Trans Power Marine Bagikan Dividen Tunai Sekitar 64% Dari Laba Bersih Tahun 2018

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 23 Mei 2019 - 09:30 WIB

Kapal pengangkut batu bara (ist)
Kapal pengangkut batu bara (ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Pada tahun 2018, volume produksi batu bara nasional mengalami kenaikan sekitar 15% menjadi 528 juta ton yang didukung oleh peningkatan permintaan aktivitas ekspor batu bara, sehingga memberikan dampak positif terhadap kinerja PT Trans Power Marine Tbk (TPM). Kondisi ini mendorong pertumbuhan pendapatan serta laba Perusahaan di tengah situasi ekonomi pasca pemulihan ekonomi global dan ketatnya persaingan di industri pelayaran nasional.

Berdasarkan hasil RUPS pada tanggal 21 Mei 2019, TPM membagikan dividen tunai sebesar kurang lebih 64% dari laba bersih tahun 2018 yaitu sebesar Rp 70.045.780.000 (tujuh puluh milyar empat puluh lima juta tujuh ratus delapan puluh ribu rupiah) atau Rp 26,6 (dua puluh enam koma enam rupiah) per saham.

Harga batu bara dunia cenderung stabil di tahun 2018 dibandingkan dengan tahun 2017, sementara volume produksi dan penjualan batu bara terus meningkat dan mendorong pertumbuhan permintaan akan armada angkutan batu bara. Hal ini tentu saja memberikan angin segar untuk industri pengangkutan batu bara, khususnya TPM. Dengan kedisiplinan dan kerja keras serta pemeliharaan rutin armada kapal, loyalitas terhadap pelanggan serta sumber daya manusia yang terus ditingkatkan, membawa TPM pada tingkat yang optimal.

“Dengan strategi-strategi yang telah diterapkan secara baik, TPM berhasil mencatatkan kinerja yang luar biasa di tahun 2018. Operasional Perusahaan yang optimal di tahun 2018 dibuktikan dengan peningkatan pendapatan usaha sekitar 16% menjadi USD 43,9 juta dan pertumbuhan laba yang signifikan sebesar kurang lebih 63% menjadi USD 7,7 juta. Disamping itu, Perusahaan juga mendapatkan kepercayaan dari Bank denga diperolehnya pinjaman baru untuk pembelian Capex. TPM juga membagikan dividen tunai sebesar Rp 70.045.780.000 sebagai ucapan terima kasih atas dukungan pemegang saham selama ini” kata Rudy Sutiono, Corporate Secretary TPM.

Realisasi Capex TPM di tahun 2018 sebesar USD 4,1 juta adalah untuk perbaikan dan pemeliharaan armada dan di tahun 2019 TPM merencanakan Capex sekitar Rp. 150 milyar yang akan dipergunakan untuk pembelian kurang lebih 6 set kapal tunda dan tongkang, berarti meningkat sebesar kurang lebih 20% dari armada yang dimiliki Perusahaan saat ini.

Didirikan pada tahun 2005, PT Trans Power Marine Tbk (TPM) adalah perusahaan pelayaran yang tumbuh dan berkembang dengan cepat dalam pengiriman barang curah, khususnya batubara. Seiring dengan pertumbuhan yang diraih, TPM berhasil memfokuskan diri untuk memberikan pelayanan unggul dan terpercaya dalam menghadirkan solusi terbaik bagi para pelanggan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.