Ini Upaya Kemenhub Atasi Pasar Tumpah Sambut Mudik Lebaran

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 26 Mei 2019 - 13:42 WIB

Ilustrasi Mudik Bersama (Foto Ist)
Ilustrasi Mudik Bersama (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Salah satu permasalahan terkait kelancaran arus mudik Lebaran adalah banyaknya pasar tumpah di jalan-jalan provinsi. Untuk itu, pemerintah bersama dengan otoritas terkait pun berupaya untuk mengurai kemacetan akibat pasar tumpah dengan beberapa strategi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengatasi hal ini.

"Pasar tumpah kami bahas kembali sudah ke (Pemda) Jabar, Jatim, Jateng, dan di Lampung sudah ke Gubernur dan Kapolda, obstacle utama memang pasar tumpah, itu gangguan yg butuh penanganan pemerintah daerah," ujar Budi di Salatiga, Sabtu (25/5/2019).

Budi mengatakan, hal pertama yang dilakukan adalah mengurangi parkir di sepanjang kanan dan kiri pasar tumpah. Sebab, salah satu penghalang jalan ketika ada pasar tumpah adalah parkir tak teratur di sepanjang jalan. "Caranya dengan mencari kantong parkir lain," jelas Budi.

Cara lainnya adalah dengan membuat zebra cross di lokasi-lokasi tertentu agar masyarakat tidak menyeberang di sembarang tempat. Selain itu, juga pemasangan water barrier agar jalanan lebih teratur meski terdapat pasar tumpah.

"Dan tentu juga penjagaan petugas sehingga perilaku masyarakat bisa dihandle di lokasi-lokasi (pasar tumpah)," jelas dia.

  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Karna Brata Lesmana (Kedua dari kanan), pengusaha asal Jakarta yang Mengaku Jadi Korban Pembatalan Sertifikat Lahan Miliknya

Selasa, 23 Juli 2019 - 23:03 WIB

Pengusaha Ini Membantah Pernyataan Yusril

Jakarta - Salah satu penyebab terjadinya masalah pertanahan di Indonesia adalah tak adanya kepastian hukum. Kerap terjadi dalam kasus sengketa lahan, klaim atas bukti kepemilikan yang sah. Jika…

200 anak panti asuhan merayakan Hari Anak Nasional dengan melakukan berbagai hal menarik di Haluun by Haluu.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:03 WIB

Keceriaan 200 Anak Panti Rayakan HAN di Baluun By Haluu World

Berbagai aktivitas seru seperti ber-selfie ria di Baluun Exhibition hingga bermain sambil berkenalan dengan teman baru.

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:00 WIB

Labuan Bajo NTT Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Premium

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa menjadi destinasi ekowisata yang berkelas atau destinasi pariwisata premium.

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:59 WIB

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Sebuah konferensi besar di dunia yang didatangi para pelaku bisnis digital dan para startup, RISE 2019 diadakan selama tiga hari di Hong Kong Convention Centre pada tanggal 8 Juli 2019 hingga…

Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, seorang Psikolog anak dan keluarga.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:50 WIB

Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD

Keterampilan bersosialisasi, IQ, dan kreatifitas anak akan selesai di usia 12 tahun.