Ini Dia 100 Titik Layanan Top Up E-money bagi Pemudik

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 21 Mei 2019 - 10:20 WIB

Ilustrasi e-money. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi e-money. (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Bank Indonesia (BI) berkoordinasi dengan perbankan nasional dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyediakan lebih dari 100 layanan mobile top up e-money (uang elektronik) di sejumlah titik peristirahatan (rest area).

Hal itu dilakukan baik pada saat arus mudik, maupun arus balik terhitung H-7 sampai dengan H+7 Lebaran 2019.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng, mengatakan layanan mobile top up itu disediakan untuk memenuhi kebutuhan pemudik untuk menambah (top up) saldo uang elektroniknya selama melalui jalan tol.  Selain itu, perbankan juga akan menyediakan lebih dari 80.000 lembar uang elektronik untuk mengantisipasi tingginya permintaan dari pengguna jalan tol. Edukasi kepada masyarakat dan penyediaan call center juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya kendala transaksi di lapangan.

"Layanan gerak uang elektronik di jalur mudik merupakan langkah lanjutan Bank Indonesia setelah sebelumnya Bank Indonesia menerbitkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 20/6/PBI/2018 tentang Uang Elektronik," kata Sugeng dalam keterangan tertulis, Senin (20/5/2019).

Beleid itu, kata dia, salah satunya mengatur perubahan saldo maksimum e-money unregistered yang semula Rp 1 juta menjadi Rp 2 juta. Menurut Sugeng hal ini ditempuh guna merespons integrasi beberapa ruas tol yang efektif dilaksanakan tahun ini dan telah 100 persen nontunai menggunakan kartu e-money.

Dia mengatakan langkah Bank Indonesia bersama perbankan dan pengelola jalan tol ini guna meyakinkan pelaksanaan mudik berjalan lancar. Hal itu, kata dia, antara lain untuk memastikan kesiapan teknis sarana pembayaran di gerbang tol dan penyediaan backup alat pembayaran dalam kondisi yang cukup, tersedianya stok kartu uang elektronik di sepanjang jalur tol dalam jumlah yang cukup. Juga dengan memastikan ketersediaan sarana top up uang elektronik, dan membuka posko mudik untuk membantu pelayanan perbankan.

"Bank Indonesia menghimbau agar seluruh masyarakat, khususnya pemudik, menyiapkan kartu uang elektronik dengan saldo yang cukup, merawat dan menjaga agar kartu tidak rusak," ujar Sugeng.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada saat arus mudik, kata Sugeng, Bank Indonesia juga melaksanakan program Peduli Mudik dengan tema Fitrah Bersama Rupiah yang akan dilaksanakan pada 29 Mei sampai dengan 2 Juni 2019 di KM 57 Tol Jakarta-Cikampek. Pada periode tersebut, Bank Indonesia akan menyediakan fasilitas penukaran uang pecahan kecil, penjualan kartu dan top up e-money, serta refreshment untuk pemudik

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Bali Bintang Sejahtera Tbk (Foto Herlambang)

Senin, 17 Juni 2019 - 17:00 WIB

Bali United Resmi Menjadi Klub Sepakbola yang Go Public

PT Bali Bintang Sejahtera Tbk, perusahaan yang memiliki dan mengelola klub sepakbola profesional Liga 1 Indonesia “Bali United” resmi menjadi perusahaan publik ke-632 yang mencatatkan sahamnya…

Paul Frank

Senin, 17 Juni 2019 - 16:38 WIB

Lewat Layanan Do it Yourself, Paul Frank Ajak Pelanggan Berkreasi

Kehadiran layanan ‘Do It Yourself’ bisa menjadi jawaban bagi pelanggan yang ingin mengekspresikan kreativitas mereka.

Jababeka

Senin, 17 Juni 2019 - 15:45 WIB

Usai Pemilu, Kota Industri Jababeka Ketiban Untung

Pengembang kawasan industri PT Kota Industri Jababeka (KIJA) mengaku diuntungkan dengan membaiknya iklim sosial-politik pasca gelaran pemilihan umum 2019 lalu.

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) (Foto Dok Herlambang)

Senin, 17 Juni 2019 - 15:00 WIB

HOKI Bagi Dividen 29% dari Laba Bersih 2018

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) Emiten produsen beras merek “TOPI KOKI” dan “HOKI” memutuskan untuk membagikan dividen sebesar total Rp26,16 miliar atau sekitar 29 persen dari laba…

Wings Air (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 17 Juni 2019 - 14:43 WIB

Penerbangan Wings Air pada Penerbangan Luwuk Tujuan Palu Sesuai SOP

Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group memberikan keterangan resmi sehubungan layanan penerbangan yang melayani dari Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir, Luwuk, Sulawesi Tengah…