Ini Upaya Kemenhub Atasi Pasar Tumpah Sambut Mudik Lebaran

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 26 Mei 2019 - 13:42 WIB

Ilustrasi Mudik Bersama (Foto Ist)
Ilustrasi Mudik Bersama (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Salah satu permasalahan terkait kelancaran arus mudik Lebaran adalah banyaknya pasar tumpah di jalan-jalan provinsi. Untuk itu, pemerintah bersama dengan otoritas terkait pun berupaya untuk mengurai kemacetan akibat pasar tumpah dengan beberapa strategi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengatasi hal ini.

"Pasar tumpah kami bahas kembali sudah ke (Pemda) Jabar, Jatim, Jateng, dan di Lampung sudah ke Gubernur dan Kapolda, obstacle utama memang pasar tumpah, itu gangguan yg butuh penanganan pemerintah daerah," ujar Budi di Salatiga, Sabtu (25/5/2019).

Budi mengatakan, hal pertama yang dilakukan adalah mengurangi parkir di sepanjang kanan dan kiri pasar tumpah. Sebab, salah satu penghalang jalan ketika ada pasar tumpah adalah parkir tak teratur di sepanjang jalan. "Caranya dengan mencari kantong parkir lain," jelas Budi.

Cara lainnya adalah dengan membuat zebra cross di lokasi-lokasi tertentu agar masyarakat tidak menyeberang di sembarang tempat. Selain itu, juga pemasangan water barrier agar jalanan lebih teratur meski terdapat pasar tumpah.

"Dan tentu juga penjagaan petugas sehingga perilaku masyarakat bisa dihandle di lokasi-lokasi (pasar tumpah)," jelas dia.

  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Senin, 24 Februari 2020 - 19:36 WIB

Menteri Teten Dorong Pelatihan SDM KUMKM di Daerah Wisata Super Prioritas

Menteri Teten minta kepada Deputi Bidang SDM pendidikan/pelatihan SDM KUMKM terutama untuk Kewirausahaan/Vocational untuk diperluas dan diperbanyak, khususnya daerah wisata super prioritas (bali…

Samsung Giga Party Audio

Senin, 24 Februari 2020 - 16:06 WIB

Samsung Hadirkan Samsung Giga Party Audio

Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan Samsung Giga Party Audio, penambahan terbaru ke jajaran home audio dan entertainment. Dengan Built-in Woofer, Bass Booster, dan fungsi Karaoke Mode,…

Hugh Jackman dan Allison Janney di HBO GO dan HBO

Senin, 24 Februari 2020 - 15:44 WIB

Bad Education dari HBO Films

Terinspirasi dari peristiwa nyata, Bad Education, mulai tayang berbarengan waktunya dengan A.S. pada 26 April jam 8.00 WIB HBO GO dan HBO, berkisah tentang Frank Tassone (Hugh Jackman) dan Pam…

NU CARE-LAZISNU dan Treasury

Senin, 24 Februari 2020 - 15:23 WIB

Kolaborasi NU CARE-LAZISNU dan Treasury Mempelopori Donasi Emas

Sebagai lembaga yang bergerak dibidang sosial, NU CARE-LAZISNU memiliki mimpi untuk turut mewujudkan kesejahteran umat dan masyarakat Indonesia, dengan menggunakan instrumen yang bisa memberikan…

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto

Senin, 24 Februari 2020 - 14:50 WIB

Status Negara Berkembang Dicabut, Kadin Minta Pemerintah Perkuat Daya Saing

Langkah Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengeluarkan Indonesia dari status negara berkembang harus dipandang sebagai tantangan.