Trans Power Marine Bagikan Dividen Tunai Sekitar 64% Dari Laba Bersih Tahun 2018

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 23 Mei 2019 - 09:30 WIB

Kapal pengangkut batu bara (ist)
Kapal pengangkut batu bara (ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Pada tahun 2018, volume produksi batu bara nasional mengalami kenaikan sekitar 15% menjadi 528 juta ton yang didukung oleh peningkatan permintaan aktivitas ekspor batu bara, sehingga memberikan dampak positif terhadap kinerja PT Trans Power Marine Tbk (TPM). Kondisi ini mendorong pertumbuhan pendapatan serta laba Perusahaan di tengah situasi ekonomi pasca pemulihan ekonomi global dan ketatnya persaingan di industri pelayaran nasional.

Berdasarkan hasil RUPS pada tanggal 21 Mei 2019, TPM membagikan dividen tunai sebesar kurang lebih 64% dari laba bersih tahun 2018 yaitu sebesar Rp 70.045.780.000 (tujuh puluh milyar empat puluh lima juta tujuh ratus delapan puluh ribu rupiah) atau Rp 26,6 (dua puluh enam koma enam rupiah) per saham.

Harga batu bara dunia cenderung stabil di tahun 2018 dibandingkan dengan tahun 2017, sementara volume produksi dan penjualan batu bara terus meningkat dan mendorong pertumbuhan permintaan akan armada angkutan batu bara. Hal ini tentu saja memberikan angin segar untuk industri pengangkutan batu bara, khususnya TPM. Dengan kedisiplinan dan kerja keras serta pemeliharaan rutin armada kapal, loyalitas terhadap pelanggan serta sumber daya manusia yang terus ditingkatkan, membawa TPM pada tingkat yang optimal.

“Dengan strategi-strategi yang telah diterapkan secara baik, TPM berhasil mencatatkan kinerja yang luar biasa di tahun 2018. Operasional Perusahaan yang optimal di tahun 2018 dibuktikan dengan peningkatan pendapatan usaha sekitar 16% menjadi USD 43,9 juta dan pertumbuhan laba yang signifikan sebesar kurang lebih 63% menjadi USD 7,7 juta. Disamping itu, Perusahaan juga mendapatkan kepercayaan dari Bank denga diperolehnya pinjaman baru untuk pembelian Capex. TPM juga membagikan dividen tunai sebesar Rp 70.045.780.000 sebagai ucapan terima kasih atas dukungan pemegang saham selama ini” kata Rudy Sutiono, Corporate Secretary TPM.

Realisasi Capex TPM di tahun 2018 sebesar USD 4,1 juta adalah untuk perbaikan dan pemeliharaan armada dan di tahun 2019 TPM merencanakan Capex sekitar Rp. 150 milyar yang akan dipergunakan untuk pembelian kurang lebih 6 set kapal tunda dan tongkang, berarti meningkat sebesar kurang lebih 20% dari armada yang dimiliki Perusahaan saat ini.

Didirikan pada tahun 2005, PT Trans Power Marine Tbk (TPM) adalah perusahaan pelayaran yang tumbuh dan berkembang dengan cepat dalam pengiriman barang curah, khususnya batubara. Seiring dengan pertumbuhan yang diraih, TPM berhasil memfokuskan diri untuk memberikan pelayanan unggul dan terpercaya dalam menghadirkan solusi terbaik bagi para pelanggan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah. (Foto: IST)

Rabu, 13 November 2019 - 22:21 WIB

BNI Syariah Catat Empat Kesepakatan Bisnis di Pembukaan ISEF 2019

Jakarta - BNI Syariah mencatatkan empat kesepakatan bisnis dalam acara business matching pada pembukaan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (13/11) dihadiri…

Direktur Risk Management and Compliance Mandiri Syariah Putu Rahwidhiyasa dengan Direktur Utama PT Modern Industrial Estat Pascall Wilson

Rabu, 13 November 2019 - 21:52 WIB

Bentuk Kawasan Halal, Mandiri Syariah Gandeng Modern Industrial Estat

Jakarta—PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menandatangani kerjasama Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Modern Industrial Estat, anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk. Mou…

Direktur Utama PT Modern Industrial Estat Pascall Wilson bersama Direktur Managemen Resiko & Kapatuhan Bank Syariah Mandiri Putu Rahwidhiyasa, Direktur Bisnis SME & Komersial PT Bank BNI Syariah Dhias Widhiyati, Direktur Bisnis Komersial PT Bank BRI Syariah Kokok Alun Akbar, Chief Corporate Banking Officer PT Bank Muamalat Indonesia Irvan Y. Noor, serta Managing Director Barakah Halal Hub Taiwan Nurundin N.H Ting seusai penandatanganan perjanjian kerja sama

Rabu, 13 November 2019 - 20:00 WIB

PT Modern Industrial Estat Teken MoU dengan 4 Bank Syariah dan Barakah Taiwan Halal Hub

PT Modern Industrial Estat menjalin kerja sama dengan empat Bank Syariah di Indonesia serta Barakah Taiwan Halal Hub, yang merupakan sebuah kawasan yang memproduksi produk-produk halal terbesar…

Sistem pengolahan sampah terpadu

Rabu, 13 November 2019 - 19:30 WIB

Tangani Masalah Sampah Plastik, Inaplas Dorong Pengembangan Sistem Pengolahan Sampah Terintegrasi

Sekretaris Jenderal Asosiasi Industru Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia (Inaplas) Fajar Budiono mengakui bahwa hingga saat ini, sistem pengolahan sampah di Indonesia masih bekum sempurna.

Ilustrasi industri Kosmetik (Foto ist)

Rabu, 13 November 2019 - 17:35 WIB

Serap 675 Tenaga Kerja, Pelaku Industri Kosmetik Dalam Negeri Terus Tumbuh

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan bahwa pelaku industri kosmetik dalam negeri terus bertumbuh hingga 153 perusahaan, sehingga total saat ini mencapai lebih dari 760 perusahaan.