Lingkungan Baik dan Nyaman, Sekolah Dekat Dengan Hunian Jadi Pilihan

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:46 WIB

PGV Hadirkan Talk show Memilih Sekolah Bareng Kak Seto Sekolah Dekat Rumah Untungkan Orangtua & Anak
PGV Hadirkan Talk show Memilih Sekolah Bareng Kak Seto Sekolah Dekat Rumah Untungkan Orangtua & Anak

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sekolah dengan fasilitas terbaik menjadi pertimbangan utama para orangtua dalam memilih tempat belajar bagi putra-putrinya menjelang tahun ajaran baru. Namun, apakah faktor itu menjadi satu-satunya yang dapat menjadi pertimbangan? Dengan kemajuan teknologi, dan perkembangan sebuah kota, para orangtua masa kini memiliki beberapa kriteria dalam memilih sekolah untuk si buah hati.

Kenyataan ini terungkap dalam talk show “Musim Sekolah Tiba: Sekolah Dekat Rumah, Dampaknya Bagi Orangtua dan Tumbuh Kembang Anak" yang berlangsung di Marketing Lounge Podomoro Golf View, Cimanggis, Jumat (24/5/2019).

“Semua orang tua pasti mengharapkan pendidikan yang terbagus dan terbaik untuk anak anaknya. Karena mereka berpikir bahwa pendidikan merupakan investasi jangka panjang sekaligus bekal untuk sukses di masa depan," kata Kepala Sekolah Karakter, Triani.

Oleh karenanya, orang tua tidak akan sembarangan dalam memilih sekolah untuk anak nya. Biaya sekolah yang tinggi atau mahal belum tentu dapat menentukan kualitas sekolah itu sendiri

Sementara itu psikolog sekaligus pemerhati dunia anak, Seto Mulyadi mengatakan, sekolah dengan lingkungan yang baik, tentu dapat memberikan pengaruh dan efek yang baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak. “Selain juga kondisi lingkungan sekolah, orangtua dan keluarga menjadi faktor penting yang berpengaruh pada tumbuh kembang anak” kata pria yang dikenal dengan sapaan Kak Seto itu.

Bagi si kecil yang masih membutuhkan perhatian dari para orang tua, memilih sekolah yang jarak nya tidak terlalu jauh dari rumah mungkin menjadi pertimbangan. Begitu pula dengan masyarakat yang tinggal di kota besar layaknya Jakarta.

Sekolah yang dekat tempat tinggal dapat menghindari lamanya waktu tempuh. Dengan demikian maka anak akan memiliki waktu istirahat yang cukup, tidak mengalami stres dalam perjalanan, sehingga akan mengikuti pelajaran dengan kondisi prima.

Jarak antara rumah dan sekolah yang terlalu jauh terkadang akan memberikan pengaruh yang kurang baik pada kondisi fisik anak, yang menyebabkan anak menjadi mudah lelah di jalan dan kurang nya semangat untuk belajar karena sudah lelah di perjalanan menuju sekolah mereka, selain itu dapat membuat konsentrasi belajar menjadi kurang baik. Jarak yang dekat membuat anak memiliki banyak waktu bermain.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus berpendapat, sekolah dekat rumah turut membantu meringankan beban orangtua. “Dari sisi ekonomi, lebih hemat,” katanya.

Menurutnya, sekolah yang jauh membutuhkan biaya transportasi. “Misalnya apabila menggunakan jasa antar jemput, maka ada biaya tambahan yang harus di keluarkan,” Ujarnya.

Pemerintah pun mulai memahami kondisi ini dengan menerapkan sistem zonasi. Sistem zonasi menjadi kriteria utama dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud)14/2018 tentang PPDB disebutkan, kriteria utama dalam penerimaan siswa baru, yakni jarak sesuai dengan ketentuan zonasi.

Menyadari pentingnya sarana pendidikan yang terjangkau, baik dari segi biaya maupun jarak, Podomoro Golf View melengkapi kawasannya dengan fasilitas pendidikan. Mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi tersedia di kawasan mixed-use development seluas 60 hektar yang berada di exit tol Km 19 Cimanggis. Institusi pendidikan yang tersedia di kawasan antara lain Sekolah Karakter Bangsa, AL-Azhar hingga Gunadarma.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Veolia

Senin, 24 Juni 2019 - 21:05 WIB

Veolia Water Technologies Establishes Asia Pacific Headquarters in Kuala Lumpur

Veolia Water Technologies, a leading solutions provider for both water and wastewater treatment, is pleased to announce the formation of its regional headquarters in Kuala Lumpur. The move from…

Suasana Konferensi Pers menyambut Harkopnas 2019 yang bakal diselenggarakan pada 12-14 Juli

Senin, 24 Juni 2019 - 20:59 WIB

Ini Alasan Harkopnas 2019 Diadakan di Purwokerto

Penetapan Purwokerto sebagai kota penyelenggara acara puncak Harkopnas 2019 adalah keputusan bernilai sejarah yang menarik.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 24 Juni 2019 - 20:00 WIB

IMF: Perang Dagang AS-Tiongkok Tak Ada Pihak yang Diuntungkan

Ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok tidak akan menguntungkan pihak mana pun dalam jangka panjang, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Senin, 24 Juni 2019 - 19:45 WIB

Pemerinah Bakal 'Nendang' Ekspor Lewat Insentif Fiskal

Pemerintah terus melakukan terobosan kebijakan yang dapat menggairahkan iklim usaha di dalam negeri sehingga turut memacu pertumbuhan ekonomi. Salah satu langkah strategisnya, yang dalam waktu…

LinkedIn

Senin, 24 Juni 2019 - 18:10 WIB

LinkedIn: Tiga Rising Skills Ini Pengaruhi Inovasi dan Transformasi Perusahaan di Indonesia

LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia, meluncurkan Laporan Future of Skills 2019, yang mengidentifikasi 10 rising skills (peningkatan keterampilan) yang paling tinggi di antara…