Sineas Riri Riza Senang Kerja Kebudayaan Bersama Japan Foundation

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 24 Mei 2019 - 09:50 WIB

Director General Japan Foundation Jakarta, Tsukamoto Norihisa dan Riri Riza
Director General Japan Foundation Jakarta, Tsukamoto Norihisa dan Riri Riza

INDUSTRY.co.id -JAKARTA—Tidak banyak yang tahu ternyata sineas muda Riri Riza sudah lima tahun terakhir ini menjadi salah satu anggota Dewan Komite Japan Foundation Asia Center yang anggotanya merupakan para ahli dari berbagai bidang. Ha ini baru diketahui anggota Dewan Komite Japan Foundation Asia Center menggelar rapat tahunan untuk yang kelima kalinya di Hotel Fairmont Jakarta.

“Kita menggelar rapat Dewan Komite Japan Foundation Asia Center selama dua hari disini, “  kata Director General Japan Foundation Jakarta, Tsukamoto Norihisa, di Ballroom, Fairmont, Jakarta.

 Tsukamoto Norihisa membeberkan, rapat  Dewan Komite Japan Foundation Asia Center digelar untuk mencari formula terbaik agar kegiatan yang dilakukan Japan Foundation Asia Centre bisa terus berlangsung. “Kita juga mengharapkan adanya dukungan penuh oleh Pemerintah Jepang, “ ungkapnya.

Menurut Tsukamoto Norihisa, Japan Foundation Asia Center merupakan unit khusus di Japan Foundation yang didirikan pada April 2014 lalu, cukup berhasil menumbuhkan semangat empati dan hubungan kerja sama di antara orang-orang Asia melalui dukungan pembelajaran bahasa Jepang dan pertukaran seni budaya.

“Selama ini, Asia Centre Japan Foundation berfokus pada dua proyek utama yang mendukung pembelajaran Bahasa Jepang dengan mengirim ‘Nihongo Partners’ serta pertukaran seni dan budaya dua arah. Proyek pertukaran budaya dua arah ini dilakukan di berbagai bidang, “ tandas Tsukamoto Norihisa.

Berikut ini beberapa proyek yang siap dilaksanakan di Indonesia, yaitu pertama, dukungan pembelajaran Bahasa Jepang (Proyek Pengiriman ‘Nihongo Partners’). Kedua, proyek pengiriman ‘Nihongo Partners’ sebagai jembatan penghubung antara Jepang dan Asia. Pengiriman native dari Jepang ke sekolah-sekolah menengah di Asia khususnya ASEAN. Para native ini berperan sebagai asisten guru, membantu siswa belajar bahasa Jepang dan mengenalkan budaya Jepang di sekolah-sekolah sekaligus belajar mengenai bahasa serta budaya setempat. Ketiga, pertukaran seni dan budaya dua arah.

Dewan Komite Japan Foundation Asia Center ini memiliki forum pertemuan yang diadakan setiap satu tahun sekali untuk membahas peran Asia Center dan pertukaran budaya antara Jepang dengan negara-negara Asia khususnya ASEAN.

Untuk Indonesia, yang menjabat dewan komite ini, yakni Riri Riza, seorang sineas muda yang sukses dengan film-filmnya. “Lima tahun ini saya menjabat dewan komite ini, “ ungkap Riri Riza bangga.

Riri memaparkan tugasnya, program pertukaran budaya dan bahasa. “Pekerjaannya memberikan saran-saran apa yang efektif dan tepat, serta wilayah baru yang mana untuk tempat maupun workshop pembuatan film, “ paparnya.

Menurut Riri, mereka selalu percaya itu adalah bagian dari kerja kebudayaan. “Saling mengerti, transparan dan menyerap bagian yang penting, yang mereka perlu adalah kegiatan dan saling pengertian jadi mereka mengharap orang Indonesia maupun orang di negara Asia lainnya, mengerti budaya Jepang yang akan menarik banyak kemungkinan, baik komuditi, bisnis, ekonomi, sosial dan budaya, ” tandas Riri Riza. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (Foto Poskota)

Sabtu, 06 Juni 2020 - 12:01 WIB

Alhamdulillah! Laju Penyebaran COVID-19 Menurun Dalam 7 Hari Terakhir

Jakarta- Angka penyebaran COVID-19 di Indonesia dalam 7 hari terakhir telah menurun. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya tes Corona di masyarakat.

Permintaan Kopi Dunia Turun, Harga Kopi Masih Stabil

Sabtu, 06 Juni 2020 - 12:00 WIB

Permintaan Kopi Dunia Turun, Harga Kopi Masih Stabil

Dengan konsumsi yang terkena imbas COVID-19, menurut laporan Coffee Outlook terbaru (https://research.rabobank.com/far/en/sectors/beverages/coffee-outlook-q2-2020.htm) dari spesialis agribisnis…

Penyemprotan disinfektan

Sabtu, 06 Juni 2020 - 11:53 WIB

Hotel Indonesia Group Gandeng PHRI Siapkan Standar Operational Hotel di Era New Normal

Hotel Indonesia Group yang merupakan hotel operator milik negara mengambil peran penting dalam mempersiapkan standard operasional yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada.

Dolar AS (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 06 Juni 2020 - 11:49 WIB

Dana Asing Masuk, Rupiah Bangkit Lawan Dolar AS

Jakarta-Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam diskusi online via Zoom, Jumat (6/5/2020), merespons penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) (Foto Ist)

Sabtu, 06 Juni 2020 - 11:41 WIB

Erick Thohir Copot Pejabat Waskita Karya

Jakarta - Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) Tahun Buku 2019 yang digelar Jumat (5/6/2020), Menteri BUMN Erick Thohir merombak susunan pengurus PT Waskita Karya (Persero) Tbk atau…