Ini Upaya Kemenhub Atasi Pasar Tumpah Sambut Mudik Lebaran

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 26 Mei 2019 - 13:42 WIB

Ilustrasi Mudik Bersama (Foto Ist)
Ilustrasi Mudik Bersama (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Salah satu permasalahan terkait kelancaran arus mudik Lebaran adalah banyaknya pasar tumpah di jalan-jalan provinsi. Untuk itu, pemerintah bersama dengan otoritas terkait pun berupaya untuk mengurai kemacetan akibat pasar tumpah dengan beberapa strategi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengatasi hal ini.

"Pasar tumpah kami bahas kembali sudah ke (Pemda) Jabar, Jatim, Jateng, dan di Lampung sudah ke Gubernur dan Kapolda, obstacle utama memang pasar tumpah, itu gangguan yg butuh penanganan pemerintah daerah," ujar Budi di Salatiga, Sabtu (25/5/2019).

Budi mengatakan, hal pertama yang dilakukan adalah mengurangi parkir di sepanjang kanan dan kiri pasar tumpah. Sebab, salah satu penghalang jalan ketika ada pasar tumpah adalah parkir tak teratur di sepanjang jalan. "Caranya dengan mencari kantong parkir lain," jelas Budi.

Cara lainnya adalah dengan membuat zebra cross di lokasi-lokasi tertentu agar masyarakat tidak menyeberang di sembarang tempat. Selain itu, juga pemasangan water barrier agar jalanan lebih teratur meski terdapat pasar tumpah.

"Dan tentu juga penjagaan petugas sehingga perilaku masyarakat bisa dihandle di lokasi-lokasi (pasar tumpah)," jelas dia.

  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri Tekstil

Jumat, 20 September 2019 - 17:05 WIB

Kemenperin Siapkan SDM Kompeten Topang Daya Saing Industri Tekstil

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) semakin gencar mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten untuk menopang daya saing industri nasional. Terutama, pada sektor-sektor…

Kolaborasi dengan PrivyID, Investree Gunakan Tanda Tangan Digital Dorong Inklusi Keuangan

Jumat, 20 September 2019 - 17:00 WIB

Kolaborasi dengan PrivyID, Investree Gunakan Tanda Tangan Digital Dorong Inklusi Keuangan

Perusahaan perintis di bidang regulatory technology (regtech) PrivyID (PT Privy Identitas Digital) kini resmi menjadi rekan kerja sama perusahaan pionir teknologi finansial marketplace lending,…

Mustika Ratu-Djarum Foundation Resmikan SMK Beauty Spa di Kudus

Jumat, 20 September 2019 - 17:00 WIB

Mustika Ratu-Djarum Foundation Resmikan SMK Beauty Spa di Kudus

Mustika Ratu bersama Djarum Foundation mengadakan kerjasama melalui pendidikan dan keterampilan Tata Kecantikan di SMK PGRI 1 Kudus.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Jumat, 20 September 2019 - 16:53 WIB

Dorong Investasi Perkebunan ke Industri Hilir untuk Ekspor

Jakarta - Kementerian Pertanian saat ini terus mendorong masuknya investasi dan berupaya terus meningkatkan ekspor. Salah satu yang menjadi andalan ekspor adalah komoditas perkebunan, bahkan…

Kredit Pintar Roadshow ke Yogyakarta

Jumat, 20 September 2019 - 16:00 WIB

Mendukung Pembangunan Ekonomi Daerah, Kredit Pintar Roadshow ke Yogyakarta

Mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, Kredit Pintar, perusahaan financial technology (Fintech) peer-to-peer (P2P) lending yang merupakan penyedia solusi kebutuhan akses pembiayaan bagi perorangan…