Lingkungan Baik dan Nyaman, Sekolah Dekat Dengan Hunian Jadi Pilihan

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:46 WIB

PGV Hadirkan Talk show Memilih Sekolah Bareng Kak Seto Sekolah Dekat Rumah Untungkan Orangtua & Anak
PGV Hadirkan Talk show Memilih Sekolah Bareng Kak Seto Sekolah Dekat Rumah Untungkan Orangtua & Anak

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sekolah dengan fasilitas terbaik menjadi pertimbangan utama para orangtua dalam memilih tempat belajar bagi putra-putrinya menjelang tahun ajaran baru. Namun, apakah faktor itu menjadi satu-satunya yang dapat menjadi pertimbangan? Dengan kemajuan teknologi, dan perkembangan sebuah kota, para orangtua masa kini memiliki beberapa kriteria dalam memilih sekolah untuk si buah hati.

Kenyataan ini terungkap dalam talk show “Musim Sekolah Tiba: Sekolah Dekat Rumah, Dampaknya Bagi Orangtua dan Tumbuh Kembang Anak" yang berlangsung di Marketing Lounge Podomoro Golf View, Cimanggis, Jumat (24/5/2019).

“Semua orang tua pasti mengharapkan pendidikan yang terbagus dan terbaik untuk anak anaknya. Karena mereka berpikir bahwa pendidikan merupakan investasi jangka panjang sekaligus bekal untuk sukses di masa depan," kata Kepala Sekolah Karakter, Triani.

Oleh karenanya, orang tua tidak akan sembarangan dalam memilih sekolah untuk anak nya. Biaya sekolah yang tinggi atau mahal belum tentu dapat menentukan kualitas sekolah itu sendiri

Sementara itu psikolog sekaligus pemerhati dunia anak, Seto Mulyadi mengatakan, sekolah dengan lingkungan yang baik, tentu dapat memberikan pengaruh dan efek yang baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak. “Selain juga kondisi lingkungan sekolah, orangtua dan keluarga menjadi faktor penting yang berpengaruh pada tumbuh kembang anak” kata pria yang dikenal dengan sapaan Kak Seto itu.

Bagi si kecil yang masih membutuhkan perhatian dari para orang tua, memilih sekolah yang jarak nya tidak terlalu jauh dari rumah mungkin menjadi pertimbangan. Begitu pula dengan masyarakat yang tinggal di kota besar layaknya Jakarta.

Sekolah yang dekat tempat tinggal dapat menghindari lamanya waktu tempuh. Dengan demikian maka anak akan memiliki waktu istirahat yang cukup, tidak mengalami stres dalam perjalanan, sehingga akan mengikuti pelajaran dengan kondisi prima.

Jarak antara rumah dan sekolah yang terlalu jauh terkadang akan memberikan pengaruh yang kurang baik pada kondisi fisik anak, yang menyebabkan anak menjadi mudah lelah di jalan dan kurang nya semangat untuk belajar karena sudah lelah di perjalanan menuju sekolah mereka, selain itu dapat membuat konsentrasi belajar menjadi kurang baik. Jarak yang dekat membuat anak memiliki banyak waktu bermain.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus berpendapat, sekolah dekat rumah turut membantu meringankan beban orangtua. “Dari sisi ekonomi, lebih hemat,” katanya.

Menurutnya, sekolah yang jauh membutuhkan biaya transportasi. “Misalnya apabila menggunakan jasa antar jemput, maka ada biaya tambahan yang harus di keluarkan,” Ujarnya.

Pemerintah pun mulai memahami kondisi ini dengan menerapkan sistem zonasi. Sistem zonasi menjadi kriteria utama dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud)14/2018 tentang PPDB disebutkan, kriteria utama dalam penerimaan siswa baru, yakni jarak sesuai dengan ketentuan zonasi.

Menyadari pentingnya sarana pendidikan yang terjangkau, baik dari segi biaya maupun jarak, Podomoro Golf View melengkapi kawasannya dengan fasilitas pendidikan. Mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi tersedia di kawasan mixed-use development seluas 60 hektar yang berada di exit tol Km 19 Cimanggis. Institusi pendidikan yang tersedia di kawasan antara lain Sekolah Karakter Bangsa, AL-Azhar hingga Gunadarma.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…