Sinergi Empat BUMN Membawa Cahaya Kebaikan di NTB

Oleh : Herlambang | Minggu, 26 Mei 2019 - 16:08 WIB

Safari Ramadhan Asabri
Safari Ramadhan Asabri

INDUSTRY.co.id -Mataram-PT Asabri (Persero) bersinergi dengan tiga BUMN lainnya yaitu PT ASDP Indonesia Ferry, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), dan PT Sarinah (Persero), menyerahkan santunan dan bantuan senilai total Rp 850 juta serta 1000 Al-Qur'an kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), yayasan, pondok pesantren, masjid, dan musholla di Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center NTB, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jum'at dan Sabtu (24-25/09/2019).

Kegiatan yang dilakukan selama dua hari ini merupakan rangkaian kegiatan Safari Ramadhan 1440H, yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Pada hari Jum'at tanggal 24 Mei 2019, dilakukan penyerahan 1000 Al-Qur’an di selasar utara masjid. Kegiatan ini akan dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) karena penyerahan Al-Qur’an ini dilakukan secara serentak di 34 provinsi di seluruh Indonesia pada waktu yang bersamaan. Kegiatan penyerahan dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd, Kepala Dinas Sosial Pemprov NTB Dra. Hj. Wismaningsih Drajadiah, dan beberapa perwakilan pejabat pemerintah provinsi NTB.

Direktur Utama PT Asabri (Persero) Sonny Widjaja yang diwakili oleh Sekretaris Perusahaan PT Asabri (Persero) Djoko Rachmadhy dalam sambutannya mengatakan, “Penyerahan 1000 Al-Qur’an ini diharapkan dapat membantu dan memenuhi kebutuhan masyarakat wilayah provinsi NTB dalam mendukung kegiatan spiritual, khususnya di bulan suci Ramadhan ini.”

Secara simbolis, Al-Qur’an ini diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur NTB kepada para perwakilan dari beberapa LKSA, yayasan, dan balai sosial asuhan anak yang telah ditunjuk untuk mendapatkan sumbangan Al-Qur’an tersebut serta adanya penandatanganan berita acara penyerahan oleh Sekretaris Perusahaan PT Asabri (Persero) dan Kepala Dinas Sosial Pemprov NTB.

Dalam sambutannya, Sitti Rohmi Djalilah berpesan kepada seluruh perwakilan penerima sumbangan dan anak-anak yang hadir, “Al-Qur’an ini dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dibaca setiap hari, jangan sampai hanya ditaruh.”

Sitti Rohmi Djalilah atas nama Pemprov NTB mengucapkan terima kasih atas bantuan hasil sinergi dari 4 BUMN, yang diharapkan semoga menjadi barokah dan sekaligus menutup kegiatan di hari pertama.

Kemudian pada hari selanjutnya, Sabtu tanggal 25 Mei 2019, merupakan acara puncak dari kegiatan Safari Ramadhan 1440H. Di hari kedua ini, dilakukan penyerahan santunan kepada 1000 anak yatim piatu berupa uang tunai sejumlah Rp 250 ribu dan bingkisan perlengkapan sekolah senilai Rp 100 ribu serta bantuan perbaikan sarana dan prasarana masjid, musholla, dan pondok pesantren di 5 titik di provinsi NTB dengan jumlah masing-masing Rp 100 juta.

Sekretaris Perusahaan PT Asabri (Persero) Djoko Rachmadhy  mengatakan, "Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, kebutuhan masyarakat khususnya anak-anak di LKSA wilayah provinsi NTB dapat terbantu dan terpenuhi serta dirasakan manfaatnya."

Hadir sebagai perwakilan pemerintah provinsi NTB, Kepala Dinas Sosial Pemprov NTB Dra. Hj. Wismaningsih Drajadiah mengucapkan terima kasih kepada sinergi 4 BUMN yang telah membantu masyarakat di NTB.

"Kebutuhan dasar masyarakat khususnya anak-anak di LKSA masih sangat terbatas. Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian memenuhi itu semua, namun dengan kehadiran sinergi BUMN ini sangat membantu dan diharapkan BUMN-BUMN dapat menjadi orang tua asuh bagi anak-anak kami, "pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…