian jangka menengah-panjang cukup menjanjikan terutama didukung oleh konsumsi rumah tangga.

Hal inilah yang mendorong Bahana terus berupaya melengkpi beberapa produknya yang ada di pasar saham maupun non pasar saham yang diperuntukkan bagi koperasi maupun retail. Sebagai investor memiliki instrument keuangan dan investasi yang beragam dan bisa melakukan perubahan alokasi saat diperlukan.

“Pasar saham memiliki tekanan, investor bisa mencarikan pendanaan atau berinvestasi di obligasi pemerintah maupun korporasi yang memikiki prospek positif,”ujar Feb belum lama ini.

Kuartal pertama2019, Bahana berhasil mengantarkan Exim Bank, Maybank dan PLN mencari pendanaan mea;ui penerbitan obilgasi dan sukuk dengan total sekitar Rp7,75 Triliun. Bahana juga ditujuk sebagai konsultan keuangan dan transaksi penjualan nak usaha PT Rajawali Nusantara Indonesia.

“Di sisa tahun ini, kami perkirakan akan lebih banyak korporasi yang mencari pendanaan baik dengan menerbitkan saham ataupun obligasi untuk menopang ekspansi usaha, “ujat Feb.

“Kami sangat  berharap Otoritas Jasa Keuangan bisa menjaga keadaan tetap kondusif dan aman bagi semua pemain di pasar modal melalui regulasi yang  adil bagi semua pihak,” tambahnya.

Bahana memperkirakan hingga akhir tahun akan ada potensi penerbitan bonds lebih dari Rp 20 triliun, penerbitan medum term notes diperkirakan mencarai Rp 7 triliun, 4 korporasi berencana menjual saham perdana serta rencana aksi merger dan akuisisi (M&A) masih akan berlanjut.

Sementara itu menurut Kepala Riset Bahana Sekuuritas Lucky Ariesandi, prospek pasar saham Indonesia masih cukup menjanjikan sepanjang tahun ini, meski selama kuartal pertama dan beberapa hari terakhir mengalami tekanan akibat aksi demo yang memprotes hasil Pilpres, namun koresi ini diperkirakanhanya sementara.

Anak usha Badan PembiayaanUsana Indonesia (BPUI) ini memperkirakan, indeksi sampai akhir tahun akan berada pada kisaran 6.600-6.800, yang masih akan dipengaruhi oleh kondisi perekonomian global dan domestic. Perkiraan ini sejalan dengan proyeksi Bahana atas pendapatan korporasi yag diperiraakan akan tumbuh seitar 13% pada tahun ini.

“Pendapatan korporasi bisa saja terkoreksi 10%-11%, pada tahun ini, bila perang dagang yang berlanjut mempengaruhi kinerja perusahaan di sektor komoditas dan tekstik, “pungkas Lucky.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).