Ini Dia 100 Titik Layanan Top Up E-money bagi Pemudik

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 21 Mei 2019 - 10:20 WIB

Ilustrasi e-money. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi e-money. (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Bank Indonesia (BI) berkoordinasi dengan perbankan nasional dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyediakan lebih dari 100 layanan mobile top up e-money (uang elektronik) di sejumlah titik peristirahatan (rest area).

Hal itu dilakukan baik pada saat arus mudik, maupun arus balik terhitung H-7 sampai dengan H+7 Lebaran 2019.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng, mengatakan layanan mobile top up itu disediakan untuk memenuhi kebutuhan pemudik untuk menambah (top up) saldo uang elektroniknya selama melalui jalan tol.  Selain itu, perbankan juga akan menyediakan lebih dari 80.000 lembar uang elektronik untuk mengantisipasi tingginya permintaan dari pengguna jalan tol. Edukasi kepada masyarakat dan penyediaan call center juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya kendala transaksi di lapangan.

"Layanan gerak uang elektronik di jalur mudik merupakan langkah lanjutan Bank Indonesia setelah sebelumnya Bank Indonesia menerbitkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 20/6/PBI/2018 tentang Uang Elektronik," kata Sugeng dalam keterangan tertulis, Senin (20/5/2019).

Beleid itu, kata dia, salah satunya mengatur perubahan saldo maksimum e-money unregistered yang semula Rp 1 juta menjadi Rp 2 juta. Menurut Sugeng hal ini ditempuh guna merespons integrasi beberapa ruas tol yang efektif dilaksanakan tahun ini dan telah 100 persen nontunai menggunakan kartu e-money.

Dia mengatakan langkah Bank Indonesia bersama perbankan dan pengelola jalan tol ini guna meyakinkan pelaksanaan mudik berjalan lancar. Hal itu, kata dia, antara lain untuk memastikan kesiapan teknis sarana pembayaran di gerbang tol dan penyediaan backup alat pembayaran dalam kondisi yang cukup, tersedianya stok kartu uang elektronik di sepanjang jalur tol dalam jumlah yang cukup. Juga dengan memastikan ketersediaan sarana top up uang elektronik, dan membuka posko mudik untuk membantu pelayanan perbankan.

"Bank Indonesia menghimbau agar seluruh masyarakat, khususnya pemudik, menyiapkan kartu uang elektronik dengan saldo yang cukup, merawat dan menjaga agar kartu tidak rusak," ujar Sugeng.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada saat arus mudik, kata Sugeng, Bank Indonesia juga melaksanakan program Peduli Mudik dengan tema Fitrah Bersama Rupiah yang akan dilaksanakan pada 29 Mei sampai dengan 2 Juni 2019 di KM 57 Tol Jakarta-Cikampek. Pada periode tersebut, Bank Indonesia akan menyediakan fasilitas penukaran uang pecahan kecil, penjualan kartu dan top up e-money, serta refreshment untuk pemudik

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Modern Industrial Estat Pascall Wilson bersama Direktur Managemen Resiko & Kapatuhan Bank Syariah Mandiri Putu Rahwidhiyasa, Direktur Bisnis SME & Komersial PT Bank BNI Syariah Dhias Widhiyati, Direktur Bisnis Komersial PT Bank BRI Syariah Kokok Alun Akbar, Chief Corporate Banking Officer PT Bank Muamalat Indonesia Irvan Y. Noor, serta Managing Director Barakah Halal Hub Taiwan Nurundin N.H Ting seusai penandatanganan perjanjian kerja sama

Rabu, 13 November 2019 - 20:00 WIB

PT Modern Industrial Estat Teken MoU dengan 4 Bank Syariah dan Barakah Taiwan Halal Hub

PT Modern Industrial Estat menjalin kerja sama dengan empat Bank Syariah di Indonesia serta Barakah Taiwan Halal Hub, yang merupakan sebuah kawasan yang memproduksi produk-produk halal terbesar…

Sistem pengolahan sampah terpadu

Rabu, 13 November 2019 - 19:30 WIB

Tangani Masalah Sampah Plastik, Inaplas Dorong Pengembangan Sistem Pengolahan Sampah Terintegrasi

Sekretaris Jenderal Asosiasi Industru Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia (Inaplas) Fajar Budiono mengakui bahwa hingga saat ini, sistem pengolahan sampah di Indonesia masih bekum sempurna.

Ilustrasi industri Kosmetik (Foto ist)

Rabu, 13 November 2019 - 17:35 WIB

Serap 675 Tenaga Kerja, Pelaku Industri Kosmetik Dalam Negeri Terus Tumbuh

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan bahwa pelaku industri kosmetik dalam negeri terus bertumbuh hingga 153 perusahaan, sehingga total saat ini mencapai lebih dari 760 perusahaan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 13 November 2019 - 16:50 WIB

Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur, Kementerian PUPR di Amanati 5 Visi Presiden

Kelima visi Presiden tersebut adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), melanjutkan pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, serta transformasi ekonomi.

Agro Manunggal Group

Rabu, 13 November 2019 - 15:40 WIB

Agro Manunggal Group Luncurkan Kawasan Industri Modern Aviarna di Semarang

PT. Argo Manunggal Group meluncurkan proyek terbarunya, yaitu kawasan industry modern bernama Aviarna berlokasi tepat di sebelah Bandar Udara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah.