QRIM Express-GrabExpress untuk Layanan First Mile & Last Mile

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 Mei 2019 - 10:00 WIB

QRIM Express (Foto Dok Industry.co.id)
QRIM Express (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Perusahaan jasa pengiriman yang tumbuh pesat Qrim Express, sebelumnya bernama Red Carpet Logistics (RCL), telah mencapai kesepakatan dengan layanan pengiriman paket on-demand milik Grab, GrabExpress, untuk layanan pengiriman dari tempat asal ke tempat tujuan di lokasi yang lebih terpencil (first mile - last mile/FMLM delivery). Kerjasama ini diharapkan dapat memaksimalkan kekuatan kedua perusahaan, khususnya layanan yang andal dan terjangkau. QRIM akan memanfaatkan armada GrabExpress untuk membantu proses pengiriman dari pelanggan ke warehouse QRIM dan dari warehouse QRIM langsung ke pelanggan.

 

Tuntutan untuk layanan pengiriman yang lebih cepat, lebih murah, dan lebih aman untuk paket kecil di wilayah metropolitan menciptakan pasar khusus untuk perusahaan ekspedisi. Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo) memperkirakan, jasa ekspedisi di Indonesia pada 2019 akan naik 14,7–15%. Hal ini didukung tren pengiriman logistik e-commerce Indonesia yang bertumbuh positif sebesar 7,9% selama 2016-2021 tiap tahunnya.

 

Menjawab kebutuhan atas tingginya layanan penjemputan, QRIM Express juga memberi solusi berupa layanan penjemputan tepat waktu dengan menggabungkan rider Grab dan QRIM Express kepada pelanggan di tujuh kota utama, yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Makasar, Semarang untuk memasuki pasar kurir pengiriman ekspres dari konsumen ke konsumen (C2C) yang berkembang pesat dalam skala nasional.

 

“Kami telah mencapai kesepakatan atas kontrak untuk kolaborasi pengiriman dan yang menunjukkan kedua belah pihak memaksimalkan potensi penyediaan layanan Qrim melalui aplikasi Grab. Qrim optimistis dapat mendukung integrasi layanan Grab, pembayaran OVO, dan pengiriman layanan Qrim secara efisien, efektif, dan lebih baik,” ujar Rahim Tahir, CEO Qrim Expres.

 

Kerja sama ini juga akan memperluas jangkauan pengantaran GrabExpress diluar jasa layanan pengantaran menggunakan kurir on-demand dan same-day yang saat ini ditawarkan, untuk menawarkan pilihan lain seperti pengiriman terjadwal ke seluruh penjuru daerah secara nasional. Kerja sama ini juga memperluas jangkauan layanan GrabExpress dan memampukan pengantaran ke lokasi yang lebih terpencil di tujuh kota utama. Saat ini, layanan GrabExpress telah tersedia di 160 kota di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. GrabExpress merupakan sebuah bisnis yang bertumbuh secara signifikan dalam ekosistem Grab, memampukan pelanggan, platform e-commerce dan social sellers untuk mengirim dan menerima paket dengan mudah. Mulai Maret 2018 hingga Desember 2018, volume pengiriman barang instant dan same-day GrabExpress bertumbuh lebih dari tiga kali lipat.

“Dengan memanfaatkan keunggulan teknologi yang kami miliki, GrabExpress berkomitmen untuk membantu wirausahawan lokal untuk berkembang. Kami hadir sebagai langkah kami untuk menjadi everyday superapp dengan memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan kurir instan yang andal, mudah, dan aman. Kerja sama dengan Qrim Express, akan memampukan kami untuk menawarkan berbagai pilihan pengantaran yang lebih lengkap di Indonesia dan memudahkan penjual, pembeli serta merchant untuk mengirim dan menerima barang mereka,” jelas Tyas Widyastuti, Head of Logistics Grab Indonesia.

Berbekal sistem navigasi berbasis satelit GPS serta sistem informasi geografis GIS yang dirancang untuk menangkap, menyimpan, menganalisis, mengelola, dan menyajikan semua jenis data geografis, operator Qrim akan dengan mudah menemukan mitra pengemudi Grab terdekat untuk mengambil kiriman.

Dalam mekanisme kerja Qrim, paket akan disortir dan dikirim dari stasiun lokal (spoke) bila lokasi pengiriman dan tujuan berada di daerah yang sama. Sementara untuk daerah yang berbeda, paket akan dikirim ke pusat pemrosesan paket (hub) untuk disortir bersama paket lainnya ke area tujuan yang sama. Setelah itu, paket akan dikirim kembali ke stasiun lokal (spoke), baru diantar ke tujuan oleh kurir.

Agar paket dapat dikumpulkan dan didistribusikan secara efektif dalam jaringan hub dan spoke, area metropolitan akan dibagi menjadi beberapa zona layanan. Hal ini bertujuan agar beban kerja setiap rider dalam menggunakan data tentang jumlah dan lokasi dari pemintaan secara historis terbagi rata.

Setiap zona layanan memiliki rider yang bertanggung jawab untuk mengambil dan mendistribusikan paket di zonanya. Sebagian besar layanan kurir hub-and-spoke mengharuskan rider kembali ke hub setiap periode waktu.

Layanan Qrim dimulai dari hulu saat paket dikirimkan. Bertujuan untuk mengatur proses back-end untuk mendukung bisnis, dari pengambilan hingga inventaris hingga pengiriman, Qrim menjamin barang akan sampai tepat waktu di tempat tujuan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut BRI, Sunarso menerima penghargaan (Doc: BRI)

Kamis, 09 Juli 2020 - 22:43 WIB

Keren, Dirut BRI Sunarso Dinobatkan CEO Paling Visioner

Pandemi COVID-19 yang hingga saat ini masih terjadi menjadi akselerator transformasi di tubuh Bank BRI. Proses transformasi tersebut diapresiasi oleh majalah BUMN Track, dimana dalam ajang 9th…

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Kamis, 09 Juli 2020 - 21:55 WIB

PT Bumi Resources Tbk Tegaskan Telah Bayar Keseluruhan Pokok dan Kupon Tranche A sebesar USD327,82 juta

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) menegaskan telah memproses pembayaran kesepuluh sebesar USD6,51 juta melalui agen fasilitas pada tanggal 8 Juli 2020, yang mewakili bunga pinjaman sebesar USD6,51…

 PT Pegadaian (Persero)

Kamis, 09 Juli 2020 - 21:40 WIB

Pegadaian Terbitkan Obligasi Tahap II Senilai Rp1,5 Triliun

PT Pegadaian (persero) terbitkan Obligasi Berkelanjutan IV Pegadaian Tahap II Tahun 2020 (Obligasi Tahap II) senilai Rp1,5 triliun dan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Pegadaian Tahap II Tahun…

Tokio Marine Life Insurance Indonesia mengadakan acara webinar My Turning Point, My New Normal melalui platform Zoom, pada hari ini, Kamis 9 Juli 2020.

Kamis, 09 Juli 2020 - 21:25 WIB

Tokio Marine Life Insurance Indonesia Dorong Masyarakat Bersikap Positif dan Cermat Kelola Keuangan di Era New Normal

Jakarta 09/7/20 – Sejak pandemi COVID-19 merebak awal tahun ini, perlambatan ekonomi pun menjadi tak terelakkan. Sejumlah data yang dipaparkan oleh ekonom, menteri dan juga para pengusaha…

Serahterima KartaNU Cilegon (Doc: BNI Syariah)

Kamis, 09 Juli 2020 - 20:55 WIB

Hore...Kartu Anggota NU Cilegon Berwujud ATM BNI Syariah

BNI Syariah menandatangani kerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Cilegon terkait penerbitan kartu debit co-branding kartu anggota NU (KARTANU) yang bisa digunakan sebagai…